Kapulaga mungkin terdengar asing di telinga kita ya. Sebab jarang sekali masakan yang menggunakan kapulaga sebagai bahan utamanya. Tapi ternyata rempah Indonesia yang berbentuk tanaman semak ini punya banyak khasiat loh. Kapulaga merupakan tanaman alami yang bisa digunakan menjadi obat tradisional. Gak cuma untuk penyakit berat, tetapi penyakit ringan pun bisa diobati dengan ramuan kapulaga. Hebatnya lagi, ramuan ini bisa kamu buat sendiri di rumah dengan bahan-bahan sederhana. Terus untuk mengobati apa saja sih kapulaga ini?

1. Meredakan Batuk

Iya, ramuan kapulaga memang paling banyak digunakan untuk meredakan batuk. Cukup cuci bersih kapulaga lalu rebus sampai mendidih. Air rebusan ini cukup kamu minum ketika masih hangat. Cara ini juga bisa diterapkan untuk anak-anak loh. Tapi mungkin anak-anak kurang suka dengan rasanya yang agak aneh ya.

2. Mengobati Radang Tenggorokan

Ewww, paling engga enak kalau radang tenggorokan sudah menyerang. Susah untuk menelan makanan, rasanya pun juga jadi hambar. Nah kamu bisa nih mencoba ramuan herbal dari kapulaga karena ternyata kapulaga juga bisa untuk meredakan sakit tenggorokan. Cukup ambil 10 butir kapulaga dan 5 cm kunyit, terus tumbuk kasar. Rebus dengan air mendidih. Kalau sudah matang dan dingin, minumlah ramuan ini dua kali sehari sebanyak satu gelas, pada pagi dan sore.

3. Menghilangkan Kembung

Duh, gak enak deh kalau masuk angin. Perut rasanya selalu penuh dan pasti bunyi-bunyi. Kalau pakai minyak angin gak mempan, kamu bisa nih membuat minuman hangat dari kapulaga. Caranya dengan merebus kapulaga yang sudah dicuci bersih bersama irisan jahe. Jumlah kapulaga dan jahe yang digunakan harus sebanding ya. Misalnya kamu menggunakan tiga biji kapulaga, gunakan juga tiga buah jahe. Rebus sampai air tinggal setengah. Cukup minum air rebusan ini sekali saja dalam sehari ya.

4. Menghilangkan Bau Mulut

Ternyata kapulaga merupakan antiseptik yang bisa menjadi penghilang bau mulut loh. Jadi setelah makan, kamu bisa mengunyah kapulaga ini selama beberapa saat. Kunyahan kapulaga ini bisa membersihkan gigi, gusi, dan jaringan mulutmu. Selain jadi bebas bau mulut, kamu juga akan merasakan sensasi segar setelah mengunyah ini. Setelah itu, jangan lupa untuk berkumur ya.

5. Mengobati Vertigo

Kamu tahu kan pusing yang bikin kamu serasa muter-muter dan kayak lagi gempa bumi? Kalau kamu pernah ngalamin itu, berarti kamu lagi kena vertigo. Jangan kaget, ternyata kapulaga pun bisa digunakan untuk mengobati vertigo lho. Kamu cukup mencampur bubuk kapulaga dengan minyak wijen, terus kompres jidat kamu dengan ramuan ini. Campuran ini bisa meningkatkan sirkulasi darah di otak sehingga vertigo bisa cepat hilang.

6. Menghilangkan Mual dengan Aromaterapi Kapulaga

Siapa bilang kalau kapulaga tidak bisa dijadikan minyak aromaterapi? Ini karena kapulaga punya kandungan atsiri yang sama seperti minyak esensial yang mudah menguap di suhu ruang. Nah minyak esensial kapulaga ini bisa kamu hirup kalau lagi mual. Ini juga terbukti secara ilmiah lho, pada 2013 lalu para peneliti dari studi Anestesi & Analgesia udah membuktikan kalau aroma minyak esensial seperti kapulaga, jahe, peppermint atau lemon bisa mengurangi rasa mual secara signifikan.