Penulis: Graminda

Kalau hobi buat kue, anda pasti punya baking powder di rumah bukan? Baking powder dikenal karena fungsinya mengembangkan kue. Bila bereaksi dengan air dan panas, kandungan sodium bikarbonat dan asam dalam baking powder akan menghasilkan gelembung karbon dioksida. Gelembung inilah yang buat kue jadi mengembang.

Selain baking powder, ada bahan lain yang bisa mengembangkan kue, lho. Jadi kalau baking powder anda habis, gunakan saja bahan-bahan berikut.

1. Air Lemon

Campurkan air lemon dengan baking soda untuk menghasilkan efek seperti baking powder. Sifat asam lemon akan bereaksi dengan baking soda dan menghasilkan gelembung karbon dioksida.

Campuran satu gram baking soda dan 2.5 gram air lemon setara dengan 5 gram baking powder. Namun harus diperhatikan bahwa rasa asam pada lemon sangat kuat, sehingga anda harus berhati-hati menambahkannya ke adonan. Sedikit saja berlebih maka dapat mengubah rasa asli kue.

Coba resep: Resep Lemon Cake

2. Ragi

Ragi dibuat dari jamur yang dapat memfermentasi adonan, efeknya adonan jadi mengembang. Ragi merubah karbohidrat menjadi gelembung karbon dioksida. Hasilnya, donat atau roti buatan anda dijamin enak dan empuk. Ragi juga akan menambah rasa dan aroma khas pada donat dan roti buatan anda.

Baca juga: Tips Menggunakan Ragi untuk Adonan Kue dan Roti

3. Cuka

Tingkat keasaman cuka hampir sama dengan baking powder, sehingga cocok dijadikan bahan alternatif. Warna dan rasa cuka pun cukup netral apabila hanya digunakan dalam jumlah yang sedikit. Setengah sendok teh cuka dan seperempat sendok teh baking soda setara dengan satu sendok teh baking powder.

4. Putih Telur

Putih telur dapat menggantikan peran baking powder dan baking soda sekaligus. Kocokan putih telur yang sudah soft peak (mengeras) menghasilkan banyak gelembung kecil pada adonan. Gelembung ini akan bantu volume adonan jadi naik sehingga lebih lembut dan empuk.

Ingat, jumlah telur dengan jenis kue harus sesuai. Kue seperti pancake biasanya menggunakan 2-3 butir putih telur saja. Sementara jenis sponge cake menggunakan 5-10 butir telur.

Baca juga: Tips Mengocok Putih Telur yang Baik

 5Plain Yoghurt

Zat asam dari plain yoghurt adalah hasil fermentasi susu. Zat asam ini yang berfungsi menggantikan baking powder. Selain itu, rasa plain yogurt tidak terlalu masam sehingga cocok untuk ditambahkan dalam kue.

Satu sendok teh baking powder setara dengan campuran setengah gelas (122 ml) plain yoghurt dengan seperempat sendok teh baking soda. Hal yang perlu anda perhatikan adalah kurangi cairan yang digunakan dalam adonan. Misalnya jika menggunakan satu gelas (250 ml) plain yoghurt, maka kurangi juga satu gelas air dari resep adonan anda.

(Image: Lazada)

Supaya takaran setiap bahan pas dan akurat, gunakan timbangan dapur. Pilih yang terjamin keakuratannya, seperti Camry EK-360 (lihat di Lazada). Timbangan ini disertai mangkuk mika untuk bantu mengalasi bahan. Kapasitas maksimumnya 5 kg dan punya akurasi hingga 0.1 gram.

Semua bahan diatas sesungguhnya punya efek yang sama bagusnya. Tapi sesuaikan kembali dengan jenis, rasa, dan warna dari kue yang akan anda buat. Misalnya, air lemon dan baking soda tentu lebih cocok digunakan saat membuat lemon cake. Selamat mencoba!

5 Bahan Pengganti Baking Powder yang Mudah Anda Temukan
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 3 votes