Image: Only Native Japan

Penulis: Graminda | Editor : Atsa

Rasanya tidak lengkap bila tumisan dimasak tanpa kecap asin. Rasa khas asin-manis yang diberikan tentu berbeda dengan asinnya garam atau manisnya kecap. Dan bagi saya, kecap asin adalah senjata rahasia agar nasi goreng bisa lezat walau dengan bumbu seadanya.

Nah, kalau persediaan kecap asin habis, saya biasanya gunakan beberapa bahan alternatif. Memang tidak sama persis, karena sejatinya setiap bahan punya rasa unik tersendiri. Namun, lebih baik daripada masakan hambar, kan? Simak bahan alternatifnya di bawah ini, ya.

Baca Juga: Apa Bedanya? Kecap Manis, Kecap Asin dan Kecap Ikan

1. Cuka dan Bawang Putih

Jika benar-benar tidak ada kecap lain, cukup gunakan cuka dan bawang putih. Hanya saja, harus agak sabar, ya! Sebab, butuh waktu minimal 10 jam untuk buat pengganti kecap asin yang satu ini. Sisi baiknya adalah, larutan ini mengandung sedikit sodium. Sehingga, tidak perlu kuatir akan tekanan darah anda.

Siapkan 2 siung irisan bawang putih, 3 sdm bawang merah bubuk, ¾ gelas cuka, dan 3 sdm molase (tetes tebu) hitam.

Mulailah dengan panaskan cuka dan irisan bawang putih dalam panci. Kemudian, dinginkan dan masukan dalam wadah kedap udara. Biarkan semalaman (minimal 10 jam).

Pagi harinya, saring larutan hingga jernih. Lalu, campur dengan sisa bahan lain. Aduk larutan dan simpan dalam lemari pendingin agar tahan selama 30 hari.

Baca Juga: Aneka Saus dan Kecap yang Ada di Supermarket

2. Kecap Inggris

Kecap inggris biasanya digunakan untuk masakan yang dibakar atau panggang. Kecap ini  rasanya asin-gurih dengan aroma yang khas. Karena rasanya yang sedikit mirip, kecap inggris cocok digunakan sebagai pengganti kecap asin.

Caranya pun sangat sederhana, hanya perlu campurkan 8 sendok makan kecap inggris dengan 2 sendok makan air. Aduk hingga larut sempurna. Koreksi rasanya dengan tambahkan sedikit garam serta merica.

3. Saus Tiram

Terbuat dari tiram yang dimasak hingga kental, saus ini punya rasa gurih dan asin. Walaupun rasa asinnya berbeda, saus tiram yang ditambah bahan lain bisa terasa mirip kecap asin, lho!

Panaskan 8 sendok makan saus tiram dengan 2 sendok makan air, ¼ sendok teh bawang putih bubuk, ¼ sendok teh jahe bubuk, serta garam dan merica secukupnya. Aduk hingga seluruh bumbu larut. Terakhir, matikan kompor dan saring larutan.

Kecap asin versi  saus tiram ini siap digunakan!

Coba Resep: Resep Kangkung Saus Tiram

4. Kaldu Sapi Bubuk

Kegurihan kaldu sapi memang tidak perlu diragukan. Tapi, agar mirip dengan kecap asin, perlu bahan tambahan yang bercita rasa asam dan manis. Jadi, siapkan juga molase (tetes tebu) hitam dan cuka apel, ya.

Pertama, campur 1.5 gelas air dengan 4 sendok makan kaldu sapi bubuk, 4 sendok teh cuka apel, 2 sendok makan molase, ¼ sendok teh jahe bubuk, serta sedikit bawang putih bubuk dan merica.

Kemudian, masak campuran tersebut dengan api sedang-besar. Aduk hingga larutan menyusut dan tertinggal hanya 1 cangkir gelas saja. Simpan larutan dalam lemari pendingin dan aduk bila akan digunakan. Sayangnya, larutan alternatif ini hanya bisa dikonsumsi selama 3-4 hari saja.

Baca Juga: Cara dan Tips Membuat Kaldu Bubuk Homemade

5. Kaldu Sayuran Bubuk

Kaldu sayuran memang tidak segurih kaldu sapi, namun sensasi segar, ringan dan jernih yang diberikan dijamin tidak ada duanya. Alternatif ini sangat cocok bila anda seorang vegetarian dan ingin masakan yang rendah sodium.

Campur 1.5 gelas kaldu sayuran, 1.5 gelas air, 4 sendok makan cuka, 1 sendok makan molase, 1 sendok teh minyak wijen, ¼ jahe bubuk, serta garam dan merica secukupnya.

Lalu, masak campuran tersebut hingga menyusut setengahnya. Aduk terus agar bumbu larut. Terakhir, masukan dalam botol kaca bertutup. Simpan larutan dalam lemari pendingin agar mampu dikonsumsi lama.

Perlu diingat untuk cocokan masakan dengan alternatif bahan yang digunakan. Misalnya, campuran kaldu sapi bubuk tentu lebih cocok untuk tumis daging, kan. Nah, sekarang waktunya berkreasi!

 

5 Pengganti Kecap Asin Agar Masakan Tetap Sedap
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)