Penulis: Graminda | Editor : Atsa

Sedari dulu, saya dan keluarga adalah penikmat ceker sejati. Kalau di rumah ada sop ceker, pasti saya habiskan dalam sekejap. Makanya, ibu saya selalu beli ceker ekstra supaya anggota keluarga lain bisa ikut cicipi.

Penggemar ceker selalu punya ide kreatif untuk mengolahnya. Bukan cuma sop atau soto, ceker juga bisa diolah menjadi ceker pedas, seblak, bahkan dim sum. Bahan yang ekonomis ini pun berubah jadi hidangan yang isimewa dan lezat!

Baca Juga: 4 Tips Agar Ceker Empuk dan Tidak Amis

1. Seblak Ceker

seblak ceker

Berawal dari seblak Bandung yang viral, ternyata jajanan ini lebih enak kalau ditambah ceker. Pedas-gurih kuah seblak meresap sempurna dalam ceker dan kerupuk. Sampai rasanya tulang ceker juga ingin dimakan!

Bahan seblak ceker adalah kerupuk, cabe rawit, cabai merah, bawang putih, dan sedikit kunyit. Pertama, tumis bumbu halus dan penyedap. Tambahkan sedikit air. lalu, masukkan ceker dan kerupuk yang sudah direbus. Terakhir, tinggal tunggu kuah menyusut dan matang.

Coba Resep: Resep Seblak Ceker Terfavorit dan Sederhana

2. Ceker Ayam Pedas

ceker pedas

Cemilan ceker ayam pedas cocok disajikan saat kumpul bersama teman atau keluarga. Dijamin, anda akan ketagihan melahap hidangan pedas yang satu ini. Walau pedas, tapi tidak mau berhenti!

Agar tidak amis, ceker direbus terlebih dulu. Kemudian, tumis bersama bumbu halus. Bumbu halusnya terdiri dari bawang, kencur, cabai merah, dan cabai rawit. Lalu beri tambahan kecap, air, dan daun jeruk. Saat sudah matang, ceker ayam pedas bisa langsung disantap.

Coba Resep: Ceker Ayam Pedas Legit dan Nikmat

3. Dim Sum Ceker

ceker ayam dimsum oriental

Dim sum adalah masakan khas oriental yang populer di Indonesia. Jika dim sum biasanya berupa kulit pangsit yang diberi isi, jenis yang satu ini jelas berbeda. Rasanya manis-gurih dengan kenikmatan yang tidak tertandingi.

Supaya empuk, ceker harus dipresto selama 30 menit terlebih dulu. Kemudian, tumis ceker bersama bumbu halus dan jahe. Bumbu halusnya cukup bawang, cabai merah, dan cabai rawit saja kok. Beri tambahan kecap asin, saus tiram, minyak wijen, dan penyedap. Tambahan juga sedikit air, lalu tunggu hingga bumbu terserap.

Salah satu presto terbaik degan harga terjangkau adalah Oxone OX-2008 Pressure Cooker (lihat di Lazada). Oxone OX-2008 ini terbuat dari bahan stainless steel yang kokoh, serta memiliki sistem pengaturan tekanan uap dan panas yang baik, sehingga sangat aman untuk digunakan. Pasti berguna, deh!

Image: Lazada

Coba Resep: Resep Dim Sum Ceker Istimewa khas Oriental

4. Soto Ceker

soto ceker gurih

Soto ceker adalah masakan simpel yang praktis dan mudah dibuat. Tanpa santan, kuahnya tetap gurih dan segar. Apalagi ada tambahan jeruk nipis, mantap segarnya!

Untuk bikin soto ceker, kaki ayam ini harus direbus dua kali. Rebusan pertama agar bau amis hilang. Sedangkan rebusan kedua untuk bikin kuah kaldu.

Nah, masukkan bumbu halus, kaldu, daun bawang, seledri, dan daun jeruk pada air rebusan kedua. Masak hingga harum dan matang. Kuah soto yang segar dan gurih siap dituang ke piring anda.

Coba Resep: Soto Ceker Segar Kuah Mantap

5. Sop Ceker

Sop ceker segar

Ini adalah makanan favorit saya! Disantap bersama kerupuk dan sambal terasi, kelezatannya bisa naik jadi dua kali lipat, lho.

Cara bikinnya pun sangat mudah. Anda hanya perlu rebus ceker bersama tumisan bawang putih, daun bawang, daun seledri, dan jahe. Setelah ceker agak matang, masukkan penyedap serta sayur. Selesai sudah, sop ceker sedap dan praktis bisa langsung anda nikmati.

Coba Resep: Sop Ceker Sedap dan Praktis

Kini, ide resep masakan ceker anda sudah bertambah. Jadi, jangan masak ceker goreng melulu, ya. Tips terakhir, rebus ceker dengan panci presto agar hemat waktu dan lebih empuk. Selamat mencoba!

5 Resep Ceker Istimewa nan Praktis & Lezat
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 4 (80%) 5 votes