(Image: Shutterstock)

Penulis: Manggarayu.K | Editor: Ria

Minyak goreng adalah bahan dapur yang wajib ada di setiap rumah. Apakah anda juga termasuk yang suka menggunakan minyak secara berulang kali hingga tak terhitung jumlahnya? Minyak masih terhitung aman jika terlihat jernih dan tidak kotor. Kira-kira 2-3 kali pakai untuk memasak gorengan. Namun, cukup menguras kantong ya, bila harus mengganti minyak setelah sejumlah pemakaian tersebut.

Solusinya? Coba jernihkan minyak bekas sendiri di rumah! Cara ini pasti lebih hemat dan dijamin praktis. Selama kenampakannya jernih dan kuning, minyak goreng bisa dipakai untuk menggoreng tanpa risiko-risiko tertentu. Bagaimana caranya? Simak yang satu ini!

1. Nasi

Ada nasi sisa di rumah? Gunakan saja untuk menjernihkan minyak! Caranya mudah sekali, yakni ambil segenggam nasi dan kepal-kepalkan hingga bulat. Masukan dalam wajan berisi minyak jelantah panas dan gulingkan hingga semua kotoran menempel pada nasi. Cara ini harus dilakukan berulang kali dan butuh nasi kepal lebih dari satu.

2. Kentang

Konon, kentang juga bisa menyerap kotoran dalam minyak. Namun prinsipnya sama dengan nasi kepal di atas. Kupas dan potong kentang berukuran sedang menjadi 5-6 bagian. Masukan dalam minyak jelantah panas, lalu bolak-balikan potongan kentang hingga kembali jernih.

3. Arang Kayu (Charcoal)

Arang kayu atau charcoal merupakan sisa pembakaran kayu yang menghitam. Sifat arang kayu yang menyerap kotoran dan residu juga ampuh untuk minyak jelantah. Caranya, haluskan arang kayu dengan ditumbuk. Pastikan hasil tumbukan benar-benar berbentuk serbuk. Selanjutnya, masukan dua genggam serbuk arang kayu untuk 1 liter minyak jelantah. Aduk merata dan tunggu hingga warna minyak lebih terang jernih. Saring minyak berisi arang kayu dan minyak layaknya baru ini siap digunakan!

4. Kulit Pisang

Sehabis mengupas pisang, jangan buang dulu kulitnya! Kulit ini bisa menjernihkan minyak jelantah, lho. Kulit pisang ‘kematengan’ memiliki zat karbon yang cukup tinggi dan mampu menyerap kotoran. Potong kulit pisang 3-4 bagian, lalu letakkan dalam saringan. Tuang minyak jelantah melalui saringan tersebut ke wadah penampungnya. Tahan saringan di bibir wadah dan biarkan kulit pisang menyerap kotoran secara perlahan.

Kalau ingin lebih ampuh dan cepat, blender potongan kulit pisang hingga halus. Ambil ampasnya dan letakkan di saringan. Lalu, tuang minyak jelantah ke dalam saringan dan biarkan proses menyaring berjalan.

Rasanya ingin langsung coba di rumah, ya. Selain menjernihkan minyak jelatah, ada tips lain untuk menghemat pemakaian minyak. Klik di sini, yuk!