Penulis : Atsa

Meski makanan pokok orang Indonesia adalah nasi, namun mie juga sering dijadikan makanan pokok pengganti nasi yang sangat digemari.

Selain mie instan yang sudah mengandung bumbu, mie telur yang bumbunya harus dibuat sendiri juga sering dipilih sebagi alternatif olahan mie yang lebih sehat.

Mie telur mudah sekali ditemukan di warung dan toko swalayan, harganya jauh lebih murah dan porsinya lebih banyak. Meski tanpa bumbu, jangan bingung untuk mengolahnya. Berikut kami sajikan 5 resep spesial untuk mengolah mie telur yang super lezat.

1. Mie Godog

Mie godog atau mi Jawa merupakan nama lain dari mie telur yang dimasak dengan bumbu khas. Hidangan ini mudah diolah dan resepnya begitu simpel, namun rasanya begitu gurih dan lezat, apalagi jika disajikan panas-panas. Selain itu, ciri khas dari mie godog yaitu pada suwiran daging ayam kampung dan telur yang direbus bersama kaldu kuah mie saat dimasak.

Untuk membuatnya, pertama tumis bawang putih, kemiri, dan bawang merah yang sudah dihaluskan. Masukan irisan bawang bombay. Makin nikmat jika bawang putih digeprek saja supaya sarinya keluar. Tumis hingga harum, jangan sampai terlalu matang atau gosong.

Didihkan sepertiga kaldu, masukan sayuran seperti wortel, kol dan sawi, masak hingga setengah matang. Tambahkan telur, masak dan aduk hingga berbulir. Telur juga berguna sebagai pengental dan memberikan rasa gurih kuah, sehingga rasanya semakin nikmat.

Tuang sisa kaldu, masukkan mie dan suwiran ayam, masak kembali. Beri bumbu gula, garam, kecap manis, dan merica. Masukan seledri, irisan tomat dan daun bawang, masak hingga matang dan cek rasanya. Sajikan panas-panas dengan taburan bawang merah goreng dan acar.

Baca Juga : Mie Godog Jawa

2. Mie Goreng Jawa

Menu yang satu ini adalah versi goreng atau tanpa kuah dari mie Jawa. Rebus mie telur dan sayuran seperti wortel, daun bawang, dan irisan daun kol dengan air mendidih sampai matang. Tiriskan, dan sisihkan sejenak.

Panaskan minyak, lalu tumis bawang putih, bawang merah, dan kemiri yang dihaluskan sampai harum. Masukkan udang, bakso, dan suwiran daging ayam, masak sampai berubah warna.

Tambahkan telur kocok (scramble egg), lalu masukan kembali rebusan sayuran. Beri bumbu garam, gula, dan merica. Masak sampai matang dan cek rasanya. Sajikan hangat-hangat dengan taburan bawang goreng.

Baca Juga : Resep Mie Goreng Jawa

3. Nasi Goreng Mawut

Jika berkunjung ke warung mie Jawa, biasanya juga disajikan menu perpaduan nasi goreng dan mie jawa yang disebut Magelangan, atau nasi mawut. Disebut demikian karena hidangan ini khas kota Magelang, dan memiliki tampilan yang “semrawut” atau terlihat berantakan karena campuran mie dan nasi.

Membuatnya tidak sulit, Anda bisa mempraktikannya sendiri di rumah. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus bawang putih, bawang merah, kemiri, dan merica hingga harum. Masukkan orak-arik telur, sayuran dan ayam suir, aduk rata. Tambahkan nasi dan mie telur, bumbui dengan garam, gula, merica dan kecap, aduk rata. Beri irisan daun bawang dan cabai jika suka, masak kembali dan cek rasanya. Siap disajikan.

Baca Juga : Nasi Goreng Mawut

4. Pizza Mie Telur

Rebus mi telur dalam air mendidih hingga setengah matang, kemudian tiriskan, tambahkan kecap manis secukupnya, dicampur hingga merata

Tumis bumbu halus bawang putih, merah dan kemiri hingga harum, masak sebentar bersama mie. Beri bumbu gula, garam dan kecap manis, aduk rata sebentar lalu sisihkan.

Siapkan wadah, kocok telur dan masukkan irisan daun bawang dan cabe, beri merica bubuk dan kaldu bubuk. Campur dengan mie telur yang sudah dimasak hingga merata.

Panaskan teflon dengan sedikit minyak, goreng adonan dengan api kecil, setelah kecoklatan di satu sisi, balik adonan tersebut perlahan, jangan sampai pecah. Setelah terasa padat dan terlihat matang merata, sisihkan.

Oles tipis saus di atasnya, beri topping sesuai selera, seperti irisan bakso, sosis, atau daging cincang. Taburi keju di atasnya, potong-potong seperti pizza, sajikan.

5. Sosis Gulung Mi Telur

Rebus mie telur sebentar saja, hanya setengah matang atau supaya mie tidak keras lagi sehingga bisa dibentuk, tiriskan. Dalam wadah, campur kocokan telur dengan bawang putih dan bawang merah yang dihaluskan. Beri bumbu garam dan merica, sisihkan.

Potong sosis menjadi 2 bagian, gulung dengan mie telur. Masukan kedalam telur yang sudah dibumbui, goreng deep frying hingga keemasan. Tiriskan setelah matang hingga minyaknya turun, sosis gulung mie telur siap dinikmati dengan saus sambal.