Penulis: Nabilla.M | Editor: Ria

Saat acara kumpul lebaran, pasti kita akan menjumpai ketupat di setiap meja makan. Ketupat merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari beras yang dimasak dalam kulit beranyaman janur. Agar dapat menghasilkan ketupat dengan cita rasa yang lezat dan berkualitas, bukan hanya terletak pada kualitas berasnya, loh, tapi juga janur sebagai kulitnya. Maka dari itu kita harus cerdas dalam memilih janur sebagai kulit ketupat. Nah, bagaimanakah tips memilih kulit ketupat (janur) yang baik ? Yuk simak informasinya di bawah ini!

1. Pilih Janur yang berwarna Kuning Muda

Pilihlah janur yang bersih dan memiliki warna kuning muda. Janur dengan warna ini akan membuat ketupat anda terlihat bersih dan enak. Hindari janur yang berwarna hijau karena akan memberikan warna kecoklatan pada ketupat yang anda masak. Selain rasa, penampilan makanan tentu berpengaruh terhadap selera makan.

2. Pilih Janur dengan Ukuran Tidak Besar

Selain warna dari janur, alangkah baiknya anda juga mempertimbangkan besar ukuran janur.  Agar hasil anyaman rapi, tidak terlalu besar, dan tidak perlu terlalu banyak beras untuk mengisinya, pilihlah janur dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan seragam.

3. Bersihkan janur Sebelum dimasak

Kebersihan menjadi hal penting dalam membuat makanan. Setelah memilih janur yang tepat, jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu agar debu dan kotoran yang menempel pada janur hilang. Makanan yang bersih berarti lebih sehat, kan?

4. Pilih Anyaman Ketupat yang Rapi

Jika tak sempat menganyam sendiri, kita bisa kok membeli bungkus ketupat di pasar.  Menjelang lebaran, banyak pedagang yang menjual anyaman ketupat ini. Jika membeli jadi, pilihlah anyaman yang rapat, rapi, dan punya lebar janur yang seragam. Dengan begitu, ketupat akan terbentuk dengan sempurna.

5. Pilih Anyaman Ketupat yang Berukuran Sama

Pastikan pula anda  memilih beberapa anyaman ketupat yang berukuran sama. Ketupat dengan ukuran seragam, akan matang dalam waktu yang bersamaan pula. Sehingga kualitas rasa dan bentuknya pun akan sama.

Sudah siap untuk membuat ketupat sendiri? Pastikan anda ikuti semua tips di atas ya, agar ketupat yang anda buat memiliki bentuk, rasa, dan penampilan yang menarik. Selamat mencoba di rumah!