Penulis : Atsa

Kita tahu bahwa sayur harus dikonsumsi setiap hari, namun terkadang kita bingung harus diolah jadi apa. Misalnya Anda membeli seikat kacang panjang, kalau satu ikat haya dimasak satu resep untuk beberapa hari pasti bosan kan?

Berikut kami sajikan 5 rekomendasi resep untuk mengolah kacang panjang yang bisa Anda pilih. Sesuaikan dengan kesukaan keluarga Anda, ya.

1. Tumis Kacang Panjang

Salah satu cara cepat namun lezat dalam mengolah sayur yaitu dengan menumisnya. Tumis kacang panjang wajib Anda coba di rumah, rasa gurih wangi dari bumbu yang ditumis bersama kacang panjang bisa meningkatkan nafsu makan keluarga.

Buat anak yang kurang suka sayuran, rasa tumis kacang panjang biasanya lebih memikat, lho. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang masih renyah jika diolah secara tepat bisa bikin keluarga yang nggak doyan sayur jadi cocok dengan menu satu ini.

Membuat tumis kacang panjang sangat mudah. Tumis bawang putih, bawang merah, lengkuas, cabai dan daun salam hingga harum. Masukkan bahan-bahan utama, lalu tumis hingga matang merata.

Anda bisa menambahkan potongan tempe bersama dengan tumisan kacang panjang. Buat anak yang nggak suka sayur, Anda bisa memikatnya dengan mencampurkan udang atau telur puyuh dalam tumisan kacang panjang.

Baca Juga : Resep Tumis Kacang Panjang

2. Gado Gado

Kacang panjang juga bisa diolah bersama sayuran lain menjadi gado-gado. Menu yang satu ini sangat sehat dan mudah dibuat karena sayuran cukup direbus saja.

Sayuran yang sudah direbus kemudian dicampurkan jadi satu dan dituang di atas piring saji. Beberapa potongan tahu dan tempe, serta telur mata sapi juga bisa ditambahkan. Siram dengan sambal kacang yang dimasak bersama santan, sajikan bersama kerupuk supaya semakin nikmat.

Baca Juga : Resep Gado Gado

3. Pecel Sayur

Kacang panjang juga bisa diolah bersama beragan sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan daun kemangi menjadi pecel sayur. Sekilas memang bahannya hampir sama dengan gado-gado, yang membedakan adalah sambal kacangnya.

Sambal kacang untuk pecel tidak menggunakan santan, dan beberapa bumbu campurannya juga berbeda. Supaya lebih jelas, lihat baca juga resep pecel dari ResepKoki.

Baca Juga : Resep Pecel Sayur

4. Sayur Asem Jawa Timur

Sayur asem jawa timur pedas

Kacang panjang juga bisa dimasak menjadi sayur asem bersama dengan sayuran lainnya seperti labu siam, kangkung, dan jagung muda.

Sayur dengan citarasa kuah yang asem segar dan manis ini memang selalu jadi favorit banyak orang. Dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, asam jawa dan lainnya, sayur ekonomis ini bisa diolah oleh siapa saja.

Berbeda dengan sayur asem dari daerah lainnya, kuah sayur asem Jawa Timur lebih bening dan aromanya juga lebih ringan dibandingkan. Pas sekali untuk dinikmati bersama nasi putih, sambal terasi, tempe goreng dan ikan asin.

Baca Juga : Resep Sayur Asem Jawa Timur

5. Sayur Lodeh

sayur lodeh

Yang jadi favorit orang-orang dewasa di rumah, kacang panjang juga lezat diolah jadi sayur lodeh. Anda juga bisa menambahkan sayur lainnya seperti bayam, labu siam, dan terong.

Menu sayur berkuah santan ini sangat gurih dan segar. Berikan sedikit irisan cabai supaya ada sedikit rasa pedas yang menambah kenikmatan lodeh Anda.

Membuatnya tidak terlalu sulit. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, garam dan gula. Masak bersama santan yang sudah disiapkan. Lalu, masukan kacang panjang dan sayuran lainnya. Masak hingga matang dan koreksi rasanya. Setelah itu angkat.

Baca Juga : Resep Sayur Lodeh

Itulah beberapa resep yang bisa Anda kreasikan untuk mengolah kacang panjang. Kacang panjang memiliki tekstur yang kering renyah, sehingga membuat kacang panjang bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama. Jadi, Anda bisa banyak berkreasi dengan stok kacang panjang di rumah. Selamat mencoba.