Penulis: Manggarayu

Apa rasanya jika kue dibuat tanpa telur? Bayangan saya langsung tertuju pada tekstur yang mudah hancur dan kurang lembut. Telur memang memegang peran besar dalam pembuatan kue. Selain melembutkan teksturnya, telur dapat menyatukan semua bahan dengan mudah. Bahkan, kue dengan telur punya citarasa tersendiri yang super nikmat dan unik.

Namun, beberapa resep kue juga dibuat tanpa telur. Contohnya bika ambon yang butuh hampir 12 butir telur untuk satu loyangnya. Wah, bayangkan banyaknya kalori dalam sekali santap ya? Selain itu, ada beberapa orang yang alergi terhadap telur atau memutuskan untuk jadi vegan. Oleh karena itu, bukan mustahil jika sebuah kue bisa dibuat tanpa telur dan rasanya tetap lezat. Apa saja jenis kuenya? Simak satu ini!

1. Kue Sagon

Sagon kering

Hayo, kapan terakhir kali anda menyantap kue jadul ini? Kue sagon adalah kue kering bertekstur dengan rasa gurih khas kelapa. Meskipun sudah jarang terdengar, kue sagon masih sering disajikan saat Lebaran atau jadi oleh-oleh saat mudik ke Jawa Tengah. Tekstur renyah dan lumer di mulut ini tak kalah enak dari kue-kue kering yang memakai telur, lho. Dengan empat bahan saja, yakni tepung sagu, kelapa parut, gula, dan daun pandan, kue sagon bisa menikmati waktu-waktu santai ngemil di sore hari.

Baca juga: 6 Tips Memanggang Kue Kering Agar Lebih Enak & Sukses

2. Kastengel

Penggemar kue kering gurih pastinya tak akan menolak kastengel. Aroma keju yang kuat ditambah renyahnya tekstur yang lumer di mulut, hmm siapa yang bisa tahan? Kue yang datang dari negeri kincir angin ini bisa dibuat dengan tiga bahan saja, yakni terigu, keju, dan margarin/mentega. Semuanya dicampur hingga kalis, lalu dibentuk seragam dan ditaburi keju parut.

Bila ditambahkan telur, kastengel memang terasa lebih lumer dan bercitarasa. Namun, anda bisa mengakalinya dengan porsi mentega dan pemakaian keju yang beragam.

Baca juga: 6 Tips Membuat Kastengel Lebih Renyah & Beraroma Keju

3. Croissant

Croissant empuk dan renyah

Jenis pastry ini terkenal sebagai sarapan ala western. Teksturnya yang rapuh dan renyah justru jadi daya tarik tersendiri saat dihidangkan bersama secangkir teh. Pastry ini biasa disantap bersama selai buah atau isian gurih. Bahan pembuatnya pun terdiri atas terigu, ragi, gula, garam, mentega, dan air dingin. Adonan ini kemudian dibentuk berlipat-lipat dan dipanggang hingga matang. Aroma menteganya begitu kuat saat pintu oven dibuka. Jadi tanpa telur pun, kue ini tetap nikmat dan bercitarasa.

Baca juga: 4 Tips Sukses Membuat Puff Pastry yang Berlapis-lapis

4. Pretzel

Pretzel empuk

Kue asal Jerman ini sering kita temui di pusat perbelanjaan. Dengan berbagai topping, entah gurih atau manis, pretzel nikmat disantap kapanpun dan dimanapun. Bahan dasarnya adalah terigu, ragi, mentega, dan air. Ketika sudah diulen kalis, adonan tersebut dibentuk seperti simpul. Taburkan topping favorit anda dan panggang hingga matang.

Seperti resep roti kebanyakan, pretzel memang akan lebih lembut dengan telur. Tapi selama anda menguleninya hingga kalis, pretzel tetap bisa empuk dan super lezat. Apalagi diberi rasa bawang putih, keju, dan taburan parsley. Nyam!

