(Image: Bigstockphoto)

Penulis: Valentina.J | Editor: Ria

Rebung sebenarnya memiliki rasa yang manis dan khas, tetapi tidak jarang saya mendapati rebung yang agak pahit dan berbau langu apalagi saat membeli lumpia. Alhasil, lumpia yang biasanya nikmat justru malah membawa malapetaka saat dimakan. Kamu punya pengalaman yang sama seperti saya? Nah, usut punya usut hal ini ternyata disebabkan karena cara pengolahannya yang salah. Seperti apa sih cara mengolah rebung yang benar? Simak tips di bawah ini ya!

1. Memilih rebung yang segar

Sebelum mengolah rebung, tentu saja kamu perlu tahu cara memilih rebung yang segar. Rebung bisa kamu beli di pasar ataupun supermarket dalam bentuk utuh atau yang sudah diiris tipis-tipis. Saat membeli rebung, pilihlah rebung yang masih muda karena dagingnya masih empuk (bukan lembek) dan belum terlihat serat-serat bambunya. Keempukan dagingnya dapat kamu lihat dari bagian pangkalnya yang belum menghijau. Tetapi kalau kamu masih ragu saat memilihnya, kamu bisa meminta tolong kepada penjualnya untuk memilihkannya untukmu. Lebih mudah bukan?

2. Menghilangkan rasa pahit

Rebung yang sudah kamu olah terasa pahit? Wah hati-hati ladies, karena ciri-ciri dari rebung yang beracun adalah rasa yang pahit. Oleh karena itulah setelah kita membeli rebung dari pasar, jangan lupa untuk mengupas kulit dari rebung untuk mencegah keracunan. Sebelum memulai mengolah rebung, kamu juga disarankan untuk merebus rebung bersama air garam selama 10-20 menit. Air rebusannya kemudian dibuang ya karena di dalamnya mengandung racun sianida. Jadi jangan digunakan lagi air rebusannya, apalagi dijadikan air seduhan kopi vietnam, nah lho!

3. Menghilangkan bau langu

Rebung memiliki bau langu atau pesing yang sangat menganggu buat sebagian orang. Bagi yang belum pernah mencium bau langu dari rebung, kamu bisa coba mampir ke pasar untuk mengetahui seperti apa baunya. Lalu kamu bisa coba tips dari ResepKoki ini untuk menghilangkan bau tersebut.

Cara untuk menghilangkan bau tersebut cukup mudah. Iris tipis-tipis rebung yang kamu sudah beli dan cucilah minimal 3 kali agar rebung bersih dari kotoran. Sesudahnya, lakukan tips untuk menghilangkan rasa pahit dari rebung. Kemudian, rebus ulang rebung kamu bersama daun jeruk dan jahe hingga teksturnya melunak. Bau daun jeruk dan jahe akan menghilangkan bau langu dari rebung sehingga rebung kamu siap untuk diolah jadi menu masakan lainnya.

Ternyata mudah kan mengolah rebung sebelum dimasak menjadi hidangan yang lezat. Sekarang kamu tidak perlu lagi sedih kalau mendapati lumpia dengan rebung yang pahit dan berbau langu. Kamu sudah bisa membeli dan mengolahnya sendiri untuk mendapatkan lumpia atau bahkan olahan rebung lain yang lebih lezat.

 

 

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi