Penulis : Niahappy

Siapa yang tidak kenal jamur kuping bertekstur kenyal, berwarna coklat kehitaman dan berbentuk seperti kuping? Jamur kuping termasuk ke dalam jenis bahan makanan yang kaya vitamin dan mineral. Jamur ini memiliki banyak manfaat bila dikonsumsi seperti melancarkan pencernaan, mencegah anemia hingga menurunkan kadar kolesterol lho.

Tak hanya kaya akan manfaat jamur kuping juga bisa menjadi berbagai macam olahan masakan lezat, seperti diolah menjadi sayuran berkuah, ditumis atau dijadikan sebagai bahan pelengkap masakan tertentu. Nah berikut ini olahan jamur kuping yang enak, sehat dan mudah yang bisa Anda coba di rumah:

1. Japchae

Image : youtube.weenieeleenie

Bagi Anda pecinta drama korea pasti tidak asing dengan makanan ini. Japchae sekilas mirip dengan bihun goreng yang ada di Indonesia. Bedanya japchae tidak menggunakan bihun melainkan mie berbahan dasar pati dan bertesktur lebih kenyal dan berwarna bening. Untuk mencicipinya Anda tidak perlu jauh-jauh ke korea atau membelinya di restoran korea yang ada di Indonesia. Cukup buat sendiri karena mudah dan lebih ekonomis pastinya.

Caranya rendam soun korea dengan air hangat.  Tumis bawang putih hingga layu. Masukkan wortel dan jamur yang sudah dipotong tipis dan memanjang. Aduk rata masak hingga setengah matang. Lalu masukkan sawi putih. Tambahkan sedikit air sampai kondisi sayur setengah matang.

Bumbu dengan saus tiram, kecap asin, kecap manis, minyak wijen, kaldu bubuk dan lada. Koreksi rasa, jika sudah pas, masukkan soun dan masak hingga air menyusut. Selanjutnya tambahkan tauge dan kucai. Aduk rata hingga masak. Angkat dan sajikan dengan irisan telor dadar dan taburan biji wijen agar terlihat seperti japchae korea pada umumnya.

Baca Juga : Resep Bulgogi Khas Korea 

2. Cah Brokoli Jamur Kuping

Bagi Anda pecinta sayur brokoli dan jamur, coba buat menu masakan dari kedua bahan tersebut. Anda bisa menyajikannya dengan membuat cah brokoli jamur kuping. Untuk membuatnya cukup sederhana dan praktis tentunya juga lezat.

Pertama rebus terlebih dahulu brokoli di air mendidih selama kurang lebih 20 detik, angkat dan masukkan ke air es agar tetap hijau segar dan sisihkan. Selanjutnya, Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan jamur kuping yang sudah dipotong-potong dan brokoli yang sudah direbus, tambahkan sedikit air, kecap asin, minyak wijen, gula pasir, garam dan saus tiram masak hingga mendidih. Tuang larutan maizena, aduk sampai mengental dan matang. Cah Brokoli Jamur kuping siap dinikmati.

Baca Juga : Tumis Brokoli Kembang Kol

3. Tumis Jamur Kuping Pedas

Tumis jamur kuping pedas sangat nikmat dimakan siang hari bersama nasi hangat. Rasanya yang pedas dan gurih akan menambah selera makan Anda. Tidak hanya enak masakan ini juga baik bagi Anda yang tinggi kolesterol karena tidak menggunakan olahan daging lho. Caranya mudah, yuk coba buat sendiri.

Tumis bawang putih, bawang merah, ketumbar dan cabe rawit hijau/merah yang sudah dihaluskan hingga harum. Lalu, tambahkan cabe rawit. Aduk rata. Masukkan jamur kuping dan tuang sedikit air. Aduk rata hingga air menyusut. Tambahkan kecap manis, daun bawang, garam, gula dan lada secukupnya. Aduk koreksi rasa. Jika rasa sudah pas angkat dan sajikan selagi hangat.

Baca Juga : Resep Kerang Hijau Saus Pedas

4. Capcay

Capcay merupakan menu makanan peranakan yang sangat populer di Indonesia. Capcay identik dengan beraneka ragam sayur, karena dalam bahasa Hokkien, ‘cap’ berarti sepuluh, sedangkan ‘cay’ berarti sayur. Tetapi, Anda tidak harus menyiapkan tepat 10 macam sayuran. Cukup siapkan sayuran yang sering kali digunakan seperti kembang kol, wortel, sawi hijau dan jamur.

Banyaknya sayuran pada capcay membuat makanan ini menjadi menu sehat karena kaya akan serat dan vitamin. Tak hanya sehat, memasak capcay bukanlah hal yang sulit lho. Anda juga bisa memilih untuk membuat capcay goreng atau capcay kuah.

Pertama siapkan dan cuci bersih sayuran yang sudah dipotong-potong sesuai selera, sisihkan. Panaskan wajan dan beri minyak secukupnya. Tumis bawang putih hingga harum dan berubah warna. Masukkan daging ayam, tumis hingga matang. Kemudian masukkan bakso ikan dan udang, tumis kembali.

Tuang air secukupnya. Masukkan wortel, kembang kol, sawi hijau dan aneka jamur. Aduk hingga rata. Tambahkan saos tomat, kecap ikan, minyak wijen, garam, gula, merica dan penyedap rasa. Aduk hingga semua sayur matang. Capcay kuah sudah siap disajikan, mudah kan?

Baca Juga : Resep Tumis Capcay

5. Sapo Tahu

Masakan dengan bahan utama tahu jepang atau tofu dengan campuran sayuran serta saus tiram dan kecap manis membuat masakan ini kaya akan rasa gurih dan lezat. Sekilas masakan ini terlihat seperti capcay hanya saja pada sapo tahu yang menjadi bintang adalah si tofu jepang sedangkan capcay pada banyaknya sayuran yang digunakan.

Membuat sapo sahu sendiri ala restoran chinese food ternyata mudah lho. Pertama goreng terlebih dahulu tahu jepang hingga kecoklatan, hal ini dilakukan agar tahu tidak mudah hancur. Kemudian, Tumis bawang putih hingga harum, masukkan daging sapi dan tumis hingga berubah warna. Tambahkan sayuran seperti kembang kol, jamur kuping, jagung muda dan wortel.

Tuang air secukupnya, masukkan saus tiram, kecap manis, garam, kaldu bubuk aduk hingga rata. Tutup panci dan diamkan selama 7 menit. Masukkan larutan tepung sagu, aduk cepat hingga mengental. Terakhir masukkan tahu dan daun bawang yang sudah diiris. Aduk hingga rata, angkat dan sajikan.

Baca Juga : Resep Sapo Tahu