Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Selama ini, kita mungkin lebih akrab dengan ubi berwarna kuning yang manis. Namun, bagaimana dengan ubi ungu? Jenis ubi jalar satu ini memang beda dari yang lain karena bagian dagingnya berwarna ungu.

Ubi ungu termasuk bahan makanan yang memiliki rasa dan aroma khas. Selain itu, ubi ungu mengandung karbohidrat kompleks yang rendah kalori, tinggi serat, mineral, dan vitamin. Sehingga, aman disantap untuk anda yang sedang mengurangi karbo.

Saya sendiri sempat mencoba beli beberapa ubi ungu dan mengolahnya jadi ubi kukus. Namun ternyata, ubi ungu juga bisa diolah menjadi aneka kudapan dan pencuci mulut, lho. Penasaran? Simak artikel berikut ini, yuk!

1. Bolu

(Image: Aditya Damayanti)

Bolu ubi ungu bisa dibuat dengan kukus atau panggang, dan keduanya terasa lembut dan cantik dengan warna ungu alami. Sebelum dicampurkan dalam adonan, ubi ungu bisa dikukus terlebih dahulu agar teksturnya lunak dan lebih mudah dihaluskan. Dengan begitu, ubi ungu juga akan lebih mudah menyatu dengan adonan bolu. Oiya, ubi ungu juga bisa diserut saja supaya muncul tekstur saat bolunya matang.

Baca juga: Tips Membuat Bolu Supaya Tidak Bantat dan Gagal

2. Puding

Siapa tak suka pencuci mulut satu ini? Puding memang pas disantap setelah makan-makan berat.

Nah, ubi ungu juga bisa dijadikan puding, lho. Selain kandungan yang lebih sehat, warna ungu alami akan muncul dengan sendirinya tanpa anda beri pewarna tambahan. Wah, bisa main warna jadi ombre, dong? Bisa banget. Cara mengolahnya, ubi ungu yang sudah dikukus nantinya diblender dengan sedikit air hangat hingga jadi pasta halus. Setelahnya, pasta ungu ini bisa dicampurkan dengan larutan gula, garam, dan agar-agar.

Baca juga: 5 Tips Membuat Puding Agar Tidak Mudah Berair

(Klik sini untuk lihat produk di Lazada)
Blender PHILIPS 2115 sangat sempurna untuk membantu Anda mengolah bahan – bahan makanan. Berkapasitas hingga 2 liter, dilengkapi dengan 4 mata pisau ultra-sharp yang tajam, panjang, dan anti karat. Mampu memotong dan memblender buah, sayur, bumbu, hingga daging dengan sempurna dan merata. Lima tombol multiple speed membantu dalam memblender dalam berbagai kecepatan sesuai dengan bahan yang perlu dihaluskan. Dilengkapi dengan safety lock (kunci pengaman) dan tahan pecah, dijamin aman saat memblender.

3. Bola-Bola Ubi

Bola Bola ubi manis

Kudapan yang satu ini sangat mudah dibuat, lho. Anda hanya perlu buat adonan roti dari ubi ungu dan isian sesuai selera. Isiannya bisa berupa keju, pasta coklat, atau pasta ubi ungunya. Untuk adonan roti bolanya, ubi ungu perlu dikukus hingga lunak lalu dilumatkan sampai teksturnya halus. Selanjutnya, ubi ungu bisa dicampurkan dengan gula, garam, dan tepung tapioka hingga kalis. Bentuk jadi bola, beri isian, lalu goreng hingga matang, deh!

Baca juga: 6 Tips Membuat Roti Goreng yang Tidak Terlalu Berminyak

4. Bakpao

(Image: Xanderskitchen)

Kalau ingin cemilan yang bertekstur lembut, bisa coba bakpao ubi ungu, nih. Prosesnya sama dengan bola ubi, yakni kukus ubi ungu hingga lunak, lalu tumbuk hingga halus. Saat masih hangat, campurkan ubi ungu halus dengan bahan adonan bakpao, yakni ragi aktif, terigu cakra atau tepung tangmien, gula pasir, dan air. Aduk dan uleni hingga kalis. Untuk bakpao ubi ungu, beri isian manis seperti coklat atau unti kelapa supaya makin nikmat!

Baca juga: 6 Tips Membut Bakpao Lembut, Empuk, dan Lebih Nikmat

5. Bubur Candil

(Image: Jajan Pinggiran)

Salah satu kudapan bubur yang manis dan lembut adalah bubur candil. Bubur yang biasa dijajakan saat bulan puasa ini juga bisa disulap dengan ubi ungu. Hasilnya? Tampilan candil atau bola-bola tapioka jadi berwarna ungu cantik. Ubi ungu yang sudah ditumbuk halus bisa dicampurkan dengan tepung tapioka, garam, dan air. Aduk hingga tercampur merata, lalu bulat-bulatkan.

6. Klepon

kue klepon ungu

Hayo, siapa yang suka ngemil jajanan pasar imut ini? Kalau klepon biasa dibuat dengan rasa pandan, coba buat dengan rasa ubi ungu yang tak kalah enaknya!

Ubi ungu yang sudah dihaluskan bisa langsung dicampurkan dalam tepung ketan, lalu tambahkan sedikit garam, gula, dan air secukupnya. Aduk adonan hingga bisa dibulatkan, lalu celupkan bola-bola klepon pada air mendidih hingga matang. Terakhir, taburkan dengan parutan kelapa agar makin sedap!

Baca juga: 4 Tips Membuat Klepon Mulus, Kesat, Tahan Lama & Tidak Pecah

7. Kue Talam

(Image: Bunda Juli)

Kue tradisional yang lembut dan legit ini juga bisa dibuat dengan ubi ungu, lho. Jika pakai ubi jalar biasa berwarna coklat, kue talam dengan ubi ungu tentunya akan berwarna ungu alami yang cantik.

Campur ubi ungu halus dengan santan, tapioka, tepung beras, dan gula untuk lapisan ungunya. Aduk rata, lalu masukkan dalam cetakan dan kukus hingga memadat.