Penulis : Niahappy

Salah satu ikan air tawar yang memiliki banyak penggemar  adalah ikan Gurame. Daging ikan gurame tebal dan lembut, karena itu tidak heran banyak hidangan yang menyajikan ikan gurame ini dengan berbagai macam olahan bumbu. Berikut 8 resep olahan ikan gurame yang bisa Anda coba buat di rumah.

1. Gurame Acar Kuning

Membuat masakkan ikan gurame acar kuning ini terbilang sederhana dan praktis, namun rasa yang dihasilkan tidak sederhana, karena renyahnya ikan gurame disiram dengan acar kuning yang segar membuat masakkan ini semakin lezat.

Pertama marinasi ikan gurame dengan perasan jeruk nipis, garam dan bawang putih selama 30 menit. Lalu, goreng ikan gurame hingga garing. Sisihkan. Tumis bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, kunyit dan jahe yang sudah dihaluskan bersama daun jeruk, daun salam dan serai. Tambahkan air.

Masukkan mentimun dan wortel yang sudah dipotong korek api, kemudian masukkan cabai rawit merah utuh. Tambahkan gula dan garam. Masak hingga mendidih. Koreksi rasa. Lalu, masukkan gurame goreng, masak hingga bumbu meresap dan kuah menyusut. Angkat dan sajikan bersama nasi hangat.

2. Gulai Ikan Gurame

Sajian gulai tidak melulu daging sapi, kambing maupun ayam, tapi Anda juga bisa memakai ikan terutama ikan gurame lho. Dagingnya yang tebal dan empuk dicampur gurihnya santan akan semakin enak untuk teman makan siang Anda.

Potong ikan gurame menjadi 3-4 bagian. Marinasi dengan perasan lemon, garam, lada dan bawang putih diamkan 30 menit. Kemudian, goreng ikan gurame sampai garing. Tiriskan. Panaskan minyak. Tumis bawang putih, bawang merah, cabe merah, cabe rawit, kunyit, jahe, legkuas, kemiri yang sudah dihaluskan bersama daun salam, serai dan daun jeruk. Masak hingga bumbu matang.

Tuang santan dan air secukupnya. Tambahkan garam dan gula. Aduk rata. Masukkan ikan gurame goreng. Masak hingga matang dan siap disajikan.

3. Sup Ikan Gurame

sup ikan gurame bebas amis

Berdaging lembut dan sedikit duri, ikan gurame cocok diolah jadi sup bening dan segar. Membuat sup ikan cukup mudah, Anda hanya merebus bumbu-bumbu yang diperlukan, lalu masukan ikan ke dalamnya. Agar lebih nikmat dan mudah dimakan, lebih baik pilih ikan fillet atau ambil dagingnya saja. Karena ikan ini sudah lembut, sebaiknya jangan masak terlalu lama agar tidak kehilangan teksturnya.

Potong fillet ikan gurame menjadi bentuk kotak. Lumuri dengan air perasan jeruk dan garam secukupnya. Diamkan. Dalam panci, rebus air hingga mendidih. Masukkan bawang putih, bawang merah, jahe, serai dan daun jeruk. Aduk rata. Masukkan ikan, tomat dan cabai rawit. Masak hingga mendidih. Bumbui dengan garam dan gula. Koreksi rasanya. Terakhir masukkan daun kemangi dan masak sebentar. Angkat. Nah sup ikan gurame siap disajikan mudah kan?

Baca Juga : Resep Sup Ikan Gurame

4. Pecak Gurame

Pecak gurame pedas

Pecak, hidangan lezat khas Betawi ini menyajikan ikan goreng dengan siraman racikan sambal yang encer. Ada 2 jenis bumbu sambal yaitu yang menggunakan kacang tanah sehingga kuahnya terlihat keruh. Sedangkan satunya terlihat lebih bening tanpa kacang tanah. Bumbunya yang gurih, pedas dan lembutnya ikan gurame dijamin susah berhenti bila sudah menyantapnya.

Membuatnya cukup mudah pertama lumuri ikan dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan beberapa saat, sisihkan. Goreng ikan dalam minyak panas hingga matang dan kering. Angkat dan tiriskan. Sangrai bumbu pecak. Bawang merah, bawang putih, jahe, kencur, temu kunci, cabai rawit merah, cabai merah keriting dan kemiri hingga wangi. Angkat. Lalu, tumbuk kasar bumbu pecak.

Tumis bumbu pecak bersama serai, daun jeruk, dan tomat hingga harum. Tuang air, air asam jawa, gula dan garak. Masak hingga mendidih hingga kuah mengental. Koreksi rasanya. Angkat. Taruh ikan goreng dalam piring saji. Siram dengan bumbu/ kuah pecak. Tambahkan perasan air jeruk limau dan siap disajikan.

