Penulis: Tia | Editor: Ria

Ada satu lauk yang selalu saya cari di sajian nasi kuning atau tumpeng, yaitu telur dadar iris tipis. Entah mengapa, telur dadar iris tipis ini rasanya berbeda dengan telur dadar biasa. Lebih gurih dan lezat. Belum lagi kalau disantap bersama dengan nasi kuningnya.

Telur dadar iris tipis ini juga dikenal dengan nama telur rawis, karena bentuknya mirip dengan mie. Walaupun terlihat mudah, ternyata tidak semua orang bisa membuat telur dadar iris tipis yang bagus, lho. Pasti ada saja yang terlalu tebal atau berminyak. Nah, kalau anda ingin bisa juga membuat telur dadar iris tipis yang bagus dan enak, begini caranya.

1. Gunakan wajan anti lengket

(Image: Lazada)

Untuk membuat telur dadar tipis yang bulat sempurna, sebaiknya anda menggunakan wajan anti lengket atau teflon. Terutama untuk anda yang jarang membuat telur dadar tipis. Penggunaan wajan anti lengket dapat membantu supaya telur tidak menempel pada wajan dan saat dibalik, telur tidak pecah atau sobek.

Gunakan wajan anti lengket yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, seperti Maxim Ultra Wajan Teflon 22 cm (lihat di Lazada). Dengan diameter 22 cm, telur dadar yang dihasilkan akan tipis dan lebar. Tanpa banyak minyak pun, telur juga tidak akan menempel karena wajan ini dilapisi Teflon Xtra 3 lapis yang aman dan bebas PFOA.

Kalau menggunakan wajan goreng biasa, sebenarnya boleh-boleh saja. Namun, jika belum terbiasa, mungkin anda akan kesulitan dalam membaliknya, telur rawan sobek, dan besar bulatan telur dadarnya pun akan tidak sama.

Baca juga: Cara Tepat Merawat Peralatan Masak dari Bahan Teflon

2. Kocok minimal 2 butir telur

Walaupun hanya ingin membuat sedikit telur dadar tipis, gunakanlah paling tidak 2 butir telur yang dikocok lepas. Dari 2 butir telur ini, anda bisa menghasilkan 3 telur dadar tipis dengan ukuran sama dan ketebalan yang pas. Kalau anda menggunakan 1 butir telur saja, telur dadar tipis yang dihasilkan akan terlalu kecil dan tipis. Sehingga rawan sekali sobek.

Baca juga: Cara Mendeteksi Telur Rusak Sebelum Dimasak

3. Tuang sedikit minyak hanya untuk melapisi wajan saja

Karena sudah menggunakan wajan anti lengket, maka anda hanya perlu menuangkan minyak sedikit saja untuk menggoreng. Kira-kira sebanyak 1 sdt. Minyak ini hanya berfungsi untuk melapisi wajan supaya telur dadar semakin mudah dibalik. Setelah dituangkan, goyang-goyangkan wajan ke kanan dan kiri agar minyak menyebar. Dan kalau dirasa masih kebanyakan, anda bisa mengelap sebagian minyak dengan tisu dapur.

Tahap ini perlu diulangi setiap akan menggoreng telur dadar selanjutnya.

Baca juga: 4 Cara Menggoreng Enak dengan Minim Minyak

4. Gunakan api kecil

Untuk menggoreng telur dadar tipis, gunakanlah api yang kecil saja. Api kecil akan membuat telur dadar matang merata dan tidak mudah gosong. Jadi, telur dadar yang dihasilkan bisa memiliki warna kuning yang cantik.

Baca juga: 4 Langkah Sukses Membuat Telur Goreng dengan Kuning Meleleh & Pinggiran Renyah

5. Satu sendok sayur kecil telur kocok untuk satu lembar dadar

Dalam membuat telur dadar tipis, banyaknya telur kocok yang digunakan untuk 1 lembar dadar adalah faktor yang perlu diperhatikan. Untuk mendapatkan ketipisan yang pas, gunakanlah sendok sayur yang kecil sebagai takaran. Ambil 1 sendok sayur kecil telur kocok untuk membuat 1 lembar telur dadar tipis. Tuangkan ke dalam wajan anti lengket, kemudian goyangkan wajang ke kanan-kiri supaya telur menyebar.

Baca juga: 9 Sendok Masak yang Wajib Anda Ketahui

6. Jangan sampai telur berwarna coklat

Telur dadar tipis yang cantik, memiliki warna kuning muda. Nah, supaya warna ini bisa didapatkan, goreng telur dadar sebentar saja. Jangan sampai terlalu kering karena warna telur akan berubah menjadi kecoklatan.

Setelah telur kocok dimasukkan, tunggu hingga permukaannya muncul lubang-lubang kecil. Kemudian, balik telur untuk mematangkan sisi satunya. Cukup 30 detik saja, lalu angkat telur dadar dan tiriskan.

Coba: Resep Telur Dadar Padang

7. Gulung telur dadar dan iris kecil-kecil

Jika seluruh telur kocok sudah digoreng, biarkan telur dadar terlebih dahulu hingga uap panasnya menghilang. Setelah itu, gulung telur dadar satu per satu dan iris kecil-kecil seperti mie. Telur dadar tipis yang sudah diiris-iris ini bisa anda jadikan lauk untuk sajian nasi kuning, tumpeng, atau nasi uduk. Dimakan begitu saja sebagai camilan juga tidak apa-apa, lho. Tetap lezat.

Baca juga: Tips Memilih Pisau Sesuai Kegunaan

Membuat telur dadar tipis ternyata tidak terlalu sulit. Kuncinya adalah penggunaan minyak yang sedikit dan api yang kecil. Dengan begitu, telur dadar akan mudah dibalik dan tidak cepat gosong. Selamat mencoba!

7 Tips Membuat Telur Dadar Tipis atau Telur Rawis
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 2 (40%) 2 votes