Penulis: Windy

Siapa yang tidak suka mangga? Rasa manis serta tekstur yang lembut bikin mangga jadi buah tropis paling disukai. Ditambah warna kuningnya yang cerah, buat kita jadi makin tergoda untuk mencicipi.

Tanpa diolah pun mangga memang sudah enak. Tapi, tidak ada salahnya kalau dibikin dessert, kan? Dijamin lebih segar dan lezat!

1. Sorbet Mangga

mychocoindonesia.com

Sorbet adalah es yang terbuat hanya dari puree buah-buahan. Tanpa ditambah bahan lain, sorbet mampu buat anda ketagihan, lho! Nah, ternyata buah yang paling banyak diminati untuk dijadikan sorbet adalah mangga.

Cara membuat sorbet sangatlah mudah. Pertama, masukkan mangga yang sudah dipotong-potong, air lemon, dan gula bubuk ke dalam blender. Campur hingga benar-benar halus. Lalu, tuang ke dalam wadah. Sebelum disajikan, simpan sorbet ke dalam freezer selama 6 jam, ya.

Coba Resep: Resep Sorbet Buah

2. Puding Mangga

Tak hanya anak kecil, orang dewasa pun suka akan puding. Alasannya, karena puding kenyal dan mudah dimakan. Walaupun banyak buah yang bisa dibikin puding, mangga tetap jadi primadona. Sebab, rasa manisnya ringan dengan sedikit rasa asam.

Saring terlebih dulu mangga yang sudah diblender bersama susu cair. Lalu, masukkan campuran tersebut dalam panci dan tambahkan agar-agar, gula pasir serta garam. Masak hingga mendidih kemudian tuang dalam cetakan. Tunggu hingga puding dingin sebelum dimasukan dalam kulkas.

Coba Resep: Resep Puding Mangga

3. Mangga Popsicles

cookingstoned.tv

Popsicles atau es loli adalah hidangan penutup yang paling digemari oleh anak-anak. Agar lebih menyehatkan, es loli acap kali dipadukan dengan buah-buahan. Makanya, es loli sering dijadikan trik oleh orang tua agar anaknya mau makan buah.

Tidak sulit, anda cukup menghaluskan buah mangga matang dengan juicer atau blender. Lalu, tuang ke dalam cetakan. Tambahkan juga beberapa potongan mangga. Setelah itu, masukkan ke dalam freezer dan tunggu hingga beku.

4. Mangga Mousse 

mylatinatable.com

Dessert asal Prancis ini adalah hidangan penutup populer di beberapa restoran atau hotel. Kelembutan dan manisnya mangga mousse cup bikin kita ingin menyantapnya berulang kali.

Potong mangga lalu blender bersama susu cair hingga halus. Kemudian, tambahkan krim dan gula pasir.

Dalam wadah terpisah, masak agar-agar hingga mendidih dan dinginkan. Setelah dingin, campurkan dan aduk adonan yang sudah dihaluskan dengan agar-agar. Terakhir, tuang dalam gelas dan taruh mangga, diatasnya. Sajikan saat dingin, ya!

5. Mango Sticky Rice

mango, sticky, rice

Hidangan penutup khas Thailand ini sangat terkenal beberapa waktu lalu. Mango sticky rice adalah olahan mangga yang berpadu gurihnya beras ketan, plus siraman kuah santan kental. Rasanya yang unik buat kawula muda menyukai jajanan ini.

Pertama, masak beras ketan dengan santan dan gula selama 30 menit. Setelah beras ketan matang, buatlah kuah santan. Kuah tersebut terbuat dari santan, air, daun pandan, gula, garam, dan maizena yang dimasak hingga kental.

Setelah semuanya matang, tata ketan dengan mangga dan siram dengan kuah santan.

Coba Resep : Mango Sticky Rice

Selain enak, semua dessert diatas sangat mudah dibuat, lho. Jadi, dessert mana yang mau anda bikin dulu? Saran saya, mulai dari mangga popsicles saja. Segarnya mantap!

5 Aneka Resep Dessert Mangga yang Lezat
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)