(Image: Shutterstock)

Penulis: Vira | Editor: Ria

Sebagai mahasiswa, seringkali saya tergoda untuk jajan di kaki lima sekitar kampus. Salah satu jajanan yang paling sering saya temui adalah lumpia. Siapa yang tak kenal dengan lumpia? Jenis gorengan yang renyah dengan harga yang murah ini sering mengganjal perut kita ketika lapar.

Beberapa kali saya mencoba untuk membuat lumpia sendiri di rumah agar lebih hemat. Sayangnya, saya juga sering dikecewakan oleh hasilnya. Ketika dibandingkan dengan lumpia langganan kaki lima, kulit lumpia saya sangat mudah terlepas atau sobek sehingga hasilnya berantakan.

Kulit lumpia memiliki bahan dasar telur, tepung terigu, air, dan sedikit minyak. Air juga bisa diganti dengan susu atau santan sesuai selera. Agar kulitnya bisa lentur dan tidak mudah sobek ketika digulung atau digoreng, takaran bahan juga memegang peranan penting. Tapi, ada beberapa tips yang juga bisa mengatasi hal itu. Lebih jauhnya, langsung simak artikel di bawah ini, ya!

1. Menggunakan putih telur untuk merekatkan kulit 

Agar kulit lumpia yang ingin anda buat tak mudah lepas, anda bisa menggunakan putih telur untuk merekatkan kulit lumpia. Oleskan putih telur pada bagian luar kulit lumpia yang akan direkatkan. Anda bisa menggunakan kuas atau jari tangan langsung untuk mengoleskannya. Selain putih telur, anda bisa juga menggunakan tepung dan air dengan perbandingan 1:2 sendok makan atau air saja untuk merekatkan kulit lumpia ke badannya.

2. Mendiamkan selama beberapa saat

Setelah anda mengoleskan putih telur ke kulit lumpia dan merekatkannya secara perlahan, ada baiknya lumpia lalu dibiarkan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Hal ini dilakukan agar putih telur yang digunakan sebagai perekat tadi  bisa menempel lebih kuat pada kulit lumpia dan mencegah isi dari lumpia tersebut berserakan ketika digoreng. Agar lumpia yang merekat lebih sempurna, anda juga bisa memasukkan lumpia yang siap digoreng ke dalam kulkas selama beberapa saat.

3. Menggunakan wajan atau frypan anti lengket untuk menggoreng

(Image: Lazada)

Tempat untuk menggoreng lumpia merupakan salah satu faktor penting dalam kesuksesan lumpia buatan anda sendiri. Untuk mencegah kulit lumpia yang terlepas dari isinya, gunakanlah wajan atau frypan anti lengket, seperti Maxim Valentino Teflon Frypan (lihat di Lazada DISKON), supaya kulit lumpia tidak menempel di dasar wajan. Wajan Maxim ini dilapisi dengan Teflon Classic sebanyak 2 lapis yang aman dan bebas PFOA. Gunakanlah juga sendok atau sudip yang terbuat dari kayu supaya lebih mudah dalam membalik lumpia yang sedang digoreng.

4. Jangan terlalu sering membalik 

Salah satu kesalahan fatal yang sering dilakukan ketika menggoreng lumpia adalah terlalu sering membalik lumpia. Saat menggoreng, membalik lumpia cukup dilakukan sebanyak sekali. Tunggulah sisi lumpia yang menghadap dasar wajan berubah warna menjadi keemasan, baru setelah itu anda balik dan tunggu hingga warnanya sama. Setelah selesai, baru deh lumpia diangkat dan ditiriskan. Selain mencegah kulit lumpia sobek, cara ini juga bermanfaat agar hasil gorengan lumpia anda tidak terlalu berminyak.

Lumpia dengan bentuk yang cantik pasti akan membuat selera makan bertambah. Oleh karena itu perlu dilakukan langkah-langkah di atas agar lumpia yang anda buat sendiri memiliki tampilan yang menarik. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!