(Image: Shutterstock)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Waktu itu, saya menonton MasterChef episode babak eliminasi. Para peserta berlomba untuk membuat dessert yang cukup sulit dalam waktu yang cukup singkat. Salah seorang peserta terlihat panik dan berkali-kali menjatuhkan bahan serta peralatan masak. Mejanya berantakan sekali dan ia sendiri kerap bingung apa yang harus dilakukan berikutnya.

Jujur, hal itu jadi menyadarkan saya akan pentingnya keteraturan saat masak. Terlepas dari kompetisi, saya pribadi kerap pusing kalau melihat dapur berantakan saat masak. Rasanya jadi tak fokus, lalu melupakan bahan atau bumbu tertentu, yang akhirnya mempengaruhi rasa masakan. Tak mau hal tersebut terjadi, kan? Makanya, cek tips berikut ini!

1. Persiapkan semua bahan dan bumbu dalam wadah

Kalau anda perhatikan dalam video atau demo masak, bahan dan bumbu untuk memasak biasanya sudah ditakar dan dipersiapkan dalam wadah atau mangkok. Jadi, proses memasaknya lebih praktis karena tinggal mencampurkan bahan dan bumbu secara langsung. Nah bagi pemula seperti saya, cara ini cukup efektif supaya dapur tetap rapi dan praktis saat memasak.

2. Pisahkan bahan/bumbu utama dan tambahan

Resep-resep masakan umumnya membagi kategori bahan dan bumbu sesuai kebutuhan, yakni ada bahan/bumbu utama dan tambahan. Misalnya kita akan buat sate padang, maka pisahkan bahan dan bumbu utama seperti daging, serai, dan daun aromatik dengan bahan sausnya (tambahan) yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, lengkuas, dan lainnya. Dengan begitu, anda tak perlu bingung dan menakar ulang bahan atau bumbu yang diperlukan.

3. Lakukan langkah memasak secara bertahap

Kalau sedang semangat memasak, saya biasanya berlaku bak koki handal yang bisa multi-tasking. Saya pernah menumis sekaligus memotong bahan secara bersamaan. Padahal sebagai pemula, sebaiknya lakukan langkah memasak secara bertahap. Awali dengan mencuci bahan, memotong atau memproses bahan, dan terakhir dimasak. Tak perlu memasak ala profesional, daripada panik dan prosesnya jadi tak maksimal, kan?

4. Siapkan wadah untuk “tempat sampah sementara”

Meskipun kita sudah ekstra hati-hati, kadang tanpa sadar ada beberapa bahan dan bumbu yang tercecer di permukaan meja dapur, seperti tepung misalnya. Atau lokasi tempat sampah cukup jauh dari jangkauan sehingga cangkang telur, kupasan kulit bawang, dan lainnya tersebar di atas meja. Supaya lebih rapi, sediakan sebuah wadah untuk menampung sampah-sampah kecil di atas meja dapur, ya.

5. Langsung taruh wadah bekas ke bak cucian

Kalau bahan dan bumbu sudah tercampur semua, berarti tinggal wadah dan mangkuk bekasnya, ya. Daripada menumpuk dan membuat meja dapur terkesan “penuh”, langsung taruh wadah atau mangkuk bekas bahan/bumbu ke bak cucian. Namun pastikan dulu wadah atau mangkuk tersebut tak akan dipakai lagi, ya.

Sekarang memasak tak perlu ribet karena banyaknya perkakas dan bahan berserakan. Dengan dapur yang lebih rapi, pastinya anda bisa lebih konsen memasak dan hasilnya pasti lebih memuaskan. Selamat mencoba!