Penulis: Niahappy

Di pasaran, dengan mudah kita bisa menemukan ubi kuning, ubi cilembu, ubi ungu, dan ubi putih. Ubi sering dicari karena rasanya yang legit dan manis, lho. Ubi dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat. Selain lezat, ternyata ubi mengandung nutrisi yang dapat membantu melawan beragam penyakit. Nah berikut sajian lezat dari ubi yang bisa Anda buat di rumah!

1. Bingka Ubi

bingka kentang pandan

Bingka terkenal sebagai kue tradisional khas Banjar yang berbahan dasar gula, tepung, santan, dan telur. Dimasak dengan cara dipanggang di atas bara api arang, bingka lazimnya dibuat berbentuk bunga besar. Bingka memiliki perpaduan cita rasa manis dan gurih yang sangat pekat, dengan tekstur yang sangat lunak dan lembut. Beda daerah, beda pula versi kue bingkanya, seperti bingka khas Melayu yang bertekstur lebih padat dan ‘ringan’ ini.

Campur santan kental, daun pandan, dan daun suji, lalu haluskan jadi satu. Saring dan sisihkan. Dalam satu wadah, campur ubi kukus, tepung terigu, telur, gula, garam, dan campuran santan. Aduk rata menggunakan whisker atau bisa menggunakan blender. Masukkan margarin cair, aduk rata. Oles tipis loyang bingka dengan margarin.

Panaskan di atas kompor menggunakan api kecil. Setelah loyang benar-benar panas, tuang adonan. Taburi wijen. Tutup cetakan. Masak hingga matang dan permukaan kue bingka mengering, selama sekitar 30-40 menit. Angkat loyang. Dinginkan dengan cara diangin-anginkan. Setelah dingin, keluarkan kue dari loyang lalu potong sesuai selera.

Baca Juga : Resep Bingka Kentang

2. Puding Ombre Ubi Ungu

puding ombre ubi ungu

Ubi ungu dapat dikreasikan menjadi berbagai makanan yang enak dan cantik. Mulai dari keripik, brownies hingga puding yang mudah dibuat sehari-hari. Warna ungu alami yang dihasilkan oleh ubi ungu ini membuat puding ini memiliki daya tarik sendiri saat disajikan.

Pertama kukus ubi lalu blender ubi yang sudah dikukus dengan air hangat. Saring hingga menjadi pasta halus kemudian sisihkan. Campur gula pasir, garam, vanili, dan agar-agar bubuk. Aduk rata. Tuang santan, aduk hingga rata.

Bagi menjadi 3 bagian cairan agar-agar. Ambil satu bagian cairan agar-agar, beri 6 sdm pasta ubi ungu, aduk rata. Masak dalam panci hingga mendidih. Angkat kemudian tuang ke dalam cetakan. Biarkan hingga setengah mengeras. Ambil satu bagian cairan agar-agar, beri 3 sdm pasta ubi ungu, aduk rata. Masak dalam panci hingga mendidih. Tuang di atas lapisan pertama yang sudah mengeras. Diamkan kembali hingga lapisan ke dua mengeras.

Ambil satu bagian terakhir cairan agar-agar, beri 1 sdm pasta ubi ungu, aduk rata. Masak hingga mendidih. Tuang di atas lapisan kedua tadi. Diamkan hingga mengeras kemudian simpandi dalam lemari es sebelum disajikan.

Baca Juga : Resep Puding Ombre Ubi Ungu

3. Sop Ubi

sop ubi gurih

Masakan rumahan khas Makassar ini rasanya lezat dan gurih, lho. Uniknya sop ini disantap bersama ubi, bukan nasi. Bisa jadi ide masakan bagi anda yang sedang kurangi konsumsi nasi. Daripada penasaran rasanya seperti apa, mending coba bikin, yuk.

Rebus daging hingga empuk, ganti air rebusan pertama untuk membuang kotoran. Potong kotak daging, sisihkan. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan bumbu, garam, gula, dan kaldu jamur ke dalam rebusan daging. Masak kuah hingga harum. Tata bihun, daging, tauge, dan singkong dalam mangkok. Siram dengan kuah daging. Sajikan dengan bahan pelengkap.

Baca Juga : Resep Sop Ubi

4. Bola-bola Ubi

Bola Bola ubi manis

Ubi sudah terbukti punya banyak aneka olahan lezat yang menggugah selera. Salah satunya yaitu bola-bola ubi. Ubi kukus akan dihaluskan, kemudian dicampur dengan bahan simpel seperti gula bubuk dan tepung sagu, dibentuk bulat, lalu digoreng hingga matang. Anda bisa berkreasi dengan menambahkan isian di tengah bola ubi seperti keju dan coklat, agar lebih istimewa.

