Penulis: Dara.M | Editor: Ria

Banyak menu olahan yang dibuat dengan cara dibakar, misalnya sate, ikan bakar kecap. udang bakar madu, dan bakso bakar. Makanan yang diolah seperti ini akan memberi cita rasa unik yang bisa membuatnya jadi jauh lebih enak, seperti sensasi cita rasa asap dan bagian luar makanan yang kering ‘kriuk’ namun dengan bagian dalam yang ‘juicy.

Tapi banyak orang juga merasa kesulitan dalam mengolahnya, terutama dalam membakar ikan. Jika tak hati-hati, kulit dan dagingnya bisa menempel pada alat pembakar, sehingga akan sobek bahkan hancur. Kalau sudah begini, saya hanya bisa pasrah saja. Padahal, hasil bakaran akan terlihat cantik dan menggugah selera jika bentuknya utuh, mulus berwarna kecoklatan sempurna, dengan sedikit bagian hangus yang membentuk pola dari alat pembakar, dan bumbunya yang meresap hingga bagian dalam.

Sebelum mengetahui cara yang benar dalam membakar ikan, saya dulunya enggan untuk mengolahnya dan lebih memilih untuk membeli yang sudah jadi. Tetapi dari beberapa pengalaman kegagalan saya dahulu, saya sekarang jadi lebih paham bagaimana cara membakar ikan agar lezat dan tidak lengket lagi. Nah, sekarang saya akan membagikan tips agar ikan bakar memiliki citarasa yang enak dengan bumbu meresap hingga ke dalam dan tidak hancur. Yuk disimak.

1. Perhatikan Jenis Ikan

Tahukah kamu bahwa tak semua ikan dapat diolah dengan cara dibakar, lho. Kamu harus pilih jenis ikan yang memiliki daging tebal seperti ikan gurame, ikan bawal, ikan baronang, dan ikan kakap. Nah kalau saya sih, biasanya menggunakan ikan gurame dan bawal karena banyak yang menjualnya di pasar. Sebaiknya kamu juga hindari penggunaan ikan kembung karena dagingnya yang tipis dan sangat mudah hancur di atas panggangan. Bisa-bisa malah gagal bakar-bakarannya, deh.

2. Pilihlah Ikan Segar

Memang benar kalau bahan makanan yang masih segar pasti membuat hasil masakannya lebih enak. Oleh karena itu, pastikan ikan yang kamu beli benar-benar segar, ya. Kamu bisa cari tahu banyak mengenai ciri-ciri ikan segar disini. Akan lebih baik lagi jika kamu memilih ikan hidup yang kemudian baru dipotong setelah kamu beli.

3. Marinasi Ikan

Proses paling utama dalam menentukan citarasa ikan bakar adalah marinasi. Sebaiknya kamu lakukan beberapa jam sebelum pembakaran agar bumbunya lebih meresap. Cara sederhananya yaitu dengan merendam ikan dalam campuran air jeruk nipis dan garam untuk mengurangi aroma amis ikan. Jika ingin lebih lezat, kamu bisa tambahkan rempah-rempah yang dihaluskan seperti bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, dan kemiri. Tentunya disesuaikan dengan jenis masakan yang akan diolah, apakah ikan bakar kecap, ikan bakar ala padang, atau ikan bakar madu. Jangan lupa kerat kedua sisi badan ikan agar bumbunya meresap hingga bagian dalam dan masukkan ke wadah tertutup untuk disimpan ke dalam kulkas. Waktu marinasinya cukup selama 20 menit hingga 1 jam saja.

4. Olesi Ikan dan Panggangan dengan Minyak

Rasanya pasti sebal kalau lagi asyik bakar-bakaran, tapi pas diangkat kulit dan daging ikannya malah nempel di panggangan. Makanya, oleskan sedikit minyak pada ikan dan alat pemanggang sebelum dibakar. Tapi kalau bumbu yang kamu pakai sudah menggunakan minyak, maka sudah cukup. Selain minyak, kamu bisa juga menggunakan margarin.

5. Pembakaran

Untuk proses pembakaran, sebaiknya kamu menggunakan alat penjepit khusus untuk ikan bakar agar lebih mudah saat membaliknya. Jangan lupa untuk beberapa kali mengolesi ulang bumbu ke permukaan ikan saat proses pembakaran. Diamkan ikan selama 5 menit di atas panggangan, sebelum kamu membaliknya. Dan lakukan hal yang sama untuk sisi ikan satunya, supaya tekstur luar ikan bisa krispi. Maksimal lama pembakaran sebaiknya cukup 10 menit saja, supaya daging ikan tidak kering dan tetap lembut.

Bisa juga pakai wajan datar yang anti lengket agar tekstur ikan tetap utuh dan cantik. Salah satu wajan datar terbaik adalah keluaran Oxone ini.

Image: Lazada

Oxone OX-30F Frypan berlapis marble yang aman untuk kesehatan. Ukuran frying pan ini pun sangat besar, yakni 30 cm. Bisa dipakai memasak ikan dengan merata disemua sis. Dengan frying pan ini, anda juga tidak perlu minyak terlalu banyak saat memasak, karena tidak lengket sama sekali.

Setelah tahu, tak perlu lagi kan menghindari olahan ikan bakar di rumah. Kamu bisa mengolah ikan bakar dengan rasa yang lezat dan bentuk utuh sempurna. Ikan bakar ini paling enak disantap dengan menggunakan nasi panas mengepul, cocolan sambal, dan juga lalapan segar. Mantap!