Penulis: Nia

Bukan hanya ikan, banyak bahan makanan lain yang bisa diolah menjadi pepes. Seperti tempe, tahu, telur, jamur, dan ayam. Variasi pemasakan pepes pun juga beraneka ragam, seperti pepes bumbu kuning atau putih. Pepes ala jawa timuran yang berbumbu tajam dan pedas atau pepes ala sunda yang berbumbu ringan dan sedikit manis. Pepes dengan bumbu halus atau pepes dengan bumbu iris, serta masih banyak lainnya.

Nah berikut ini aneka sajian pepes enak yang bisa Anda coba masak sendiri di rumah!

1. Resep Pepes Peda

Bila kunci kelezatan sajian pepes yaitu terletak pada racikan halus bumbu & rempah yang membalur bahan utama, maka lain halnya dengan pepes peda. Ikan peda yang sudah gurih dan empuk ini hanya perlu dipadukan dengan bumbu iris untuk membuatnya sedap sempurna.

Panaskan panci kukusan atau dandang. Ambil beberapa lembar daun pisang untuk alas pepes. Bagi dua semua bahan-bahan untuk tiap pepes. Tata secara berurutan: daun singkong, daun kemangi, ikan peda, bawang putih, dan bawang merah. Tata di sebelah kiri ikan: serai, lengkuas, tomat, dan belimbing wuluh. Tata di sebelah kanan ikan: cabai merah, cabai rawit, daun salam, dan daun jeruk.

Gulung daun pisang sambil dipadatkan. Lipat dan semat kedua ujungnya dengan tusuk gigi. Kukus pepes dengan api sedang selama 45 menit hingga matang. Angkat. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Pepes Peda

2. Resep Pepes Udang

Pepes udang sedap

Kerat memanjang punggung udang buang kotoran hitamnya. Cuci bersih. Lumuri udang dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit. Dalam wadah, campur bumbu halus, gula, garam, dan santan kental. Aduk rata. Masukkan udang, cabai rawit, tomat, daun jeruk, dan daun bawang. Aduk rata. Ambil 2 lembar daun pisang lalu letakkan bertumpuk.

Isi dengan adonan udang secukupnya. Bungkus daun seperti bentuk lontong. Semat kedua ujungnya dengan tusuk gigi. Lakukan hingga habis. Kukus pepes selama 25 menit hingga matang. Angkat. Sesaat sebelum disajikan, bakar pepes di atas api atau menggunakan wajan datar anti lengket di atas kompor. Angkat. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Pepes Udang

3. Resep Pepes Telur Asin

pepes telur asin enak

Telur asin dengan rasa gurihnya yang khas dijamin akan lebih lezat dan istimewa bila dipadukan dengan racikan bumbu pepes. Yang terpenting, pilihlah telur asin mentah yang berkualitas baik dan tidak bau supaya hasil masakan maksimal.

Dalam wadah, campur santan dengan irisan bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, daun bawang, garam, gula, dan merica. Aduk rata lalu bagi jadi 4 bagian. Pecahkan telur asin masing-masing dalam wadah (jangan dicampur) ambil 2 lembar daun pisang lalu tumpuk. Tata selembar daun salam, daun jeruk, beberapa iris serai, lengkuas, dan tomat. Taruh 1 bagian campuran santan dan bumbu iris.

Lipat daun pisang hingga menyisakan satu bukaan untuk memasukkan telur asin. Masukkan telur asin, lipat daun pisang, dan sematkan dengan tusuk gigi. Ulangi langkah ini hingga semua bahan habis. Kukus pepes selama 45 menit hingga matang. Angkat. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Pepes Telur Asin

4. Resep Pepes Ikan Teri Basah

Pepes ikan teri basah gurih

Ikan teri basah yang bergizi tinggi, gurih, dan enak ini memang bisa dikreasikan jadi aneka jenis masakan. Sebut saja bakwan teri, perkedel teri, peyek teri, teri goreng krispi, dan pepes. Ketika dibuat pepes, ikan teri basah yang sudah lunak dan cepat menyerap bumbu ini tidak perlu dikukus terlalu lama. Jangan lupa untuk membakarnya di atas bara api atau teflon sebelum disajikan, agar aroma pepes lebih keluar dan bumbunya jadi lebih kesat/kering.

