Penulis: Windy

Salah satu bagian ayam yang saya sukai adalah bagian sayap. Bagian sayap menurut saya adalah bagian paling lezat karena dagingnya pas, tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah. Selain itu karena dagingnya sedikit jadi bumbu meresap rata.

Tidak kalah dengan bagian ayam lainnya, sayap juga bisa diolah menjadi berbagai masakan. Mulai dari dipanggang, digoreng, hingga diberi saus-sausan. Berikut olahan sayap ayam.

1. Sayap Panggang Madu

ayam panggang madu legit

Madu memang menjadi salah satu bahan yang sering dipakai dalam satu resep masakan ayam. Tak terkecuali olahan sayap. Sayap ayam di panggang dengan olesan saus madu yang lezat, membuat rasa sayap ayam menjadi manis dan mempercantik tampilan sayap ayam sehingga lebih menggugah selera.

Coba resep: Resep Ayam Panggang Madu

2. Sayap Isi

sayap ayam isi istimewa

Sayap ayam isi atau biasa disebut Tori no Teba sangat diminati saat berkunjung ke restoran cepat saji ala Jepang. Isian sayap berupa daging ayam, campuran tepung serta bumbu dasar dan yang sudah dihaluskan dimasukkan ke dalam sayap yang sudah dibuang tulangnya lalu dikukus. Setelah dikukus, anda bisa langsung menggorengnya atau disimpan ke dalam freezer sebagai stok makanan cepat saji.

Coba resep: Resep Sayap Ayam Isi

3. Sayap Teriyaki

Bosan selalu makan bumbu teriyaki dengan ayam fillet bukan? Selain ayam fillet anda bisa mencoba memasak sayap ayam teriyaki. Pertama anda harus membuat sayap ayam goreng krispi terlebih dahulu, lalu membuat saus teriyaki. Setelah saus teriyaki selesai dan matang, baru anda memasukkan sayap krispi. Jangan lupa masukkan sedikit air saat sudah menggumpal agar tidak terlalu lengket, dan sayap teriyaki siap dinikmati. Nasi hangat sangat cocok bersamaan dengan sayap teriyaki, lho.

Coba resep: Resep Chicken Ayam Teriyaki

4. Sayap Super Pedas

Olahan sayap ayam ini sangat cocok bagi anda penikmat pedas. Soalnya, sekali santap, sensasi pedasnya langsung “membakar” lidah anda. Sayap super pedas ini dibuat dari sayap ayam yang digoreng tepung terlebih dulu. Kemudian, sayap ayam goreng dicelupkan ke dalam saus pedas yang terbuat dari cabai rawit merah, bawang putih, cabai bubuk, saus tomat dan saus cabai, kecap manis, garam, dan lada yang dihaluskan. Duh, baru melihatnya saja sudah terbayang pedasnya, ya.

Baca juga: 5 Menu Ayam Pedas yang Lezat dan Menggugah Selera Makan

5. Sayap Bumbu Korea

Siapa lagi yang tidak mengenal sayap ayam bumbu Korea? Pasti penikmat drama Korea sudah sering melihat dan mencobanya di beberapa restoran Korea. Rasanya cukup pedas, tapi juga memiliki rasa manis khas madu yang lezat. Untuk membuat sayap ayam bumbu Korea ini, anda tidak boleh melupakan gochujang, yaitu pasta pedas khas Korea. Gochujang inilah yang membedakan sayap ayam bumbu Korea dengan olahan sayap ayam pedas lainnya.

Jadi, mana yang anda pilih untuk memasak sayap ayam siang ini? Sepertinya semuanya lezat untuk dinikmati ya. Selamat mencoba!

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi