Penulis: Graminda | Editor : Atsa

Termasuk sumber karbohidrat, jagung seringkali disantap sebagai pengganti nasi. Rasa manis-gurih dari jagung memang khas. Tidak ayal, banyak yang menggemari makanan berwarna kuning cerah ini.

Selain lezat, jagung tergolong mudah untuk diolah. Baik makanan manis maupun asin, bisa tercipta dari pipilan jagung ini. Jika anda punya persediaan jagung, coba kreasi jagung berikut ini, yuk!

Baca Juga: 3 Cara Mudah Membakar Jagung Agar Lebih Lezat

1. Bubur (Jenang) Jagung

bubur jagung

Sarapan sehat dengan makanan tradisional yang satu ini. Teksturnya kental dengan rasa rasa manis-gurih dari jagung dan santan. Walau butuh pengorbanan waktu, cara bikin bubur jagung dijamin sangat mudah.

Anda tinggal campur santan, gula pasir, dan daun pandan hingga mendidih. Kemudian tambahkan jagung halus, jagung pipil, susu, dan larutan tepung beras. Terakhir, aduk sampai kental.

Coba Resep: Jenang Jagung Wangi Sedap Mudah Dibuat

2. Bakwan Jagung

bakwan jagung

Hampir tiap orang pasti pernah mencoba bakwan jagung. Bagaimana tidak? Bakwan jagung adalah alternatif selain bakwan sayur yang terlalu mainstream. Soal rasa manis-gurih dan kerenyahannya, tentu tidak perlu dipertanyakan lagi. Mantap betul!

Sebelum dicampur adonan terigu, jagung pipil diulek kasar terlebih dulu. Baru setelah itu aduk bersama adonan terigu, telur, daun bawang, dan bumbu halus. Goreng hingga kecoklatan dalam minyak panas. Bakwan jagung hangat yang lezat siap masuk mulut anda!

Coba Resep: Bakwan Jagung Lezat Renyah Sederhana

3. Sup Jagung Ayam

sup jagung lezat

Sup klasik berisi jagung pipil, ayam dan potongan sayuran ini memang tidak boleh dilewatkan. Biar ada sensasi unik, sup jagung ayam diberi siraman kocokan telur. Jadinya, kuah sup akan lebih gurih dan kental.

Seperti biasa bumbu sop ditumis lalu dimasukan dalam air kaldu. Kemudian tambahkan jagung pipil, ayam rebus suwir, dan potongan sayuran. Saat air mendidih, masukkan kocokan telur dan langsung aduk. Tunggu sampai telur matang, baru sajikan.

Coba Resep: Sup Jagung Istimewa yang Lezat & Praktis

4. Kue Talam jagung

talam jagung legit

Tidak ada salahnya kreasikan jajanan tradisional dengan jagung. Buktinya, kue talam jagung ini jadi cemilan yang benar-benar lezat. Kombinasi kelembutan talam sangat pas dengan jagung pipil yang manis.

Lapisan santan terdiri dari campuran jagung pipil blender, gula pasir, tepung beras, tepung tapioka, santan, dan telur. Lapisan tersebut dikukus selama 10 menit terlebih dahulu.

Sedangkan lapisan santan hanya terdiri dari santan, tepung terigu, dan tapioka. Lapisan santan ini dituang ke atas lapisan jagung. Keduanya lanjut dikukus hingga matang. Nah, tunggu dingin dulu sebelum dikeluarkan dari cetakan, ya.

Coba Resep: Talam Jagung Legit Manis Praktis

5. Sayur Asem

sayur asem sunda

Jika ingin olahan jagung yang segar berkuah, cobalah memasak sayur asem. Hanya saja perlu ada tambahan isian lain seperti kacang panjang, labu, dan melinjo. Adanya jagung bikin kuah yang asam pedas jadi lebih manis dan segar.

Bikin sayur asem sangat praktis. Cukup masukan bumbu halus, lengkuas, jagung manis, melinjo, labu siam, dan kacang tanah dalam rebusan air. Lalu bumbui sesuai selera. Jangan lupa beri air asam jawa juga. Setelah matang, sajikan selagi hangat. Wah, segar!

Coba Resep: Sayur Asem Segar Sedap ala Sunda

6. Jasuke

jasuke hangat sedap

Jasuka atau jagung-susu-keju merupakan cemilan yang lezat, ekonomis lagi praktis. Bagaimana tidak? Semua bahan yang lezat serta murah meriah dicampur jadi satu. Biar lebih hemat, anda bisa bikin sendiri. Plus, bisa kasih topping sesuka hati!

Pipil jagung lalu rebus selama 10 menit. Setelah itu, campur jagung dengan margarin dan susu kental manis. