Penulis: Tia

Dari seluruh peralatan dapur, wajan datar atau frying pan anti lengket adalah yang paling sering saya gunakan. Frying pan sangat multifungsi, bisa untuk menumis, menggoreng, bahkan sesekali juga boleh digunakan untuk merebus. Oleh karena itu, keberadaan frying pan di dapur tidak boleh terlewatkan.

Kalau anda lihat di supermarket, frying pan tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk, dan bahan pelapis. Supaya tidak salah membeli, berikut tips memilih dan 5 rekomendasi frying pan terbaik untuk anda.

Tips memilih

1. Berlapis teflon, keramik, atau stainless steel?

Supaya tidak lengket, frying pan dilapisi oleh berbagai jenis bahan. Mulai dari teflon, keramik, dan juga bahan stainless steel. Setiap bahan pelapis ini memiliki keistimewaan dan kekurangannya masing-masing, yang bisa anda jadikan pertimbangan.

Frying pan berlapis teflon sangat mudah ditemukan. Harganya pun bervariasi dan cukup terjangkau. Dengan menggunakan frying pan berlapis teflon, anda tidak membutuhkan minyak goreng terlalu banyak karena makanan tidak mudah lengket. Namun, lapisan teflon ini cukup mudah terkelupas, tidak tahan api besar, dan cukup ringkih. Sehingga, kurang awet umur pemakaiannya.

Harga frying pan berlapiskan keramik dan stainless steel cenderung lebih mahal daripada teflon. Tetapi, frying pan keramik dan stainless steel ini daya tahannya lebih tinggi dan lebih awet, karena lapisannya tidak mudah terkelupas. Selain itu, frying pan keramik dan stainless steel juga dapat menghantarkan serta menyimpan panas dengan baik. Jadi, hemat gas dan makanan cepat matang merata.

2. Perhatikan ukuran frying pan yang dibutuhkan

Frying pan yang ada di pasaran, tersedia dalam berbagai macam ukuran. Ada yang berukuran kecil dengan diameter 12 cm untuk membuat pancake dan telur ceplok, ada juga yang berdiameter hingga 30 cm untuk menumis dan menggoreng dalam jumlah banyak.

Jika anda sudah berkeluarga, pilihlah frying pan dengan diameter minimal 28 cm agar bisa langsung memasak dalam jumlah banyak. Kalau anda suka membuat telur ceplok atau pancake, anda juga bisa membeli frying pan berdiameter 12 cm supaya hasil masakan memiliki bentuk yang cantik.

3. Gagang plastik, kayu, atau logam?

Tidak hanya ukuran dan bahan pelapis, gagang dari frying pan juga sangat bervariasi. Anda akan menemukan frying pan bergagang plastik, kayu, dan logam. Frying pan dengan gagang berbahan plastik dan kayu sangat aman digunakan. Sebab ringan, mudah digenggam, dan tidak menghantarkan panas.

Namun, gagang dengan bahan plastik dan kayu ini umurnya lebih singkat dari gagang berbahan logam. Walaupun jika dipakai lama dapat menghantarkan panas, gagang berbahan logam terpasang sangat kuat pada frying pan dan sangat mudah dibersihkan. Sehingga, tidak mudah berkarat.

5 rekomendasi frying pan terbaik

5. Maspion Mini Character Pan

Image: Lazada

Frying pan satu ini cocok sekali digunakan untuk membuat pancake atau telur ceplok untuk anak-anak. Memiliki berbagai bentuk yang cantik, seperti bintang, kelinci, dan strawberry, pasti dapat menambah selera makan mereka. Maspion Maslon Mini Character Pan dilapisi dengan teflon yang cukup tebal dan pastinya aman, sehingga awet dan makanan tidak lengket.

Harga: Rp 21.100

Lihat di Lazada DISKON: Maspion Maslon Mini Character Pan

4. IKEA Kavalkad Frying Pan

Image: Lazada

IKEA Kavalkad merupakan salah satu frying pan yang dilapisi classic teflon anti lengket. Ukurannya cukup standar, yaitu berdiameter 24 cm saja. Kelebihan lainnya, frying pan ini sangat kokoh dan tahan lama. Gagangnya terbuat dari plastik tebal yang nyaman digenggam, sehingga tidak akan menghantarkan panas. Kalau anda sedang belajar memasak, IKEA Kavalkad  adalah pilihan yang tepat.

Harga: Rp 84.900

Lihat di Lazada DISKON: IKEA Kavalkad Frying Pan

3. Oxone OX-30F Frypan

Image: Lazada

Sedang mencari frying pan berlapis keramik atau marble? Oxone OX-30F Frypan bisa jadi pilihan. Tidak hanya berlapis marble yang aman untuk kesehatan, ukuran frying pan ini pun sangat besar, yakni 30 cm. Bisa dipakai memasak untuk sekeluarga anda. Dengan frying pan ini, anda juga tidak perlu minyak terlalu banyak saat memasak, karena tidak lengket sama sekali.

Harga: Rp 238.000

Lihat di Lazada DISKON: Oxone OX-30F Frypan

2. Maxim Heritage Wajan Teflon 24 cm

Image: Lazada

Ukuran dari Maxim Heritage Wajan Teflon ini terbilang besar, yaitu berdiameter 24 cm. Sudah sangat cukup untuk menumis atau membuat 2 porsi nasi goreng. Frying pan ini dilapisi PTFE atau teflon yang bebas PFOA sebanyak 2 lapis. Jadi, sudah pasti tidak lengket dan aman juga bagi kesehatan.

Harga: Rp 354.000

Lihat di Lazada DISKON: Maxim Heritage Wajan Teflon Anti Lengket 24 cm

1. Lock & Lock Frying Pan Cook Plus Speed Size

Image: Lazada

Keunggulan dari Lock & Lock Frying Pan Cook Plus Speed Size adalah mampu menangkap dan menyebarkan panas lebih baik daripada frying pan lainnya. Jadi, tidak heran kalau memasak dengan frying pan ini, masakan anda akan lebih cepat matang.

Lock & Lock Frying Pan Cook Plus Speed Size dilapisi dengan teflon berkualitas yang aman. Untuk gagangnya, anda tidak perlu takut kepanasan karena sudah dilapisi dengan silikon.

Harga: Rp 355.000

Lihat di Lazada DISKON: Lock & Lock Frying Pan Cook Plus Speed Size

Pada dasarnya, hampir seluruh frying pan memiliki kualitas yang setara untuk memasak. Yang membedakan adalah ukuran serta bahan pelapisnya. Frying pan berukuran besar dan berlapis keramik sangat cocok untuk memasak sehari-hari buat keluarga. Sedangkan yang berukuran kecil dan berlapis teflon atau stainless steel lebih pas untuk memasak sewaktu-waktu supaya kualitasnya tahan lama.