Baca Juga : Resep Pecak Gurame

5. Ikan Gurame Bakar Madu

gurame bakar madu praktis

Ada banyak olahan ikan bakar yang bisa anda coba di rumah. Salah satunya yaitu ikan bakar madu, yang tentu akan membuat sajian jadi lebih legit, gurih, sekaligus manis yang pas. Racikan bumbu ini dijamin akan membuat ikan gurame jadi semakin lezat.

Lumuri ikan gurame yang sudah dibersihkan dengan air perasan jeruk nipis dan garam secukupnya. Diamkan lalu cuci bersih kembali. Sisihkan. Panaskan minyak. Tumis bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, ketumbar, garam dan merica yang sudah dihaluskan hingga harum. Matikan api lalu biarkan dingin.

Dalam wadah, campur tumisan bumbu halus dengan kecap manis dan madu, lalu aduk rata Ambil ikan lalu lumuri dengan racikan bumbu kecap dan madu hingga rata. Simpan dalam kulkas selama 30 menit. Siapkan alat pemanggang/bakaran. Bakar ikan di atas bara api selama 30 menit di kedua sisinya. Sesekali oles dengan margarin. Angkat. siap disajikan.

Baca Juga : Resep Ikan Gurame Bakar Madu

6. Ikan Gurame Bumbu Rujak

gurame bumbu rujak enak

Bumbu rujak selalu sukses menjadi favorit karena kelezatannya. Tak heran kita bisa menjumpai aneka sajian yang dimasak dengan bumbu ini ataupun tersaji bersamanya. Sebut saja cireng, ayam bakar, hingga ikan goreng. Jika ayam atau ikan bakar bumbu rujak punya tekstur basah dan legit, maka gurame goreng ini sangat garing, renyah, dan berbalut kuat dengan bumbu rujak nikmat.

Pertama cuci bersih ikan gurame. Lumuri seluruh permukaannya dengan air jeruk nipis, garam dan merica. Diamkan sesaat. Panaskan banyak minyak. Goreng gurame hingga kering. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.

Tumis bawang merah, bawang putih, kemiri, kencur, jahe, kunyit, cabai merah dan garam yang sudah dihaluskan bersama serai, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk hingga wangi. Tuang air, air asam jawan dan gula merah. Aduk rata. Masukkan ikan goreng dan cabai rawit. Aduk rata. Masak hingga air menyusut dan meresap. Angkat. Ikan Gurame bumbu rujak siap dinikmati.

Baca Juga : Resep Gurame Bumbu Rujak

7. Ikan Gurame Bakar Bumbu Bali

Ikan bakar bumbu bali sedap

Masakan ikan bakar dengan aroma bumbu khas Bali sangat enak dinikmati bagi Anda pecinta pedas. Citarasanya dijamin akan jauh lebih sedap dan ‘menggigit’ dibanding ikan bakar kecap pada umumnya. Cara membuatnya pun tidak susah lho.

Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam, lalu diamkan. Panaskan sedikit minyak tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, kemiri, kunyit, jahe, ketumbar, terasi bakar, tomat yang sudah dihaluskan bersama serai dan daun salam hingga harum.

Masukkan air asam jawa, garam dan gula merah. Lanjutkan menumis hingga matang. Matikan api. Lumuri ikan dengan tumisan bumbu di kedua sisinya. Diamkan selama 1 jam. Siapkan alat bakaran. Bakar ikan sambil dioles dengan bumbu di kedua sisinya hingga  matang dan harum. Angkat. siap disajikan.

Baca Juga : Resep Ikan Bakar Bumbu Bali

8. Ikan Gurame Asam Manis

Ikan gurame asam manis goreng

Perpaduan ikan gurame dengan saus asam manis sangatlah lezat. Hidangan ini selalu ada di setiap acara pernikahan bukan? Untuk membuatnya pun tidak sulit, namun perlu diingat untuk membuat ikan gurame asam manis ini, ikan sebaiknya digoreng tidak terlalu lama. Cukup beberapa menit saja agar dagingnya tetap lembut agar saus asam manisnya dapat meresap sempurna.

Lumuri fillet ikan dengan bawang putih parut, garam, merica dan air jeruk. Diamkan selama 15 menit. Gulingkan dan balur fillet ikan, termasuk tulangnya ke campuran tepung terigu, tepung tapioka dan merica bubuk. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan sisihkan.

Selanjutnya saus asam manis. Tumis bawang bombay, bawang putih cincang kasar, cabai merah besar hingga harum. Tambahkan saus tomat, saus cabai, garam, merica, gula pasir. Aduk rata. Masukkan potongan wortel dan daun bawang. Tuang sedikit air dan larutan tepung maizena. Masak hingga matang.

Tata ikan gurame dan fillet gorengnya dalam piring saji. Siram dengan saus asam manis di atasnya. Sajikan langsung selagi hangat.

Baca Juga : Resep Ikan Gurame Asam Manis