Penulis: Windy

Pepaya adalah buah paling murah dan mudah didapat. Apalagi di Indonesia, sangat mudah mendapatkannya, bahkan menanamnya pun mudah. Banyak orang memanfaatkan pepaya untuk mengatasi masalah pencernaan karena kandungan serat yang tinggi.

Memakan pepaya tanpa diolah sudah sangat enak dan manis. Tapi kelezatan pepaya akan lebih meningkat jika diolah menjadi berbagai dessert yang menggoda.

Baca juga: 4 Manfaat Baik Buah Pepaya

1. Pepaya Panggang

loveandduckfat.com

Nama menunya cukup membuat bingung ya, grilled papaya. Sekarang, tidak hanya daging tapi buah pun bisa dipanggang dan dijadikan hidangan penutup. Rasa pepaya panggang ini manis, enak dan unik lho.

Cara membuat pepaya panggang pun mudah. Potong melingkar pepaya dengan ketebalan 2 cm. Lalu lumuri kedua bagian pepaya dengan campuran madu, perasan jeruk, jahe, dan sereh. Setelah semua permukaan rata grill pepaya selama 2-3 menit setiap sisinya. Selesai memanggang pepaya, sajikan pepaya dengan gelato agar lebih enak.

2. Puding Pepaya

foodtolove.com.au

Berbeda dengan puding lainnya, puding pepaya ini ditambahkan sagu. Tekstur sagu yang lengket membuat rasanya khas, ditambah dengan pepaya yang membuat semakin segar.

Membuatnya pun seperti puding kebanyakan, masukkan sagu, santan, gula, dan air. Lalu panaskan dengan api sedang selama 15 menit. Tunggu sagu mengeras dan transparan, lalu dinginkan. Setelah itu, adonan yang sudah dingin dimasukkan ke dalam gelas dan tambahkan campuran pepaya serta jeruk diatasnya. Tutup gelas dan dinginkan selama 2 jam.

Coba resep: Resep Puding Pepaya

3. Pepaya Halwa

timesofindia.com

Pepaya halwa merupakan menu dessert India yang mudah. Membuat pepaya halwa hanya membutuhkan waktu 25 menit dan sedikit bahan-bahan. Karena ini makanan India, anda perlu menambahkan ghee.

Pertama, kupas kulit pepaya lalu potong dadu. Setelah itu panaskan 1 sendok ghee dan masukkan pepaya. Aduk pepaya selama 10 menit hingga keluar sarinya. Lalu hancurkan pepaya, tambahkan gula, dan masukkan susu dan aduk selama 10 menit. Kemudian tambahkan bubuk kapulaga dan campuran kacang mete, kismis, dan ghee yang sudah digoreng.

4. Pepaya Bars

monicaswanson.com

Pepaya bars mirip dengan bars yang dijual dipasaran. Tapi kali ini anda dapat membuatnya sendiri, lho. Selain bisa menambahan buah kesukaan, anda pun bisa mengkreasikannya.

Bahan utama yang anda butuhkan adalah tepung serbaguna dan pepaya. Pertama, campurkan tepung, garam dan gula aren ke dalam food processor. Lalu tambahkan butter dan aduk hingga rata. Kemudian pindahkan adonan ke loyang dan oven selama 15 menit. Setelah itu tambahkan campuran puree pepaya, telur, madu, perasan lemon ke atas adonan dan oven selama 20-25 menit.

5. Pepaya Panggang Jahe

www.geniuskitchen.com

Hidangan penutup khas Malaysia ini sangat unik. Pepaya yang manis dipadukan dengan sirup jahe yang hangat. Pepaya dibelah dua lalu dibersihkan dari bijinya dan diisi isian.

Membuat isiannya cukup mudah. Air jeruk nipis, kulit jeruk nipis, gula, krim diaduk hingga tercampur rata. Lalu tambahkan jahe yang dipotong korek api, kismis dan biskuit yang telah hancur. Setelah itu masukkan isian kedalam pepaya dan taburkan sirup jahe serta kacang cincang. Panggang selama 25 menit dan hidangkan dengan es krim.

Baca juga: Cara Memilih dan Mengkonsumsi Pepaya yang Baik dan Tepat

Selain dimakan begitu saja, ternyata pepaya bisa diolah menjadi berbagai makanan penutup ya. Jadi, olahan pepaya mana dulu yang akan dibuat? Halwa pepaya sangat menggiurkan ya sepertinya. Selamat mencoba!

5 Resep Dessert dari Buah Pepaya
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)