Penulis: Tia

Oven listrik merupakan salah satu alat elektronik dapur yang sebaiknya anda miliki. Apalagi untuk anda yang suka berkreasi dalam memasak. Dengan oven listrik, anda bisa membuat kue, memanggang aneka makanan, hingga membuat masakan daging BBQ.

Untuk mendapatkan oven listrik yang terbaik, anda harus benar-benar jeli dalam membelinya. Berikut 3 tips untuk membeli oven listrik dan 5 rekomendasi oven listrik terbaik sesuai kebutuhan anda.

Baca juga: Mengenal Oven Tangkring, Listrik, dan Gas

Tips membeli oven listrik

1. Cek daya listrik, kapasitas, dan material oven

Ada 3 spesifikasi penting yang wajib anda perhatikan saat akan membeli oven listrik, yaitu daya listrik, kapasitas, dan material pembuatnya. Rata-rata, oven listrik memang membutuhkan daya cukup besar. Minimal 400 watt untuk penggunaan 1 elemen panas. Oleh karena itu, sebelum membeli, cek kembali daya listrik di rumah anda. Sesuaikan dan pilih yang serendah mungkin supaya biaya listrik tidak jadi mahal.

Berikutnya, kapasitas oven juga perlu diperhatikan. Beli oven listrik yang kapasitasnya mampu memenuhi kebutuhan memanggang anda. Kalau anda sering memanggang kue atan memanggang daging, pilih oven listrik yang kapasitasnya setidaknya 18  liter dan memiliki 2 tingkat rak.

Terakhir yang tidak boleh dilupakan adalah material pembuat oven. Sebaiknya, pilih oven listrik yang terbuat dari bahan stainless steel agar mudah dibersihkan dan tahan lama karena anti karat.

2. Pilih oven listrik dengan pemanas atas dan bawah

Setiap oven listrik memiliki variasi sendiri untuk elemen pemanasnya. Ada yang hanya di bawah, ada yang hanya di atas, dan ada juga yang memiliki keduanya. Supaya lebih praktis dan hemat, pilihlah oven listrik dengan elemen pemanas atas dan bawah sekaligus. Harganya memang lebih mahal sedikit. Namun, lebih multifungsi. Dan pastinya, makanan dapat matang merata dengan lebih baik.

3. Pastikan fungsi pemanas dan suhu berfungsi dengan baik

Kalau tidak ada panas yang keluar, jelas oven listrik tidak akan mampu memanggang dan mematangkan makanan. Oleh karena itu, saat akan membeli, jangan lupa untuk memastikan elemen pemanas berfungsi dengan baik. Coba juga elemen pemanas di berbagai tingkatan suhu, sekaligus untuk mengecek apakah fitur pengatur suhu berfungsi atau tidak.

5 rekomendasi oven listrik terbaik

5. Kirin Oven Listrik KBO-90M

Image: Lazada

Ingin punya oven listrik tapi budget terbatas? Kirin Oven Listrik KBO-90M ini adalah jawabannya. Dengan harga sekitar 300ribu-an, anda sudah mendapatkan oven listrik dengan pemanas atas-bawah, fitur timer dengan bel, lampu indikator, dan fitur pengaturan suhu hingga 250℃.

Dari segi kapasitas, oven listrik ini memang sangat kecil, yakni hanya 9 liter saja. Namun, sudah sangat cukup jika penggunaannya hanya untuk memasak skala rumah tangga.

Harga: Rp 350.000

Daya listrik: 600 watt

Beli di Lazada: Kirin Oven Listrik KBO-90M

4. Cosmos Oven Toaster CO-9919R

Image: Lazada

Oven listrik dari Cosmos ini sangat cocok bagi anda yang membutuhkan oven berkapasitas besar dengan harga terjangkau. Dengan kapasitas 19 liter, Cosmos Oven Toaster CO-9919R mampu menampung hingga 4 tingkatan rak dan bahkan memanggang 1 ekor ayam secara utuh. Untuk elemen pemanas, Cosmos Oven Toaster CO-9919R memiliki elemen pemanas atas dan bawah. Sehingga, makanan dipastikan dapat matang secara merata.

Harga: Rp 538.000

Daya listrik: 400-800 watt

Beli di Lazada: Cosmos Oven Toaster CO-9919R

3. Kirin Oven Listrik Low Watt KBO-190LW

Image: Lazada

Kalau daya listrik di rumah anda termasuk kecil, Kirim Oven Listrik Low Watt KBO-190LW dapat dijadikan pilihan terbaik. Oven listrik ini membutuhkan daya hanya 275 watt saja untuk penggunaan 1 elemen pemanas dan 550 watt untuk pemanas atas-bawah. Hemat, bukan?

Walaupun daya yang dibutuhkan kecil, oven listrik dari Kirin ini memiliki kapasitas yang besar, yaitu 19 liter. Sekali memanggang, anda bisa langsung memasukkan hingga 3 loyang secara sekaligus.

Harga: Rp 559.000

Daya listrik: 275-550 watt

Beli di Lazada: Kirin Oven Listrik KBO-190LW

2. MITO Oven Listrik MO-999

Image: Lazada

MITO Oven Listrik MO-999 juga merupakan salah satu best deal untuk oven listrik. Kapasitasnya sangat besar, yaitu 25 liter. Saat membelinya pun, anda akan mendapatkan sepaket rotisserie pick yang berguna untuk memanggang ayam utuh dan aneka daging lainnya secara memutar.

Daya listrik yang dibutuhkan oven listrik ini cukup standar, 200 watt untuk 1 elemen pemanas dan 800 watt untuk 4 elemen pemanas. Tawaran yang cukup bagus, kan?

Harga: Rp 645.000

Daya listrik: 400-800 watt

Beli di Lazada: MITO Oven Listrik MO-999

1. Oxone OX-858 BR

Image: Lazada

Oxone OX-858 BR memiliki fungsi 4 in 1, yaitu memanaskan makanan, mencairkan makanan, memanggang, dan membakar. Jadi, fungsinya seperti merangkap fungsi microwave dan oven. Sangat praktis, sehingga kalau anda sudah memiliki oven listrik ini, anda tidak perlu lagi membeli microwave.

Kapasitasnya cukup besar, sekitar 18 liter. Daya listrik yang dibutuhkan juga standar, yaitu 400-800 watt. Keunggulan lainnya adalah oven listrik ini memiliki teknologi BBQ dengan kelengkapan rotisserie pick untuk memanggang daging dalam jumlah besar dan hasil matang merata.

Harga: Rp 920.000

Daya listrik: 400-800 watt

Beli di Lazada: Oxone OX-858 BR

Memilih oven listrik yang tepat, kembali lagi harus disesuaikan dengan kebutuhan anda. Kalau hanya dipakai sesekali dan untuk jumlah masakan yang sedikit, oven listrik berfitur dasar seperti Kirin KBO-90M sudah sangat cukup untuk dimiliki. Namun, kalau anda ingin membuat kue atau makanan dalam jumlah banyak, pilihlah oven listrik berkapasitas minimal 18 liter.

5 Rekomendasi Oven Listrik dan Tips Membeli yang Tepat
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 3.7 (74.29%) 7 votes