Penulis : Atsa

Salah satu bagian ayam yang sangat menggiurkan bagi siapa saja tentu adalah kulit ayam. Meski dimakan tanpa daging, kulit ayam tetap memberikan kelezatan yang gurih tak terkira. Biasanya kulit ayam diolah jadi kulit ayam krispi, Disini akan kami sajikan beragam kreasi kulit ayam dan nggak cuma ayam krispi saja. Ini dia resepnya!

1. Kulit Ayam Krispi

Suka kulit ayam goreng yang renyah? Daripada beli tanpa tahu aman tidaknya, buat  sendiri saja di rumah. Tidak sulit kok, bumbu-bumbunya juga pasti ada di dapur Anda.

Haluskan bawang putih campur dalam kulit ayam. Tambahkan merica bubuk, garam, dan baking powder, aduk merata. Biarkan selama 15 – 20 menit. Beri tepung beras, aduk-aduk dengan kulit ayamnya agar merata.

Panaskan minyak goreng, goreng kulit ayam hingga terlihat kering dan warnanya keemasan secara menyeluruh. Angkat dan tiriskan, biarkan dingin dan minyak turun semua, sajikan. Simpan sisanya dalam toples yang tertutup rapat.

2. Sate Kulit Ayam

Kulit ayam juga nikmat dijadikan sate kulit. Anda pasti sering menemukan sate kulit ayam juga di warung-warung tenda atau rumah makan. Kali ini coba buat sendiri saja.

Cuci bersih kulit ayam lalu kucuri dengan perasan jeruk nipis, diamkan 15 menit. Tumis bawang putih dengan sedikit minyak hingga harum. Masukan daun jeruk dan daun salam. Tuang secukupnya kecap manis dan saus tiram.

Masukan kulit ayam dalam tumisan. Tambahkan sedikit air dan garam. Masak hingga kulit matang dan air surut. Siapkan mangkuk, tuang kecap manis, merica bubuk dan mentega, aduk rata. Susun kulit ayam di tusukan. Panggang dengan campuran kecap manis dan bakar hingga matang, sajikan.

3. Kulit Ayam Telur Asin

Saus telur asin lagi memang hits banget dijadikan saus beragam makanan. Nah, Kulit ayam telur asin adalah salah satunya! Perpaduan kulit ayam gurih yang super crispy dengan siraman saus telur asin di atasnya membuat rasanya makin mantap!

Setelah membuat kulit ayam krispi seperti resep sebelumnya, kini saatnya membuat saus telur asin. Untuk sausnya, ambil bagian kuning telurnya saja. Campurkan dengan air, aduk hingga kuning merata.

Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang bombay, dan cabai hingga harum. Kemusian, masukan kuning telur yang sudah dicampur air tadi. Tuang larutan maizena, tambahkan garam, masak hingga mengental. Siap disiram ke kulit ayam krispi.

4. Kulit Ayam Balado

Untuk membuat kulit ayam balado, pertama-tama buat dulu kulit ayam krispi seperti resep sebelumnya. Kemudian baru buat sambalnya. Giling kasar cabe, bawang merah, dan tomat. Panaskan minyak, tumis sambal balado tersebut. Aduk-aduk hingga wangi dan matang. Masukkan kulit ayam krispi, aduk hingga bumbunya merata. Tambahkan garam, aduk dan koreksi rasanya. Angkat dan siap disajikan.

5. Kulit Ayam Sambal Bawang (Geprek)

Sambal bawang sering dijadikan sambal untuk ayam geprek. Pedasnya memang begitu nikmat saat digeprek bersama ayam goreng di cobek sebelum disajikan.

Bukan cuma ayam saja, bahkan kulit ayam krispi sangat nikmat dicocol dengan sambal bawang, atau digeprek bersama-sama. Untuk membuatnya, buat kulit ayam krispi seperti resep sebelumnya. Lalu buat sambal bawang. Caranya, cabai rawit diuleg dengan bawang putih dan garam. Setelah itu jadikan cocolan, atau uleg sedikit bersama dengan kulit ayam krispi.

Baca Juga : Tips Kulit Ayam Goreng Krispi dan Gurih