Penulis: Tia | Editor: Ria

Saya sering melihat ibu saya menggunakan baking soda bukan untuk membuat kue. Melainkan untuk membersihkan dapur. Saya bingung, karena mengira baking soda hanya digunakan pada adonan kue saja. Tapi, hasilnya memang dapur menjadi benar-benar bersih.

Saya kira fungsi lain baking soda hanya berhenti di membersihkan dapur saja. Ternyata masih banyak lagi fungsi baking soda untuk dapur dan kegiatan memasak. Apa sajakah itu?

1. Mencuci sayur dan buah

Mencuci sayur dan buah dengan air bersih mengalir tidak menjamin kotoran yang menempel di permukaan akan hilang sepenuhnya. Terkadang, masih ada bekas tanah atau bercak cokelat yang tersisa dan pastinya tidak baik jika sampai termakan.

Supaya kotoran pada permukaan sayur dan buah, gunakanlah baking soda sebagai scrub. Taburkan sejumput baking soda ke permukaan sayur dan buah, kemudian gosok-gosok perlahan sampai tidak lagi terasa ada kotoran. Setelah itu, bilas kembali dengan air besih mengalir.

Baca juga: 5 Tips Kebersihan dan Hygiene Saat Memasak

2. Mengempukkan daging

Cara mengempukkan tekstur daging yang paling populer adalah dengan memukul-mukulnya. Tapi, cara ini selain membuat tangan pegal, juga membutuhkan waktu yang lama. Padahal, untuk membuat tekstur daging lebih empuk, anda cukup menggunakan baking soda saja.

Untuk potongan daging yang besar seperti steak, lumuri seluruh bagian daging dengan 1 sdt baking soda. Ratakan dan diamkan di dalam kulkas sekitar 1 jam, kemudian bilas dengan air bersih. Kalau untuk potongan daging yang kecil, larutkan baking soda dengan air terlebih dulu. Setiap 300 gram daging, anda membutuhkan 1 sdt baking soda dan 100 ml air dingin. Lumuri daging dengan larutan tersebut, diamkan sekitar 15-30 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Daging dijamin empuk tanpa membuat tangan pegal.

Baca juga: 4 Tips Agar Daging Menjadi Lebih Empuk

3. Menghilangkan bau bawang di tangan

Bawang memang membuat masakan menjadi lebih nikmat. Tapi bau yang ditinggalkannya di tangan lumayan menyebalkan. Untuk menghilangkan bau bawang tersebut, mencucinya dengan sabun saja tidak cukup. Anda perlu bantuan baking soda supaya bau bawang hilang dengan sempurna.

Campur ½ sdt baking soda dengan air biasa, aduk perlahan hingga teksturnya seperti pasta. Kemudian, usapkan pada tangan dan gosok-gosok hingga terasa kesat. Bilas tangan anda dengan air dan bau bawang pun hilang tak bersisa.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih di Tangan

4. Membuat gorengan lebih krispi

Menambahkan larutan baking soda ke dalam adonan tepung untuk gorengan akan membuatnya jadi lebih krispi. Tapi, hati-hati. Baking soda ini sangat rentan terhadap panas, jadi suhu larutannya harus dijaga agar tetap dingin. Caranya, buatlah larutan dari campuran ½ sdt baking soda dan 50 ml air dingin. Aduk sebentar saja. Karena kalau terlalu lama, akan terlalu banyak gelembung yang muncul dan merusak fungsi baking soda. Larutan ini kemudian dicampurkan ke dalam adonan tepung dan hasilnya, gorengan anda akan lebih krispi saat digigit dan renyahnya tahan lama.

Baca juga: 6 Tips Membuat Masakan Goreng Balut Tepung Agar Lebih Krispi

5. Membersihkan kerak di alat masak

Alat masak seperti panci dan wajan yang sudah lama digunakan, pasti memiliki kerak berwana hitam kecokelatan di permukaannya. Walaupun tidak mengurangi kualitas masakan, tapi kerak ini cukup mengganggu mata dan membuat gemas. Kerak membandel ini tidak bisa dibersihkan hanya menggunakan sabut. Anda perlu bantuan baking soda untuk membuat kerak ini meluruh dengan sempurna.

Buatlah larutan dari baking soda dan air, aduk perlahan sampai memiliki tekstur kental seperti pasta. Oleskan larutan ini ke permukaan alat masak yang berkerak, diamkan sampai larutan mengering, kemudian gosok menggunakan spons dan bilas dengan air hangat.

Baca juga: 4 Tips Membersihkan Alat Masak Berbahan Kayu

6. Mengembalikan kesegaran botol minum

Setiap hari dipakai dan terkena kontak langsung dengan mulut, membuat botol minum lama-lama memiliki bau apek dan lembab. Tidak hanya mengganggu, bau ini kalau dibiarkan juga bisa menjadi sarang penyakit.

Untuk mengembalikan kesegaran botol minum, anda bisa memanfaatkan baking soda yang ada di dapur. Caranya, masukkan sejumput baking soda ke dalam botol, tuangkan air sekitar ⅓ botol, kemudian kocok-kocok perlahan. Setelah terlihat ada buih, bilas botol minum anda sampai bersih dan keringkan dengan cara membalikkan botolnya. Cara ini sangat ampuh untuk mengembalikan kesegaran botol minum yang anda miliki.

Baca juga: Tips Membersihkan Botol dan Jar Kaca Agar Tak Kusam

7. Merenyahkan tekstur udang

Ketika dimasak, daging udang akan berubah menjadi semakin kenyal. Dan kalau overcooked, bisa memiliki tekstur seperti karet. Nah, untuk selalu menjaga tekstur udang yang renyah, gunakan baking soda sebagai bumbu rendaman.

Udang yang akan diolah, direndam dalam campuran 1 sdt garam dan ¼ sdt baking soda. Tidak perlu ditambahi air, yang penting anda memastikan seluruh udang sudah terlumuri dengan rata. Diamkan selama 15 menit pada suhu ruang dan udang pun siap untuk diolah.

Coba: Resep Udang Cabe Garam

Terbukti kan kalau baking soda tidak hanya untuk membuat kue saja? Jadi, pastikan anda selalu siap sedia baking soda di dapur, ya. Tidak akan rugi karena sangat berguna sekali.