Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Di rumah, saya cukup sering membuat makanan bersantan. Citarasa santan yang khas dan  gurih akan semakin membangkitkan selera makan keluarga saya. Dibanding menggunakan santan instan, saya lebih suka memeras santan langsung dari kelapa. Memang cukup ribet, tapi kelezatan hasil masakan akan membayar semuanya.

Proses membuat santan ini tidak sulit ataupun melelahkan. Justru proses setelahnya yaitu membersihkan alat pemarut inilah yang tricky buat saya. Sisa daging kelapa sudah pasti memenuhi permukaan parutan. Jika diseka dengan tangan, akan sulit dan takut melukai. Jika menggunakan spons, malah mengoyak dan hasilnya tidak maksimal. Tapi jika dibiarkan, sisa parutan akan terus menempel dan jadi sarang kuman. Apalagi parutan besi juga mudah berkarat.

Sering berkutat dengan hal ini, akhirnya saya temukan trik untuk membersihkan parutan besi secara tuntas. Bukan hanya kotoran, cara di bawah ini juga bisa anda coba untuk membasmi karat yang sering muncul.

1. Gunakan roti kering

Siapa sih yang tidak suka roti kering? Selain enak, teksturnya juga renyah. Tapi tak hanya itu saja, roti kering ternyata bisa digunakan untuk membersihkan parutan besi lho. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mengambil satu buah roti kering, lalu parut roti kering tersebut di parutan. Secara otomatis, kotoran yang menyangkut di parutan akan terangkat bersama dengan remah-remah roti yang terparut.  Anda pun tinggal membilas parutan besi dengan air dan dicuci seperti biasa.

2. Gunakan singkong

Jika tidak dibersihkan dengan baik, parutan besi anda akan mudah berkarat dan rentan jadi sarang kuman. Tapi tenang saja, anda bisa kok dengan mudah menghilangkan karat tersebut. Ambil sepotong singkong yang sudah dikupas, kemudian parut singkong tersebut pada parutan besi yang berkarat. Diamkan parutan sekitar satu jam, cuci, dan olesi dengan minyak goreng. Diamkan kembali selama beberapa saat lalu cuci kembali parutan besi. Jangan lupa keringkan parutan besi yang sudah dicuci agar parutan tidak kembali berkarat.

3. Rendam parutan besi

Jika anda tidak memiliki bahan-bahan di atas, anda juga bisa membersihkan parutan besi dengan merendamnya dalam air bersih atau air sabun. Air akan melunakkan kotoran yang menempel dalam parutan, sehingga nanti kotoran akan terlepas sendiri dari parutan. Selanjutnya, anda tinggal mencuci parutan seperti biasa.

4. Gunakan sabut besi

Jika anda biasa membersihkan peralatan masak dengan spons cuci piring yang lembut, maka anda harus menggunakan cara yang berbeda untuk mencuci parutan besi. Pastikan gunakan sabut besi khusus cuci piring untuk membersihkan parutan anda, karena sabut besi akan mengangkat kotoran lebih baik.

5. Lapisi parutan dengan plastik

Salah satu cara mudah dan terbilang unik agar parutan tetap bersih adalah melapisinya dengan plastik bening atau plastik es. Lapisan plastik bisa menghalangi bahan makanan bersentuhan langsung dengan parutan, sehingga makanan tidak akan menempel pada parutan. Meski begitu, sebelum mulai memarut, pastikan plastik sudah merekat kuat dan menembus seluruh gigi parutan. Jika masih ada bagian plastik yang keluar, dikhawatirkan plastik tersebut malah akan ikut terparut dan bercampur dengan bahan makanan.

Sangat mudah dipraktikkan, bukan? Tidak ada lagi deh cerita parutan masih kotor meski sudah dicuci sabun.

5 Tips Jitu Membersihkan Parutan Besi dengan Tuntas
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)