(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Meski sudah berhati-hati, kejadian gelas kaca jatuh dan pecah memang sulit dihindari di rumah. Yang lebih menakutkan, pecahan gelas biasanya menyebar ke mana-mana. Bahkan bisa terpental cukup jauh dari lokasi awal jatuhnya gelas tersebut. Jika tidak hati-hati, pecahan bisa terinjak dan menimbulkan luka. Saya baru saja mengalaminya beberapa hari yang lalu. Karena kurang teliti saat membersihkan, kaki saya pun menginjak pecahannya hingga sedikit berdarah. Tadinya saya pikir membersihkan pecahan kaca dengan sapu saja sudah cukup. Tapi ternyata pecahan kaca yang kecil tidak semudah itu dibersihkan. Tapi tenang saja, saya sudah menemukan tips yang dijamin ampuh untuk membersihkan pecahan kaca dari gelas atau perabot dapur lainnya.

1. Roti tawar

Membersihkan pecahan gelas dengan roti? Yap! Anda tidak salah baca, kok. Selain untuk dimakan, ternyata roti tawar juga bisa dipakai untuk membersihkan pecahan-pecahan gelas yang tak terjangkau mata. Caranya sangat gampang. Anda hanya perlu mengambil selembar roti tawar, lalu tekankan roti tersebut pada area sekitar pecahnya kaca. Pecahan-pecahan gelas kecil tersebut akan menempel dengan sendirinya pada permukaan roti. Pastikan untuk langsung membuang roti bekas pecahan gelas tersebut ya agar tidak ada yang memakannya.

2. Kentang

Tak hanya nikmat untuk digoreng dan dicocol bersama saus sambal, ternyata kentang juga ampuh untuk membersihkan sisa pecahan gelas yang tak terlihat. Pertama-tama, ambil kentang lalu potong menjadi dua. Setelah itu, tekan kentang pada area lokasi jatuhnya gelas atau tempat yang sekiranya terdapat pecahannya. Lakukan ke seluruh area di sekitar pecahan gelas demi memastikan tidak ada pecahan kecil yang terlewat. Buang segera kentang setelah selesai digunakan. Cara ini juga berlaku untuk jenis umbi-umbian lainnya.

3. Lakban

Barangkali ini adalah cara yang paling mudah untuk membersihkan pecahan gelas kecil di rumah. Anda hanya perlu mengambil lakban, lalu gunting memanjang dan tempelkan pada tempat pecahan gelas berada. Setelah itu, tarik lakban dengan cepat sekaligus. Pastikan anda menggunakan lakban yang besar, ya. Selain daya rekatnya lebih kuat, lakban besar juga akan lebih mempercepat proses pembersihan pecahan kaca di sekitar area jatuhnya gelas.

4. Tisu dapur

Jika anda tidak ingin membuang-buang makanan dan tidak punya selotip besar, anda juga bisa kok membersihkan bekas pecahan kaca dengan menggunakan tisu dapur. Caranya pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengambil beberapa lembar tisu, lalu lipat jadi satu. Setelah itu, tekan tisu ke area sekitar pecahan gelas. Maka pecahan gelas yang kecil akan menempel dengan sendirinya. Ulangi beberapa kali untuk memastikan tidak ada sisa pecahan kaca yang tertinggal.

Selain mudah untuk dilakukan, cara di atas juga efektif meminimalisir risiko anda terluka karena pecahan gelas. Tips yang cukup penting, kan, apalagi jika di rumah anda ada anak kecil yang sedang aktif-aktifnya berlari kesana kemari.

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi