Penulis : Atsa

Siapa sih yang nggak suka buah mangga? Banyak tumbuh di segala musim, dan memliki banyak ragam rasa. Ada yang rasanya manis, manis sedikit asam, tekstur lembut, bahkan ada juga yang sedikit kasat berserat.

Anda mungkin sudah tahu kalau mangga memiliki banyak ragam. Tapi, apa Anda sudah tahu perbedaannya? Berikut 7 jenis mangga paling populer yang harus Anda ketahui perbedaannya sebelum memilih.

Baca Juga : Tips Memilih dan Menyimpan Buah Mangga

1. Mangga Golek

Image : richland.co.id

Mangga golek tumbuh baik di dataran rendah, tidak hanya di Indonesia tapi juga di beberapa kawasan Asia Tenggara. Jika Anda tinggal di daerah dataran rendah, pasti mudah sekali menemukan mangga ini tumbuh di sekitar perkampungan atau komplek rumah Anda.

Ciri dari kenampakan mangga golek yaitu buahnya yang memanjang dengan ujung yang sedikit meruncing. Kulitnya berwarna hijau dengan bintik-bintik kelenjar putih yang sedikit kehijauan.

Saat matang dagingnya berwarna kuning sedikit oranye, teksturnya tidak berserat dan mengandung banyak sekali air. Karena teksturnya ini, mangga golek sangat cocok untuk dijadikan jus.

2. Mangga Harum Manis

Image : okezone.com

Sudah bisa ditebak dari namanya, ciri khas dari mangga harum manis karena rasanya yang manis dan aroma harum khas mangganya yang kuat.

Ciri khas yang paling nampak dari bentuk buah mangga harum manis yaitu pada ujung buah terdapat lekukan seperti paruh yang terlihat cukup jelas.

Tekstur daging buahnya tebal, lunak, berwarna kuning dan semburat oranye di bagian tengah. Buahnya memiliki sedikit sekali serat. Nah, sudah manis, harum, seratnya sedikit jadi mudah dimakan, karena itulah mangga harum manis menjadi primadona semua orang.

3. Mangga Manalagi

Image : promoindonesia.id

Mangga manalagi memiliki bentuk dan rasa perpaduan antara mangga golek dengan mangga harum manis. Bentuknya seperti mangga golek yang memanjang, namun dengan ukuran yang lebih kecil. Juga di ujungnya memiliki lekukan seperti mangga harum manis. Di bagian kulitnya juga terdapat bintik yang menyerupai mangga golek.

Nah, untuk rasanya sendiri termasuk manis hampir menyerupai mangga harum manis, namun teksturnya lebih padat seperti mangga golek. Jadi buat Anda yang menyukai tekstur mangga padat seperti mangga golek, namun semburat manis seperti harum manis, mangga manalagi bisa jadi pilihan.

4. Mangga Gedong Gincu

Image : hargapromo.id

Mangga yang banyak dibudidayakan di Cirebon dan Indramayu ini memiliki kenampakan warna yang begitu cantik. Disebut gedong gincu karena warna kulitnya yang kuning juga terlihat sedikit kemerahan seperti gincu atau lipstik. Warnanya yang khas ini pun menjadi ciri yang paling nampak dari mangga gedong gincu untuk membedakan dengan mangga lainnya. Uniknya lagi, warna kuning kemerahan pada kulit mangga juga sama dengan bagian isinya.

Terkadang beberapa orang dan pedagang menyebut mangga gedong gincu dengan istilah mangga Indramayu. Bentuknya berbeda dengan mangga lainnya, yaitu lebih bulat. Rasanya manis segar dengan sedikit rasa masam.

5. Mangga Apel

Image : www.specialtyproduce.com

Bisa ditebak dari namanya, mangga apel memiliki bentuk seperti buah apel. Mangga apel berwarna hijua, dan terkadang ada semburat warna kemerahan di kulitnya.

Aroma mangga apel juga tak kalah harum dengan mangga harum manis. Mangga apel memiliki rasa yang masam, namun banyak petani telah membudidayakan mangga apel yang memiliki rasa manis juga, lho.

6. Mangga Alpukat

Image : dreamstime.com

Mangga alpukat asal Pasuruan belum lama ini menjadi viral karena bentuknya terlihat seperti alpukat. Bahkan biji mangga alpukat mudah dibuang dengan cara diiris daging buahnya melingkar lalu dibuka seperti alpukat. Serat buahnya sangat halus, karena itulah buahnya mudah dibuka dan dipisahkan dengan bijinya.

Mangga ini bisa langsung dimakan dengan sendok setelah bijinya dikeluarkan, jadi seperti menyantap alpukat. Bisa juga dipotong-potong seperti mangga pada umumnya, sesuai selera.

7. Mangga Madu

Image : www.dietworkoutfitness.com

Dari bentuknya, sepintas mangga ini terlihat seperti mangga gadung yang memanjang. Namun, beberapa jenis lain mangga madu juga tidak memanjang. Yang membedakan dan menjadi ciri khas dari mangga madu adalah saat matang kulitnya berwarna kuning atau oranye cerah.

Rasa mangga madu sangat manis, bahkan meski buahnya masih belum matang, karena itulah mangga ini disebut mangga madu.

Nah, jadi mangga mana nih yang jadi kegemaran Anda? Ada beragam jenis mangga dengan tekstur dan rasa yang beragam di Indonesia. Buah mangga sangat baik untuk menenuhi kebutuhan vitamin C dan serat tubuh. Pilihlah jenis mangga yang sesuai selera Anda.

Baca Juga : Cara Membuat Manisan Mangga