Penulis : Niahappy

Selain sosis makanan olahan yang populer dan juga enak dikonsumsi ialah kornet. Untuk mengonsumsinya tidak perlu repot karena mengolah kornet tidak memerlukan waktu yang lama. Makanan ini cocok untuk bekal anak sekolah hingga bekal bagi Anda yang sudah bekerja lho. Berikut aneka kreasi kornet yang enak dan praktis:

1. Sandwich Panggang Kornet

Sandwich dengan isian kornet bisa Anda jadikan salah satu menu baru sarapan Anda. Berbahan dasar roti membuat Anda terasa kenyang lebih lama selain itu daging kornet lebih murah daripada daging cincang atau daging lainnya. Hal ini baik bagi Anda yang ingin mengonsumsi sandwich namun sedang di akhir bulan.

Bahan-bahan untuk membuatnya cukup mudah dan ekonomis. Pertama siapkan bahan-bahannya seperti, dua lembar roti tawar, margarin, kornet sapi, bawang bombay, selada air, satu butir telur, mayonnaise, penyedap rasa, garam, lada dan saus sambal/tomat.

Langkah selanjutnya ambil margarin secukupnya, tumis bawang bombay hingga harum. Tambahkan kornet sapi, telur, keju, lada dan garam lalu aduk rata sampai matang.

Setelah matang siapkan roti tawar yang sudah diolesi margarin, alasi roti dengan daun selada, tambahkan isian kornet, keju, saus sambal/tomat dan mayonaise. Setelah itu tutup dengan roti tawar di atasnya sambil ditekan agar rekat dan tidak hancur saat dipanggang.

Olesi teflon dengan margarin dan olesi pula sisi roti yang akan dipanggang. Panasi teflon dengan api kecil, kemudian panggang roti hingga berwarna coklat keemasan.

Nah, sandwich panggang kornet sudah siap disajikan, mudah bukan?

Baca Juga : 9 Macam Bahan Isian Sandwich Gurih dan Manis

2. Bola Nasi Kornet Sapi

Anak Anda susah makan nasi? Coba untuk kreasikan nasi dengan kornet. Untuk membuatnya terlihat berbeda Anda bisa membentuknya bulat agar anak lebih tertarik untuk memakannya. Selain bentuknya yang unik rasanya tak kalah enak lho.

Untuk membuatnya siapkan bahan-bahan yaitu, satu piring nasi putih, kornet sapi kalengan, bawang putih, bawang merah, keju parut, tepung panir, satu butir telur ayam, garam, lada dan minyak goreng.

Pertama tumis bawang putih dan bawang merah yang sudah diiris tipis dengan sedikit minyak, kemudian masukan kornet sapi, tambahkan lada dan garam secukupnya lalu aduk rata sampai matang.

Setelah isian kornet matang,  masukkan nasi dan keju kemudian kembali aduk sebentar hingga rata. Kemudian sajikan nasi di piring.

Langkah selanjutnya kepal nasi berbentuk bulat (dalam keadaan hangat lebih enak) hingga padat. Siapkan tepung panir atau tepung roti dan telur yang sudah dikocok. Celupkan bola nasi ke adonan telur(jangan terlalu lama) kemudian baluri dengan tepung panir hingga tertutup semua. Lakukan hingga semua bola nasi kornet terselimuti tepung panir.

Simpan bola kornet di dalam kulkas selama 20-30 menit. Setelah itu panaskan minyak dengan api sedang lalu goreng bola nasi kornet hingga matang .

Bola nasi kornet sudah siap dinikmati lebih nikmat lagi jika ditambah sambal pedas atau mayonaise.

Baca Juga : Resep Bola-bola Udang Roti

3. Perkedel Kornet

Kelembutan kentang yang dicampur gurihnya daging kornet membuat hampir semua orang menyukai menu lezat ini. Aroma rempah-rempahnya yang khas menambah cita rasa tersendiri bagi perkedel. Membuat perkedel kornet ternyata tidak susah lho. Yuk simak cara membuatnya.

Langkah pertama goreng dua buah kentang yang sudah dipotong kecil dalam minyak panas hingga matang. Angkat dan tumbuk kentang sampai halus.

Selanjutnya, tumis kornet sapi, bawang putih secara terpisah lalu tambahkan sejumput garam dan lada aduk hingga matang. Kemudian angkat dan sisihkan.

Siapkan wadah untuk kentang yang sudah dihaluskan tadi. Tambahkan tumisan kornet sapi, tumisan bawang putih halus, bawang goreng, daun bawang, seledri, garam, lada dan kaldu. Aduk rata. Setelah itu bentuk dan padatkan hingga bulat pipih.

Panaskan minyak, kemudian celupkan perkedel yang sudah dipipihkan ke dalam minyak panas. Tunggu hingga matang dan siap disajikan.

Baca Juga : Resep Perkedel Daging

4. Martabak Kornet

Nyidam martabak namun kantong tidak bersahabat? Tak perlu khawatir Anda bisa membuatnya sendiri lho. Hanya bermodalkan kulit lumpia, telur dan kornet Anda sudah bisa menikmati martabak ‘daging’. Selain murah dan mudah, kebersihan martabak ini pun juga terjamin kan?

Caranya mudah pertama, kocok 3 telur di mangkok besar, masukkan irisan bawang merah, irisan cabe tanpa biji (sesuai selera), irisan daun bawang lalu aduk. Kemudian tambahkan kornet sapi ½ kaleng (sesuai selera), garam, bumbu penyedap rasa jamur totole, lalu aduk hingga tercamur rata.

Siapkan wajan atau teflon, panaskan dengan sedikit minyak kemudian masukkan adonan telur kornet, masak hingga matang. Martabak Kornet sudah siap dinikmati. Mudah sekali kan?

Baca Juga : Resep Martabak Telur

5. Risoleses Isi Kornet

Camilan ini memiliki banyak macam isiannya seperti risoles isi sayuran, smoked beef, sosis, hingga kornet. Bagi Anda yang tidak suka sayuran Anda bisa menggantinya dengan isian smoked beef atau kornet. Namun untuk harga yang lebih ekonomis Anda bisa menggunakan isian kornet. Walaupun harganya lebih murah namun rasa tidak kalah enak lho.

Langkah pertama buatlah adonan kulit risoles terlebih dahulu. Caranya siapkan satu wadah, masukan tepung terigu, garam dan merica, aduk rata. Tambahkan telur dan susu (bisa diganti air) aduk sampai halus. Selanjutnya buat isian risoles, tumis bawang merah dan bawang putih halus sampai harum, kemudian masukkan kornet, garam, gula dan merica. Aduk hingga matang.

Kulit risoles. Panaskan teflon beri sedikit minyak, tuangkan adonan teflon sebanyak satu centong, ratakan. Masak sampai adonan habis. Ambil kulit risoles, masukan isian risoles, agar lebih enak tambahkan juga mayonaise lalu gulung. Lakukan berulang sampai habis.

Setelah itu, celupkan risoles ke kocokan telur kemudian balur dengan tepung panir. Lalu diamkan sebentar di kulkas agar tepung panir melekat sempurna. Panaskan banyak minyak, goreng risoles hingga berwarna coklat keemasan. Risoles isi kornet siap dihidangkan.

Baca Juga : Resep Risoles Mayo