Penulis: Niahappy

Anda penggemar spaghetti? Spaghetti rasa apa yang Anda suka? Salah satu menu spaghetti yang paling mudah dibuat adalah spaghetti carbonara. Menu ini banyak dijual di berbagai cafe dan menjadi menu andalan. Selain Carbonara, masih banyak olahan lainnya. Daripada membeli di cafe atau restoran, lebih baik bikin sendiri selain lebih hemat rasanya juga tak kalah enak, lho.

1. Spaghetti Carbonara

Spaghetti carbonara gurih

Salah satu olahan pasta yang mudah dibuat dan cepat adalah spaghetti carbonara. Pasta dengan saus creamy dari campuran susu, keju, dan kocokan telur ini memiliki rasa gurih manis yang pasti Anda sukai

Resep berikut adalah versi ekonomis dari carbonara. Anda tidak harus menggunakan cooking cream (krim masak) atau whipping cream cair. Sebagai gantinya, Anda bisa menambahkan sedikit larutan maizena agar sausnya bisa mengental.

Dalam panci, rebus spaghetti sampai aldente. Angkat dan tiriskan. Sisihkan. Tumis bawang putih dan bombai dengan margarin sampai harum. Masukan smoke beef. Aduk rata. Tuang ½ bagian susu cair. Aduk rata. Masukan keju, lada, oregano, dan garam. Aduk rata. Koreksi rasanya. Tuang larutan maizena. Aduk rata.

Masukan spaghetti. Aduk rata. Tuang kocokan telur dan sisa susu cair. Aduk dan masak sebentar dengan api kecil hingga kuah jadi creamy. Angkat. Siap disajikan dengan taburan keju parut dan parsley.

Baca Juga: Resep Spaghetti Carbonara

2. Spaghetti Aglio Olio

Spaghetti aglio olio simpel

Dari berbagai jenis hidangan pasta, bisa dibilang Aglio Olio adalah hidangan pasta paling sederhana. Secara harfiah, aglio e olio berarti ‘bawang putih dan minyak’. Pasta ini punya rasa yang khas dan cocok untuk Anda yang ingin makan berat tapi tak ingin terlalu kenyang. Karena pada dasarnya hanya bawang putih dan minyak, Anda bisa tambahkan parutan keju agar rasanya semakin mantap.

Rabus spaghetti hingga al dente. Tiriskan. Panaskan minyak zaitun. Tumis bawang putih hingga harum. Masukan udang, aduk rata. Masak hingga udang berubah warna. Tambahkan garam dan merica hitam. Masukan spaghetti, aduk sebentar hingga rata. Bila dirasa terlalu kering dapat ditambahkan air panas sedikit. Koreksi rasanya. Angkat. Beri taburan parsley, parmesan, dan cabe bubuk. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Spaghetti Aglio Olio

3. Spaghetti Marinara

Didihkan air dalam panci, tambahkan minyak goreng dan garam. Masukan spaghetti, rebus sampai al dente, angkat dan tiriskan. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum, masukan kaldu, pasta tomat, gula, basil, oregano, dan garam.

Masak hingga mengental dan bau langunya hilang, masukan kaldu, pasta tomat, gula, basil, oregano, dan garam. Masak sambil diaduk hingga cukup matang dan cairannya agak berkurang/kental. Masukan udang, masak sebentar saja hingga udang berubah warna, angkat segera, taruh sageti rebus dalam piring saji, tambahkan saus marinasi di atasnya. Taburi keju dan peterseli cincang, hidangkan.

4. Spaghetti Pesto

Image: Serius Eat

Pertama-tama panggang kacang pine di atas wajan hingga berwarna keemasan, angkat dan sisihkan hingga agak dingin. Masak spaghetti di dalam air mendidih sampai al dente, sisihkan.

Saus Pesto: masukan keju parmesan, bawang putih, parsley, basil, gula satu jumput, dan kacang pine ke dalam food processor. Cincang dan tambahkan minyak zaitun saat mencincang. Tambahkan garam dan merica dan pindahkan ke dalam mangkuk.

Tiriskan spaghetti yang telah matang ke dalam wajan. Tambahkan 4-5 sdm pesto dan aduk rata. Taburi dengan keju parmesan.

5. Spaghetti Goreng Jawa

Bagi Anda yang suka mie goreng jawa, coba rasakan sensasi baru spageti goreng jawa. Rasanya enak, lebih bergizi, dan rendah kalori dibandingkan menggunakan mie.

Rebus spaghetti sampai al dente, sisihkan. Haluskan bawang putih, kemiri, merica, dan ebi. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum dan matang, sisihkan di pinggir wajan. Masukan telur, buat orak arik kasar. Masukan ayam, bakso, udang, dan sayuran (kol, sawi, tomat, daun bawang). Aduk rata.

Masukan sedikit cairan kaldu. Masak hingga mendidih. Terakhir masukan spaghetti dan bumbui dengan garam, penyedap rasa, lada, dan kecap. Aduk rata. Masak hingga bumbu meresap dan matang. Angkat dan sajikan.

6. Spaghetti Dori Sambal Matah

Dory tepung: lumuri dory fillet dengan jeruk nipis, garam, dan merica. Diamkan 15 menit. Balut dengan tepung terigu lalu celupkan ke dalam telur. Balut dengan tepung roti. Goreng hingga kecokelatan.

Sambal matah: iris tipis cabai rawit, bawang merah, bawang putih, serai, dan daun jeruk sisihkan. Panaskan minyak kelapa. Tang inyak ke dalam bahan yang sudah diiiris. Beri garam, gula, dan perasan jeruk nipis.

Rebus spaghetti dengan menggunakan air yang sudah diberi garam dan minyak. Masak sampai al dente. Tata spaghetti dan ikan dori tepung di atas piring. Siram dengan sambal matah. Sajikan.

7. Spaghetti Bolognese Meatballs (Bola-bola Daging)

Spagheti Bolognese merupakan salah satu sajian favorit hamper semua orang di dunia. Bolognese adalah salah satu saus pasta yang terbuat dari daging dan tomat dengan cita rasa yang gurih. Saus Bolognese makin enak jika ditambah bola-bola daging. Penasaran? Yuk, coba bikin!

Didihkan air secukupnya dalam panci. Rebus spaghetti hingga al dente, angkat dan tiriskan.

Bola-bola Daging: Siapkan wadah. Masukan daging sapi giling, tepung roti kasar, bawang bombai, bawang putih, telur, lada, dan garam ke dalam wadah, aduk rata. Ambil secukupnya adonan, bentuk bulat, lakukan hingga habis. Panaskan minyak, goreng bola-bola daging dengan api kecil. Balik sesekali bola-bola daging agar seluruh permukaan cokelat dan matang. Angkat dan tiriskan.

Saus Bolognese: Rebus tomat hingga layu, buang kulitnya. Blender tomat hingga halus, sisihkan. panaskan olive oil, masukan bawang putih dan bawang bombai, masak hingga wangi. Masukan daging giling, aduk rata hingga daging berubah warna. Masukan sosis, tomat halus, saus tomat, oregano, basil kering, air, garam, gula, dan lada halus. Masak hingga mendidih. Masukan bola-bola daging, masak hingga saus mengental. Angkat.

Tata spaghetti di atas piring. Tuangkan saus di atasnya sesuai selera. Tabur dengan keju cheddar parut, sajikan hangat.

Baca Juga: Resep Spaghetti Bolognese Meatballs

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi