Penulis: Tia

Pernah bertanya-tanya, kenapa ayam goreng tepung dan french fries di restoran bisa sangat renyah? Jawabannya, karena ayam dan kentang tersebut digoreng dengan metode deep-fry. Secara singkat, metode deep-fry adalah menggoreng dalam minyak banyak dan api cenderung kecil. Sehingga, hasilnya matang merata dan renyahnya tahan lama.

Untuk bisa menggoreng deep-fry ada alat khusus yang sangat memudahkan, yaitu panci deep fryer. Alat ini memiliki saringan yang memudahkan anda untuk menggoreng makanan dalam minyak dan mengangkatnya saat sudah matang. Untuk lebih jelasnya, berikut keuntungan menggoreng secara deep-fry dan 5 rekomendasi panci deep fryer terbaik untuk anda.

Baca juga: 6 Tips Membuat Masakan Goreng Balut Tepung Agar Lebih Krispi

Keuntungan menggoreng dengan metode deep-fry

1. Hasil lebih garing dan matang merata

Keuntungan utama yang bisa anda dapatkan dengan menggoreng secara deep-fry adalah hasil yang garing dan renyah. Makanan yang digoreng secara deep-fry, terendam seluruhnya dalam minyak. Sehingga, panas minyak terserap dengan baik dan menghasilkan gorengan yang garing.

Selain garing, hasil gorengan deep-fry juga matang secara merata hingga ke bagian dalam. Seluruh bagian makanan terendam dalam minyak dan penggunaan api kecil, membuat proses matangnya makanan terjadi dengan sempurna. Jadi, kalau menggoreng makanan seperti ayam tepung, anda tidak perlu takut lagi dagingnya masih merah.

2. Terhindar dari cipratan minyak

Salah satu masalah yang sering muncul saat menggoreng adalah terciprat minyak panas. Namun, kalau menggoreng secara deep-fry, masalah ini tidak akan muncul lagi.

Saat menggoreng dengan metode deep-fry, makanan akan terendam seluruhnya dalam minyak. Sehingga, potensi cipratan minyak karena makanan bisa diredam. Selain itu, panci deep fryer juga memiliki ukuran yang cukup tinggi dan disertai penutup. Jadi, cipratan minyak tidak akan sampai keluar dan melukai tangan anda.

3. Praktis

Saat menggoreng, kita sering kerepotan memasukkan makanan satu per satu ke dalam minyak, menata supaya seluruhnya kena minyak, dan membolak-balik makanan agar tidak gosong. Nah, kalau menggoreng secara deep-fry, kerepotan ini tidak akan anda rasakan.

Teknik deep-fry membuat proses menggoreng jadi praktis. Apalagi kalau menggunakan panci deep fryer. Anda tinggal memasukkan seluruh bahan makanan ke dalam saringan, celupkan ke dalam panci berisi minyak, dan tunggu hingga seluruhnya matang. Tidak perlu takut terciprat minyak dan tidak repot membolak-balik makanan, deh.

5 rekomendasi panci deep fryer terbaik

5. Maspion Multi Fryer 18 SH

Image: Lazada

Panci deep fryer dari Maspion ini harganya sangat terjangkau, masih di bawah Rp 150.000. Body panci berdiameter 18 cm dan sudah terbuat dari anodized aluminium yang berlapis satin. Sehingga, kokoh, mudah menghantarkan panas, dan terlihat cantik.

Tidak hanya untuk menggoreng, Maspion Multi Fryer 18 SH juga dapat anda gunakan untuk merebus air serta aneka sayur dan makanan. Kalau ingin mengecek tingkat kematangan makanan pun tidak ribet, karena terdapat kaca transparan pada tutupnya.

Harga: Rp 145.000

Beli di Lazada: Maspion Multi Fryer 18 SH

4. Maspion Maslon Deep Fryer

Image: Lazada

Panci deep fryer ini merupakan varian lain dari Maspion. Bedanya dengan Maspion Multi Fryer 18 SH, body Maspion Maslon Deep Fryer terbuat dari bahan aluminium berlapiskan teflon yang anti lengket. Selain itu, tutupnya juga full terbuat dari kaca transparan. Semakin memudahkan anda untuk memantau kematangan masakan.

Selain menggoreng, Maspion Maslon Deep Fryer juga dapat digunakan untuk merebus. Dan karena permukaannya yang anti lengket, anda pun bisa menggunakan Maspion Maslon Deep Fryer untuk memasak nasi, lho.

Harga: Rp 170.000

Beli di Lazada: Maspion Maslon Deep Fryer

3. SUPRA Multi Deep Fryer

Image: Lazada

SUPRA Multi Deep Fryer merupakan salah satu best deal yang bisa anda miliki. Dengan harga cukup terjangkau, anda sudah mendapatkan panci deep fryer dari bahan stainless steel berkualitas. Desainnya pun sangat cantik dan tutupnya dari kaca transparan.  Pas untuk jadi koleksi dapur anda.

Panci deep fryer ini ukurannya cukup besar, yakni berdiameter 22 cm dan kapasitas 2,5 liter. Fungsinya pun ada 2, untuk menggoreng dan juga merebus. Cukup multifungsi, ya?

Harga: Rp 198.800

Beli di Lazada: SUPRA Multi Deep Fryer

2. Bistro Panci Deep Fryer 3 in 1

Image: Lazada

Mencari panci deep fryer yang best deal lagi? Bistro Panci Deep Fryer 3 in 1 inilah jawabannya. Harganya terjangkau, berdiameter 22 cm yang cukup besar, dan terbuat dari bahan stainless steel berkualitas. Keunggulan lainnya, panci deep fryer ini bisa digunakan untuk segala jenis kompor.

Sesuai namanya, panci deep fryer ini memiliki 3 fungsi. Yaitu menggoreng, merebus, dan mengukus. Untuk fungsi mengukus, anda tidak perlu khawatir. Sebab, saat membeli nanti, anda akan diberikan piring khusus untuk mengukus.

Harga: Rp 219.800

Beli di Lazada: Bistro Panci Deep Fryer 3 in 1

1. Oxone OX-99FS Deep Fryer

Image: Lazada

Oxone OX-99FS Deep Fryer memiliki desain yang sangat elegan dan cantik. Body-nya terbuat dari bahan stainless steel terbaik dan cukup tebal. Sehingga, makanan akan benar-benar matang dengan baik. Gagangnya pun terbuat dari kayu. Jadi, sangat aman dan nyaman untuk digunakan.

Ukuran dari Oxone OX-99FS Deep Fryer ini cukup besar dan lebar, dengan diameter sekitar 19 cm. Cukup untuk menggoreng 4-5 ekor ayam sekaligus. Tidak hanya menggoreng, Oxone OX-99FS Deep Fryer juga bisa anda gunakan untuk merebus aneka sayur dan makanan.

Harga: Rp 370.000

Beli di Lazada: Oxone OX-99FS Deep Fryer

Setelah tahu keuntungan dan rekomendasinya, apakah anda tertarik untuk membeli panci deep fryer? Kalau saya pribadi sih cukup tertarik. Sudah terbayang menggoreng ayam tepung dengan panci ini. Pasti hasilnya bisa serenyah restoran-restoran cepat saji. Semoga referensinya membantu, ya!

5 Rekomendasi Panci Deep Fryer & Keuntungan Menggoreng Secara Deep-fry
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)