Baca juga: 4 Tips Membuat Roti Tanpa Ulen Elastis

5. Apple Pie

Sajian manis yang populer di negara Barat ini pun tetap nikmat tanpa telur. Apple pie sering dihidangkan saat hari khusus atau perayaan keagamaan. Isiannya dibuat seperti strudel apel, yakni potongan apel yang dicampur dengan gula, air lemon, kayu manis, mentega, dan maizena. Nantinya, isian ini dituang pada bagian tengah pie dan ditutup dengan “anyaman” pie crust.

Buat pie crust hanya butuh terigu, mentega, dan air es. Bahan ini diulen hingga bisa dibentuk dan diisi dengan manisan apel. Rasa asam-manis berpadu dengan renyahnya crust benar-benar menggoda. Rasanya juga pas untuk sajian istimewa di hari Natal, ya?

Baca juga: 5 Tips Membuat Kulit Pie (Pie Crust)

6. Donat

Donat tanpa telur? Bukan masalah. Pada dasarnya, donat punya bahan dasar yang sama dengan roti, yakni terigu, ragi, gula, dan susu/air hangat. Uleni hingga kalis, lalu bentuk jadi donat dan goreng hingga matang. Tambahkan aneka topping seperti meises, keju parut, lelehan coklat, hingga kacang. Atau, anda bisa tambahkan bahan-bahan lain dalam adonan agar menambah citarasa misalnya pisang dan ubi ungu.

Nah, donat tanpa telur memang kurang lembut dan agak berongga. Namun hal ini bisa diakali saat proses ulen dan proofing.

Baca juga: 6 Tips Goreng Donat Agar Mengembang dan Matang Merata

7. Pancake

Sarapan terasa lebih istimewa dengan kue ini. Tak seperti kue dadar, pancake punya tekstur lembut dan empuk-mengembang. Siraman sirup maple dan lelehan mentega menambah nikmat kue ini. Tak hanya itu, pancake juga bisa dicampur dengan aneka bahan seperti pisang dan kacang.

Bahan pembuatan pancake adalah terigu, gula, susu, mentega, dan bahan pengembang. Jika tak pakai telur, anda bisa melembutkan tekstur pancake dengan susu full cream atau minyak sayur.

Baca juga: 5 Tips Membuat Pancake yang Mengembang Tebal dan Empuk

8. Brownies

Siapa yang tak suka brownies? Kue nyoklat dengan tekstur padat ini terasa super nikmat, entah cenderung fudgy atau chewy. Kue yang lahir dari sebuah insiden pembuatan bolu coklat ini pun bisa dibuat tanpa telur. Bahkan, teksturnya bisa tetap moist dan dijamin bikin anda ketagihan dalam tiap gigitannya!

Adonan brownies terbagi jadi dua, yakni adonan kering dan basah. Adonan kering terdiri dari terigu dan coklat bubuk, sedangkan adonan basah adalah telur, coklat masak (DCC), gula, dan mentega. Jika tak pakai telur, tambahkan minyak sayur, yogurt, atau buttermilk. Ingat, tetap perhatikan resep dan sesuaikan takarannya dengan bahan lain.

Baca juga: 5 Tips Sukses Memanggang Brownies

9. Bolu

bolu tape

Last but no least, bolu juga bisa dibuat tanpa telur, lho! Kue yang mudah dikombinasikan dengan aneka bahan dan rasa ini bisa tetap terasa lembut dan ringan. Caranya, tambahkan yogurt dan minyak sayur untuk membuat tekstur lembut. Yup, sama seperti brownies, pilih minyak sayur yang tidak beraroma dan memiliki rasa khas seperti minyak zaitun. Selain itu, pakai terigu jenis self-rising supaya bolu lebih mudah mengembang. Tak lupa, campurkan bahan pengembang supaya kue bolu tidak bantat dan terasa empuk.

Baca juga: Tips Membuat Bolu Supaya Tidak Bantat dan Gagal

Dari daftar di atas, mana jenis kue yang tidak anda sangka? Meskipun harus melewatkan sensasi lembut dan citarasa khasnya, kue tanpa telur terhitung lebih rendah kalori, lho. Untuk sensasi lembut pun tak perlu bingung. Selain bahan-bahan di atas, berikut alternatif pengganti telur untuk buat kue lainnya. Atau, anda ingin sekalian buat kue ala vegan?

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi