Penulis: Dewi.S | Editor: Ria

Saat kita berpuasa, kita disunnahkan untuk makan sahur sebelum subuh untuk mengisi tenaga. Tapi waktu yang singkat yang dibutuhkan untuk memasak di waktu sebelum subuh menjadi tantangan tersendiri bagi saya. Karena saat sahur, saya harus memilih menu makanan yang bervariasi dan mudah untuk dimasak. Belum lagi kalau ternyata bangunnya mepet waktu imsyak.  

Haduh, ribetnya!  Anda pasti pernah seperti itu juga, kan? Untuk menyiasatinya, selalu sediakan telur di kulkas anda, baik itu telur bulat rebus, telur ceplok, dan telur mentahnya. Telur dapat menjadi ‘penolong’ masakan enak, bergizi, dan mudah saat sahur. Agar tidak bosan, anda bisa membuat kreasi aneka menu mudah dari telur. Yuk, simak 7 sajian telur praktis yang bisa anda buat untuk sahur!     

1. Omelet

Sajian telur yang awalnya berasal dari luar negeri ini terbuat dari telur kocok yang biasanya ditambah susu dan keju agar lebih lezat. Omelette atau omelet ini sebenarnya sama seperti telur dadar di Indonesia tapi teksturnya dibuat lebih lembut dan tebal. Anda bisa juga membuat omelet versi lokal dengan tambahan daun bawang, cabai rawit, dan bawang merah serta tambahan sedikit terasi untuk sensasi gurih. Hmm…dijamin menggugah selera!

2. Telur Dadar Padang

Berbeda dengan telur dadar biasa, telur dadar padang terkenal dengan ketebalan dan banyaknya daun bawang di dalamnya. Telur dadar padang dibuat dengan tambahan kelapa parut sangrai dan tepung beras agar teksturnya lebih tebal. Lalu dimasak dengan api kecil agar matang merata dan ketebalannya tidak mudah turun saat dingin nanti. Tambahkan sedikit ketumbar, garam, merica, cabai merah dan bawang putih dan merah yang dihaluskan agar rasanya lebih sedap.

3. Telur Ceplok/Bulat Balado

Untuk anda yang gemar rasa pedas, anda bisa membuat telur ceplok/bulat dengan sambal balado yang pedas. Tapi kalau untuk sahur, sebaiknya kurangi jumlah cabai merah yang digunakan dan tambahkan tomat sebagai penggantinya. Saya sendiri sering membuat sambal balado dengan racikan cabai keriting merah, garam, tomat, dan bawang merah yang digiling kasar tanpa bawang putih.Tapi jika ingin menggunakan bawang putih, cukup tambahkan sedikit saja agar warna merah yang dihasilkan nanti tetap bagus. Agar sambal balado yang dibuat lebih tahan lama, hindari penambahan air saat menumisnya.

4. Telur Ceplok Saus Mentega

Jika anda tidak suka pedas atau memiliki buah hati yang masih kecil, anda bisa membuat telur ceplok saus mentega. Cukup tambahkan bawang putih cincang dan bawang bombay yang ditumis dengan mentega lalu diberi sedikit air, garam, dan merica untuk membuat saus menteganya. Jika ingin saus yang lebih kental, tambahkan sedikit tepung maizena atau sagu yang dilarutkan terlebih dahulu di dalam air.

5. Telur Bulat Semur

Sajian telur ini juga cocok untuk anda yang tidak suka pedas. Telur bulat yang disemur dengan kecap, merica, bawang putih, sedikit jahe dan garam ini mudah sekali dibuat. Bumbu semur yang ringan dan manis cocok untuk menu sahur yang praktis. Agar lebih wangi dan enak, saya suka menambahkan daun salam dan sedikit mentega saat membuat kuah semurnya. Jangan lupa untuk membiarkan dulu telur di dalam kuah semur hingga bumbu meresap.

6. Telur Bulat Opor

Telur bulat yang satu ini biasanya disajikan dengan kuah opor yang lezat dan gurih. Anda juga dapat menambahkan tahu goreng di dalamnya agar isinya lebih banyak. Biasanya saya sengaja tidak menambahkan santan yang terlalu kental untuk kuah opornya agar rasanya lebih ringan di lidah.

7. Tahu telur

Masakan ini terinspirasi dari makanan khas Surabaya: tahu telur atau tahu tek. Tahu telur dibuat dari tahu putih yang dipotong dadu dan digoreng dengan telur ayam yang dikocok dan didadar. Jika biasanya tahu telur ini disajikan dengan potongan mentimun, tauge rebus, seledri, bawang goreng, dan saus kacang petis dan kecap di atasnya, anda bisa langsung menyantapnya dengan siraman kecap dan nasi hangat.

8. Fuyunghai

Sajian telur ala oriental yang satu ini cukup terkenal di Indonesia. Fuyunghai yang terbuat dari telur dadar dengan tambahan aneka sayuran potong seperti wortel, kol, selada, dan daun bawang sudah menjadi menu komplit dalam satu sajian. Jadi, tidak masalah kalau tidak menambah tumis sayuran sebagai teman lauk makan anda saat sahur nanti.

Ternyata banyak menu dari telur yang bisa disajikan saat sahur, kan? Bahkan sajian-sajian telur tadi tidak hanya bisa disajikan saat sahur saja tapi juga saat makan lainnya. Jadi, selamat tinggal sahur yang repot dan bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja!