Penulis : Atsa

Punya stok daging kambing di rumah? atau punya acara penting dan ingin mengolah menu daging kambing untuk sajiannya, tapi bingung mau masak apa?

Berikut ini 7 ide sajian berbahan dasar daging kambing yang bisa Anda coba. Resep – resepnya cukup mudah dibuat. Berikut ulasannya.

1. Gulai Kambing

Gulai Kambing Jawa

Salah satu bumbu kaya rempah yang cocok untuk hidangan daging kambing adalah gulai. Warna gulai kuning menuju oranye kemerahan, warna oranye kemerahan didapat dari cabai, sedangkan warna kuning berasal dari kunyit. Rasanya gurih agak pedas dengan tekstur kuah yang sedikit kental.

Rebus daging kambing hingga setengah lunak. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, kunyit bakar, kemiri sangrai, ketumbar, dan kapulaga. Tambahkan serai, daun kunyit, daun salam, daun jeruk, dan kayu manis hingga matang dan harum.

Masukkan tumisan bumbu tersebut ke dalam rebusan daging. Tambahkan santan encer, masak hingga daging mulai matang. Lalu tambahkan santan kental, aduk hingga kuah menyusut, jangan sampai pecah. Koreksi juga rasanya sebelum disajikan.

Baca Juga : Resep Gulai Kambing

2. Tongseng Kambing

Tongseng kambing sangat populer di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mengolah daging kambing menjadi tongseng kambing bisa jadi pilihan buat Anda yang suka rasa tajam rempah Nusantara dengan sensasi renyah dari irisan kol.

Untuk membuatnya, haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai dan ketumbar. Tumis bumbu halus tersebut hingga harum. Masukan potongan daging kambing, tambahkan batang serai, daun jeruk, kecap dan air secukupnya. Tambahkan garam, lada bubuk, dan gula. Lalu, masak hingga daging kambing mendekati matang. Selanjutnya, masukkan irisan kol, tomat, daun bawang dan santan. Masak hingga bumbu meresap. Kuah tongseng berwarna gelap karena menggunakan campuran kecap di dalamnya.

Baca Juga : Resep Tongseng Kambing

3. Krengsengan Kambing

krengsengan kambing manis

Resep yang satu ini jadi menu andalan warga Jawa Timur. Untuk membuat kresengan kambing pun tidak terlalu sulit. Terlebih dahulu Anda menyiapkan bumbu halus dari bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, jahe, lada, dan garam yang dihaluskan bersama. Lalu, tumis bumbu tersebut hingga harum.

Masukkan potongan daging kambing, masak hingga daging kambing menjadi kecoklatan. Selanjutnya, tambahkan kecap, lada, garam, gula, serta sedikit air. Masak dengan api kecil sampai air menyusut, bumbu menyerap, dan menjadi kental.

Baca Juga : Resep Krengsengan Kambing

4. Kari Kambing

Kari kambing lezat

Hampir terlihat menyerupai gulai, kari kambing beda lho dengan gulai kambing. Kari kambing ini memiliki kuah santan yang kental, dengan campuran rempah-rempah yang beragam. Rasa rempahnya begitu tajam dan kuat, lebih kuat daripada gulai.

Ketika disantap, kari dominan rasa pedas cabai dan lada di mulut. Kari kambing memiliki pengaruh cita rasa khas India, makin nikmat jika disantap bersama roti cane.

Baca Juga : Resep Kari Kambing

5. Sop Kambing

sop kambing tanpa bau

Ingin yang berkuah namun tidak bersantan supaya kolesterol tidak terlalu tinggi? Sop kambing bisa jadi pilihan.

Hidangan ini dibuat dari daging kambing, dengan berbagai sayuran yang bergizi. Kuahnya dari kaldu daging kambing yang diberi bawang putih, tomat, seledri, daun bawang, jahe, cengkeh, kayu manis, pala, kemiri dan daun jeruk, sehingga terasa segar.

Baca Juga : Resep Sop Kambing

6. Sate Kambing

Sate kambing empuk

Selain hidangan berkuah, daging kambing sangat nikmat jika dijadikan sate. Membuatnya sangat mudah, tusuk daging kambing dengan tusukan sate, lalu bumbui daging kambing dengan rempah-rempah dan kecap.

Bakar sate dengan pemanggang arang atau wajan grill di rumah. Sajikan bersama irisan kubis, tomat, dan bawang merah.

Baca Juga : Resep Sate Kambing

7. Nasi Goreng Kambing

Menu nasi goreng kambing juga bisa jadi pilihan santap lezat di rumah bersama keluarga. Tumis rempah dan bumbu yang dihaluskan bersama dengan potongan kecil daging kambing. Masak sampai daging matang dan empuk. Masukan nasi, daun bawang, cabai merah, merica, gula dan garam. Aduk merata seperti memasak nasi goreng pada umumnya.

Mudah kan membuatnya? Sajikan bersama kerupuk udang dan acar supaya semakin nikmat.

Baca Juga : Resep Nasi Goreng Kambing