Penulis: Selly.J | Editor: Ria

Memiliki banyak aktivitas bukan berarti kita harus meninggalkan pekerjaan masak-memasak. Banyak kok menu makanan praktis namun tetap bergizi. Misalnya seperti sajian ayam ala oriental yang hanya perlu ditumis sebentar saja. Jenis bumbu yang diperlukan juga tidaklah banyak. Selain itu, sajian khas oriental ini punya banyak variasi lho. Untuk membuatnya, ada satu bahan utama yang harus disiapkan, yakni daging ayam fillet. Penasaran apa saja variasi masakannya? Yuk cari tahu melalui ulasan berikut ini!

1. Ayam Saus Tiram

Saus tiram termasuk salah satu saus ‘andalan’ pada masakan khas Tionghoa. Tambahkan saus tiram saat menumis potongan ayam bersama bumbu lainnya. Aduk rata dan masak sebentar saja, maka sajian lezat nan gurih pun siap disantap!

Coba Resep : Ayam Saus Tiram

2. Ayam Teriyaki

Kalau saus tiram khas Tionghoa, saus teriyaki ini adalah saus khas Jepang. Maka dari itu, cita rasa keduanya juga berbeda. Saus teriyaki membuat ayam terasa manis sekaligus gurih. Cara memasak ayam teriyaki mirip kok seperti ayam saus tiram.

Coba Resep : Ayam Teriyaki

3. Ayam Saus Mentega

Jika anda pecinta masakan gurih, menu yang satu ini wajib anda coba. Untuk membuatnya, ayam perlu direndam dengan bumbu selama 20-30 menit. Setelah itu, dada ayam dibaluti bahan pelapis dan digoreng hingga matang. Campurkan ayam ke dalam saus mentega yang telah ditumis. Setelah meresap, ayam saus mentega siap disajikan.

Coba Resep : Ayam Wijen Saus Mentega

4. Ayam Saus Lemon

Terlalu sering menyantap ayam yang rasanya gurih tentu membuat kita bosan. Agar punya inovasi, anda bisa menambahkan saus lemon pada ayam goreng fillet. Saus lemon membuat ayam yang gurih terasa segar sekaligus manis. 

Coba Resep : Ayam Saus Lemon

5. Ayam Kuluyuk

Nama menu yang satu ini bukan berasal dari suara ayam lho. Jadi, kuluyuk itu diambil dari dialek Kanton. Artinya adalah ayam saus asam manis. Pertama-tama, kita perlu memotong dada ayam dan menggorengnya dengan balutan tepung. Setelah itu, barulah ayam dimasak bersama saus asam manis.

Coba Resep : Ayam Kuluyuk

6. Ayam Lada Hitam

Ingin menikmati sensasi makanan pedas sekaligus hangat? Berarti, ayam lada hitam wajib anda coba. Bumbu-bumbu yang dibutuhkan cukup sederhana kok. Misalnya seperti lada hitam tumbuk, kecap inggris, kecap manis,  serta garam. Supaya lebih terasa pedas, anda juga bisa menambahkan potongan paprika.

Coba Resep : Ayam Lada Hitam

7. Ayam Kungpao

Menu ayam kungpao termasuk salah satu menu khas Schezuan. Selain daging ayam fillet, sajian ini juga menggunakan kacang mede goreng. Tidak heran, ayam kungpao ini kaya akan citarasa dan tekstur: empuk, lembut, sekaligus renyah.

Coba Resep : Ayam Kungpao

8. Ayam Tausi

image : www.farlys.com

Sajian yang satu ini menggunakan bumbu fermentasi kedelai bernama yakni tausi. Berbeda dengan tauco, tausi terasa lebih ringan sehingga cocok ditumis dengan potongan daging ayam. Agar aroma lebih terasa, jangan lupa untuk menambahkan irisan bawang bombay.

9. Ayam Hoisin

www.finecooking.com

Sebenarnya, saus hoisin sering digunakan untuk masakan yang dipanggang. Misalnya seperti ayam panggang dan bebek Peking. Tapi, saus ini juga bisa lho kita gunakan sebagai bumbu tumis. Ayam pun akan terasa gurih dan juga sedikit manis.

Image: Lazada

Saat memasak, gunakan wajan besar dengan cekungan dalam agar ayam tumis tidak tumpah. Contohnya Oxone-OX30F (lihat di Lazada DISKON) yang sudah dilapisi marbel anti lengket, anti karat, dan aman untuk kesehatan. Berukuran 30 cm, wajan besar ini cocok untuk memasak ayam tumis hingga 3-4 porsi.

Variasi menu khas oriental membuat kita gak ngerasa bosan makan ayam. Mulai dari yang rasanya pedas manis, asam pedas, hingga gurih. Dan pastinya, tak ada lagi alasan ribet dan lama jika memasak di rumah, bukan?