Buang kepala ikan teri lalu bersihkan kotorannya. Cuci bersih lalu lumuri dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan sesaat. Dalam wadah, campur ikan teri dengan bumbu halus, daun kemangi, tomat, garam, dan gula. Aduk hingga rata. Siapkan daun pisang, isi dengan ikan teri yang sudah dibumbui tadi. Tutup daun pisang lalu semat kedua ujungnya dengan tusuk gigi.

Kukus pepes selama 10 menit. Angkat. Bakar pepes di atas wajan datar anti lengket hingga kedua sisi daun pisang layu dan harum. Angkat. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Pepes Ikan Teri Basah

5. Resep Pepes Tahu

Pepes tahu sedap

Bukan cuma ikan, tahu juga bisa diolah menjadi sajian pepes yang sedap. Cara membuatnya sangat mudah, rasanya juga lezat. Tahu akan dihancurkan, dicampur dengan bumbu halus, dan ditambahkan bahan lainnya seperti daun kemangi, tomat, serta rawit. Sesaat sebelum disajikan, bakar sebentar pepes di atas wajan datar agar hangat dan aromanya menguar sedap.

Pertama haluskan tah dengan memakai garpu. Campur tahu dengan daun kemangi, tomat merah, telur, cabai rawit, gula pasir, dan garam. Kemudian masukkan kemiri, bawang merah, bawang putih, kunyit, dan cabe merah keriting yang sudah dihaluskan. Aduk rata. Ambil dua lembar daun pisang dan tumpuk, beri adonan pepes di atas. Bungkus dengan bentuk tum. Lakukan hingga semua adonan habis.

Kukus pepes sampai matang selama 20 menit. Angkat. Bakar pepes di atas pan/wajan datar yang telah dioles sedikit minyak, sampai tercium bau harum. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Pepes Tahu

6. Resep Pepes Jamur

pepes jamur

Membuat menu yang lezat tidak berarti anda harus berepot-repot ria. Salah satu hidangan yang lezat dan mudah dibuat adalah pepes jamur. Jenis jamur yang digunakan pada hidangan ini adalah jamur merang dan jamur kuping, sehingga lebih bertekstur. Namun, jika anda kesulitan mendapatkan jamur tersebut, anda bisa menggantinya dengan jamur tiram.

Haluskan bawang merah, bawang putih, dan kemiri sangrai. Dalam wadah, masukkan jamur merah, jamur kuping, cabe merah, cabe rawit, kaldu jamur, daun salam, daun jeruk, santan, garam, dan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk rata. Bungkus campuran bahan menggunakan daun pisang lalu semat kedua ujungnya menggunakan tusuk gigi. Kukus pepes selama 20 menit dengan api sedang, hingga matang. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Pepes Jamur

7. Resep Pepes Ayam

pepes ayam

Resep kali ini yaitu pepes ayam dengan bumbu putih ala sunda, yang pastinya akan membuat anda ketagihan hingga suapan nasi dan bumbu pepes terakhir.

Untuk membuatnya cukup mudah. Tumis kemiri, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe, lengkuas, dan garam yang sudah dihaluskan sampai harum. Masukkan ayam lalu masak hingga ayam berubah warna. Tuangkan air lalu aduk-aduk hingga merata. Masak hingga bumbunya meresap.

Gunakan api sedang. Angkat. Ambil 2 lembar daun pisang, lalu tumpuk dan rapikan. Tata kemangi, 2 lembar daun salam, potongan serai, tomat, cabe merah, dan cabe rawit. Lalu taruh 2 potong ayam beserta bumbunya. Bungkus daun pisang kemudian sematkan dengan lidi di kedua ujungnya. Kukus selama 30 menit. Angkat. Sajikan.

Baca Juga : Resep Pepes Ayam

8. Resep Pepes Ikan Kembung

Pertama haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kemiri sangrai, kunyit, lengkuas, gula, dan garam. Lumuri ikan dengan bumbu halus. Diamkan 15 menit di kulkas. Ambil daun pisang, beri kemangi, bumbu halus, belimbing wuluh, serai, dan tutup dengan ikan. Tutup lagi bagian atas ikan dengan bumbu dan kemangi serta belimbing wuluh. Bungkus pepes, sematkan lidi di kedua sisinya. Kukus 30 menit sampai matang. Angkat. Bakar pepes hingga wangi (bisa menggunakan panggangan atau teflon) hingga daunnya berwarna kecokelatan. Angkat dan sajikan.

Baca Juga : Resep Pepes Ikan Kembung