Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Saat sedang bosan makan nasi, saya biasanya mencari alternatif sumber karbohidrat lainnya. Nah, kentang adalah bahan makanan pokok yang paling sering saya pakai untuk pengganti nasi. Selain rasanya yang enak dan gurih, kentang juga cenderung lebih mudah dikreasikan menjadi aneka menu makanan yang lezat. Baik itu asin maupun manis. Jadi anda tidak akan pernah kehabisan ide untuk mengolah kentang. Anda tertarik juga mengolah kentang? Berikut saya berikan pilihan resep praktis dan lezat yang bisa anda coba praktikkan sendiri di rumah.

1. Perkedel

Perkedel merupakan salah satu olahan kentang yang paling populer Indonesia. Wajar saja, perkedel memang memiliki citarasa khasnya tersendiri. Kentang rebus yang dicampur dengan terigu, telur, bawang daun, dan bumbu lainnya lalu digoreng sampai matang. Sensasi lembut di dalam namun garing di luar membuat perkedel kentang ini digemari banyak orang.

2. Kroket

Jika anda bosan dengan perkedel, maka anda bisa mencoba membuat kroket kentang. Sebenarnya, pada dasarnya cara membuat kroket kentang ini hampir sama dengan perkedel, bedanya kroket kentang ini diolah dengan cara goreng tepung panir. Sehingga rasanya jauh gurih jika dibandingkan dengan perkedel.

3. Donat

Siapa bilang jika donat hanya bisa dibuat dengan tepung terigu saja? Nyatanya, anda juga bisa menambahkan kentang lho sebagai bahan pembuatan donat. Cara membuat donat kentang ini sama saja dengan donat pada umumnya. Hanya saja tepung terigu diganti dengan kentang kukus yang sudah dihancurkan sebelumnya. Selain membuat rasa donat lebih nikmat, penambahan kentang juga bisa membantu menambah nilai gizi pada donat. Sehingga anda tidak perlu ragu untuk mengonsumsinya.

4. Kue lumpur

Selain donat, anda juga bisa mengolah kentang menjadi kue lumpur lho. Meskipun termasuk ke dalam jajanan pasar, tapi kue lumpur tak pernah gagal membuat air liur menetes. Karena selain rasanya yang manis dan legit, kue lumpur juga memiliki bentuk yang cantik, karena dimasak dalam cetakan khusus dan biasanya disajikan dengan topping kismis.

5. Kentang panggang keju

Ini nih menu yang sering saya jadikan alternatif pengganti nasi. Yang unik dari kentang panggang keju adalah penyajiannya. Kentang utuh yang tidak dikupas cangkangnya dipotong ¼ bagian, lalu sisa kentang dihaluskan dan dicampur bersama bahan lain sebagai topping. Setelah itu, kentang dibungkus dengan alumunium foil dan dipanggang sampai matang.

Anda juga bisa memanggang kentang ala hasselback potatoes, yaitu kentang diiris-iris melintang tanpa putus, lalu panggang kentang bersama garam, lada, peterseli, dan keju mozarella. Menu ini sangat cocok bagi anda yang ngaku sebagai cheese lover, karena kentang dipanggang bersama keju mozarella yang gurih dan meleleh.

Menu-menu di atas sangat menggoda, kan? Selain rasanya yang enak, gizinya juga terjamin. Sehingga anda bisa dengan tenang menghidangkannya untuk keluarga. Anda juga bisa dengan mudah berkreasi dengan menambahkan bahan-bahan lainnya sesuai selera. Selamat mencoba!