Dalam wadah, campur semua bahan bola ubi kuning/ungu, kecuali keju. Aduk rata. Masing-masing adonan bulatkan sebesar bola pingpong lalu beri irisan keju dadu di tengahnya. Bulatkan kembali, lakukan hingga semua adonan habis. Panaskan banyak minyak. Goreng bola-bola ubi dengan api sedang hingga matang. Angkat dan tiriskan. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Bola-bola Ubi

5. Timus Ubi

Timus Ubi Simpel

Ubi adalah bahan pangan yang banyak didapatkan di Indonesia. Tak heran ada banyak pula sajian yang mengkreasikan bahan ini. Timus adalah salah satu olahannya yang simpel dan praktis dibuat, serta lezat dijadikan kudapan ringan di pagi atau sore hari.

Kupas ubi jalar lalu potong-potong dan cuci bersih. Kukus ubi hingga matang. Angkat. Lumatkan ubi dengan garpu. Campur ubui halus dengan tapioka, gula, vanili, dan garam. Aduk adonan hingga rata. Ambil secukupnya adonan lalu bentuk jadi bulat lonjong. Lakukan hingga semua adonan habis. Panaskan minyak. Goreng timus dengan api sedang hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Timus Ubi

6. Donat Ubi Ungu

donat ubi ungu empuk

Ada banyak variasi donat bermunculan. Salah satunya yaitu donat ubi ungu yang terlihat unik, menarik, dan menggugah selera. Jika ingin citarasa ubi ungu yang lebih kuat, Anda bisa menambahkan sedikit bubuk taro yang banyak dijual di toko bahan kue. Yuk coba bikin!

Campur ubi ungu kukus yang telah dihaluskan dengan susu cair, lalu aduk hingga rata dan jadi seperti pasta. Sisihkan. Dalam wadah, masukkan tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, ragi, kuning telur, dan pasta ubi ungu. Mikser atau aduk hingga kalis.

Masukkan bubuk taro, mentega, dan garam. Mikser kembali atau uleni hingga elastis. Tutup wadah dengan plastik wrap atau kain serbet lembap dan bersih. Diamkan hingga adonan mengembang. Kempeskan adonan lalu bagi jadi 12 adonan, kemudian bulat-bulatkan. Diamkan kembali selama 1 jam hingga mengembang.

Panaskan banyak minyak dalam wajan dan kecilkan apinya. Ambil 1 buah adonan lalu tusuk bagian tengahnya dengan sumpit. goreng adonan sambil terus diputar-putar bagian tengahnya menggunakan sumpit. Biarkan hingga sisi yang tergoreng berwarna kecokelatan, lalu balik sisi satunya. Angkat, tiriskan, dan biarkan dingin. Lanjutkan menggoreng donat hingga habis. Setelah dingin, taburi donat dengan gula bubuk. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Donat Ubi Ungu

7. Bolu Ubi Kukus

bolu kukus ubi lembut

Blender ubi dan santan hingga lembut. Sisihkan. Kocok gula, telur, dan emulsifer hingga kental dan mengembang. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, bergantian dengan hasil blenderan ubi sedikit demi sedikit sambil terus dikocok. Siapkan cetakan bolu kukus. Alasi dengan kertas kue. Tuang adonan hingga cetakan penuh. Kukus kue dengan api besar selama 10 menit. Keluarkan dan biarkan dingin. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Bolu Ubi Kukus

8. Pie Ubi

Sajian ubi yang menjadi favorit orang korea salah satunya adalah pie ubi. Pie ubi memiliki rasa yang manis gurih dan bertekstur renyah, sebab itulah sajian ini sangat favorit untuk dikonsumsi.

Siapkan wadah, potong butter kecil-kecil, masukkan tepung terigu protein rendah, unsalted butter, telur, dan vanili. Aduk hingga menjadi adonan. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Bungkus dengan plastik rapat. Simpan di kulkas selama 1 jam. Aduk butter hingga teksturnya seperti krim. Masukkan tepung almond, telur, gula, dan susu. Aduk hingga rata. Masukkan ubi yang sudah dihaluskan, aduk hingga rata. Oles loyang dengan butter. Giling adonan yang sudah didinginkan. Masukan ke dalam loyang, dan tusuk bagian tengah adonan dengan garpu. Masukkan isian ubi.

Giling tipis sisa adonan, iris memanjang tipis. Tata pie seperti bentuk anyaman atau sesuai selera. Olesi dengan kuning telur. Oven dengan suhu 180o selama 30 menit. Biarkan pie sampai dingin, keluarkan dari loyang. Pie siap disajikan. Selamat mencoba.

Baca Juga : Resep Pie Apel