Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Salah satu kue kering manis terfavorit saya itu adalah kue sagu keju. Selain rasa dan teksturnya yang berbeda dari kue kering lainnya, manisnya pun terasa pas di lidah saya. Karena itulah, saya selalu menyetok kue sagu keju dalam jumlah yang cukup banyak di rumah. Biasanya sih saya membeli kue sagu keju di toko kue kering langganan saya. Tapi jika kebetulan saya sedang punya banyak waktu luang, saya selalu menyempatkan diri untuk membuatnya sendiri di rumah. selain lebih terjamin kualitasnya, saya juga bisa lebih hemat.

Meskipun terlihat sederhana, tapi cara membuat kue sagu keju tak sesederhana penampilannya. Karena teksturnya yang renyah, lembut, dan lumer di mulut, maka dibutuhkan tips khusus ketika membuatnya. Nah, apa saja sih tips saat membuat sagu keju? Baca selengkapnya di bawah ini.

1. Pilih tepung sagu yang berkualitas

(Image: Lazada)

Sesuai namanya, sagu keju menggunakan tepung sagu sebagai bahan utama pembuatannya. Agar mendapatkan hasil kue sagu yang bagus, sebaiknya anda memilih tepung sagu yang berkualitas baik, yaitu tidak bau apek, tidak berkutu, dan berwarna cemerlang.

Salah satu tepung sagu berkualitas baik adalah Merbabu Sagu Tani (lihat di Lazada). Terbuat dari sagu pilihan dan diproses dengan alat yang modern, kualitas tepung sagu ini tidak perlu diragukan lagi.

2. Sangrai tepung sagu terlebih dahulu

Berbeda dengan jenis tepung lainnya yang bisa langsung dipakai, maka anda harus menyangrai tepung sagu terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal tersebut bertujuan agar tepung sagu benar-benar kering dan menghasilkan kue yang lumer di mulut. Sangrai tepung ragu dengan daun pandan di panci yang tebal dengan api kecil. Jika tepung sagu sudah terasa ringan saat diaduk, matikan kompor dan tiriskan tepung.

3. Ayak tepung sagu

Sebelum digunakan, sebaiknya anda mengayak tepung sagu terlebih dahulu. Dengan cara seperti itu, anda bisa meminimalisir kotoran atau gumpalan tepung yang bisa membuat kue sagu keju anda menjadi kurang bagus.

4. Perhatikan kekentalan adonan kue sagu

Untuk menghasilkan kue sagu yang bentuknya konsisten dan tidak luber saat dipanggang, pastikan anda membuat adonan yang tidak terlalu encer ataupun terlalu keras. Hal tersebut juga bisa membantu memudahkan anda ketika mencetak adonan dengan spuit.

5. Panggang kue dengan suhu yang tepat

Jika adonan kue sagu sudah dicetak semua, panggang kue sagu dalam suhu 150°C selama 30-35 menit. Atau jika anda menggunakan oven manual, gunakan api kecil dan tunggu sampai warna permukaan kue sagu mulai menguning kecokelatan.

6. Biarkan kue mendingin dalam loyang

Setelah kue sagu anda matang, sebaiknya jangan segera mengangkatnya dari loyang, karena kue masih dalam keadaan rapuh dan lunak. Tunggu beberapa saat sampai kue sudah benar-benar dingin, baru anda bisa memindahkannya ke toples kue yang bertutup kedap udara.

Itu dia tips sukses membuat sagu keju yang bisa anda terapkan di rumah. Sekarang, anda bisa membuat sagu keju yang lembut, renyah, dan lumer di mulut. Selamat mencoba!

6 Tips Untuk Kue Sagu Keju yang Renyah, Lembut, dan Lumer di Mulut
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 2 (40%) 1 vote