Penulis : Atsa

Siapa tak kenal salak? Buah yang memiliki kulit seperti ular ini memiliki ragam varietas yang memiliki beragam rasa dan tekstur. Nggak heran kan kalau buah tropis yang satu ini sering dijadikan buah tangan untuk oleh-oleh baik oleh warga lokal hingga turis mancanegara.

Hampir di setiap provinsi memiliki varietas salak yang khas tersendiri. Namun, setidaknya ada 5 jenis salak yang sangat populer di Indonesia. Yuk, kenali 5 jenis salak terbaik yang paling populer di Indonesia!

1. Salak Pondoh

Image : www.organicpowerfoods.com

Tidak diragukan lagi, salak pondoh merupakan salak terbaik di Indonesia. Salak yang banyak dibudidayakan di daerah Merapi, Sleman ini juga banyak didistribusikan ke berbagai supermarket. Bahkan rasa manisnya yang khas ini terkenal hingga mancanegara dan sering jadi buruan oleh-oleh turis asing, lho.

Daging buahnya manis dan tekstur daging buahnya renyah. Meski tak semanis salak madu, namun justru itu yang menjadikan salak pondoh begitu populer. Nah, rasa manis yang pas dan sama sekali tidak sepat itu yang membuat salak pondoh cocok untuk semua lidah.

Umumnya salak pondoh memiliki ukuran yang paling kecil dibanding salak-salak populer lainnya. Hal tersebut menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan, karena beli dua atau 3 kg saja sudah dapat banyak. Namun, sekarang juga sudah banyak budidaya salak pondoh juga, lho.

2. Salak Madu

Image : www.steemit.com

Salak madu juga banyak dibudidayakan di daerah Sleman. Tidak kalah dengan salak pondoh, salak madu juga banyak dicari.

Kandungan air salak madu lebih banyak dari salak pondoh. Rasanya yang manis seperti madu, dagingnya berwarna kekuningan, bertekstur renyah dan lembut.

Untuk ciri dari luarnya, kulit salak madu tipis dan mengkilap. Bentuk buahnya segitiga atau lonjong. Salak madu bisa berbuah berbuah sepanjang tahun, tanpa mengenal musim.

3. Salak Gading

Image : www.tribunnews.com

Juga berasal dari daerah Sleman – Jogja seperti salak pondoh dan gading, salak gading bisa dibedakan berdasar warna kulit dan dan ukuran buahnya. Salak gading warnanya kuning – gading dan mengkilap, ukurannya sedang hingga besar.

Biasa dijual bersama salak pondoh dan salak madu, rasa salak gading sedikit lebih masam, biasa dicari oleh orang-orang yang tidak terlalu suka manis.

4. Salak Gula Pasir

Image : www.waanabe.com

Salak populer yang satu ini berasal dari pulau Bali. Keistimewaan salak bali adalah rasanya yang manis, dagingnya yang tebal, dan bijinya yang kecil. Tekstur daging buahnya renyah dan berwarna putih kusam.

Keunikan dari salak gula pasir adalah ukurannya yang antara kecil – sedang, dengan buah yang berisi satu biji dengan 1-2 anakan berupa daging buah.

Warna kulit buahnya coklat kehitaman dan bersisik kecil-kecil. Kulit salak gula pasir agak sulit untuk dikupas.

5. Salak Sidempuan

Image : www.jayakartanews.com

Salak sidempuan banyak dibudidayakan di Padang, Sumatera Utara. Salak Sidempuan terbagi dalam dua varietas, yakni salak padang sidempuan merah dan salak padang sidempuan putih.

Padang sidempuan merah memiliki memiliki warna daging buah yang semburat merah dengan rasa daging buah kombinasi manis, masam dan sedikit sepat. Kulit buahnya bersisik besar dengan warna coklat kehitaman.

Itulah informasi mengenai jenis-jenis salak terbaik di Indonesia yang paling populer. Jadi, salak mana yang jadi favorit anda?

Baca JugaResep Sop Buah

5 Jenis Salak Terbaik di Indonesia
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)