Penulis: Atsa

Telur nggak selalu harus diolah menjadi telur mata sapi, dadar atau rebus saja, lho. Ada banyak resep-resep olahan telur lain yang bisa Anda coba. Olahan telur berikut ini akan bikin sajian telur yang biasa jadi luar biasa lezatnya, dan yang penting cara membuatnya nggak ribet. Mulai dari yang praktis hingga berbumbu cukup kuat, pilih resep di bawah ini dan praktikan di rumah!

1. Tim Telur Daging

Jika Anda memiliki oven, maka tim telur daging bisa jadi makanan cepat, praktis, namun bergizi. Dibuat dengan bahan-bahan yang baik. Hanya perlu beberapa menit untuk membuat, lebih sedikit waktu untuk memasak, dan Anda mendapatkan porsi yang sempurna.  Tidak punya oven di rumah? Kukusan bisa jadi penggantinya.

Panaskan panci kukusan atau dandang. Sambil menunggu, dalam mug tahan panas campur telur, daging sapi cincang, dan daun bawang. Tambahkan garam, merica, kecap asin dan minyak wijen, aduk rata. Kukus hingga hingga matang. Siap disajikan, begitu praktis bukan?

Baca Juga: Resep Tim Telur Daging

2. Telur Dadar Padang

Telur dadar padang asli minang

Terlihat seperti telur dadar biasa, tapi jika lebih diperhatikan lagi telur dadar padang lebih tebal. Rasanya juga lebih gurih, lho. Mungkin Anda juga pernah mencobanya di rumah makan Padang. Nah, kali ini yuk buat sendiri di rumah.

Sangrai kelapa parut sampai agak kuning, sisihkan. Iris daun bawang dan daun kunyit, sisihkan. Haluskan cabai merah, bawang merah, dan bawang putih. Kocok lepas tiga butir telur. Lalu, campur telur dengan tepung beras, kelapa parut, dan bumbu halus. Tambakan irisan daun bawang dan daun kunyit, beri garam dan merica. Aduk rata. Goreng adonan telur dadar. Balik telur saat bagian bawah telur telah kokoh bila dibalik. Masak hingga matang sempurna.

Baca Juga: Resep Telur Dadar Padang

3. Omelet Telur

Omelet telur enak

Omelet telur ini begitu spesial karena punya banyak isi? Rasanya jadi lebih gurih dan tentu lebih kaya nutrisi. Dengan isian tomat, bombay, sosis, jamur, paprika dan keju. Anda bisa sajikan omelet ini untuk menu sarapan kaya gizi.

Potong-potong jamur, paprika, tomat, sosis, dan bawang bombay. Dalam wadah, kocok telur bersama keju parut, susu cair,  garam, dan merica hingga rata. Panaskan minyak, tumis bawang bombai, paprika, jamur, dan sosis hingga harum dan jamur matang. Masukan tumisan bumbu ke dalam adonan telur. Masukan juga potongan tomat dan keju kotak-kotak. Tuang dalam wajan, masak dengan api kecil hingga matang.

Baca Juga: Omelet Telur

4. Martabak Telur

Anda pasti menyukai martabak telur. Rasa camilan ini memang banyak disukai masyarakat. Perpaduan telur, sayuran dan daging memang begitu gurih lezat. Penjual makanan populer ini sudah menjamur di mana-mana. Nah, sekarang waktunya untuk membuat sendiri martabak telur favorit Anda.

Buat kulitnya dahulu: Dalam wadah, aduk rata tepung, garam, dan minyak goreng. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan kalis. Bulatkan dan istirahatkan selama 5 menit. Siapkan mangkuk, tuang minyak goreng. Masukkan adonan tadi ke dalamnya dan rendam selama 30 menit.

Sekarang, buat isiannya: Tumis bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging ayam atau daging sapi cincang, aduk hingga berubah warna. Tambahkan  garam, gula, lada, dan sedikit air agar tidak terlalu kering. Masak hingga matang. Sisihkan hingga dingin.

Setelah adonan kulit dan isian selesai, kini saatnya mengolah martabak. Panaskan banyak minyak dalam wajan datar besar. Ambil adonan kulit, pipihkan adonan dengan menggunakan jari tangan hingga adonan melebar dan tipis. Tuang isian ke atas kulit martabak, lipat bentuk amplop. Goreng martabak ke dalam minyak panas, hingga matang dan keemasan kedua sisinya. Setelah matang, tiriskan dan potong martabak sesuai selera.

Baca Juga: Resep Martabak Telur

5. Orak Arik Telur Sayuran

Orak arik sayur sedap

Sajikan telur bersama beragam irisan sayuran. Resep orak arik sayuran berikut ini harus Anda coba! Panaskan minyak, lalu masukkan telur kocok. Aduk orak arik dan diamkan sampai telur setengah matang. Masukkan bawang merah, bawang putih, dan cabai yang sudah diiris tipis, tumis sampai wangi.

Masukkan potongan buncis dan irisan tipis memanjang wortel. Masak sampai sayur mulai matang, lalu masukan kol, aduk rata. Tambahkan garam, lada, dan kaldu bubuk. Aduk sampai matang seluruhnya. Koreksi rasanya sebelum disajikan.

Baca Juga: Resep Orak Arik Telur Sayuran

6. Tamagoyaki/Egg roll

Olahan telur yang diisi sayuran dan digulung hingga padat bisa membuat yang menyantapnya merasa lebih nikmat. Terasa padat dan mudah untuk disantap. Cara membuatnya juga mudah.

Potong-potong kotak kecil wortel, tomat, dan bawang bombay. Iris tipis daun bawang dan daun bayam. Kemudian, kocok lepas telur dan masukan semua sayuran tersebut. Beri garam dan lada, lalu kocok kembali hingga rata.

Panaskan minyak di atas wajan datar anti lengket. Tuang setengah bagian kocokan telur dan ratakan hingga seluruh permukaan wajan datar. Saat telur sudah setengah matang dan bagian atas telur masih basah, gulung telur ke salah satu sisi wajan, padatkan dengan ditekan perlahan. Tuangkan kembali setengah bagian telur ke wajan, lalu gulung kembali saat adonan setengah matang. Padatkan gulungan telur dengan sedikit menekannya di setiap sisi. Angkat dan potong-potong sesuai selera.

Baca Juga: Resep Egg Roll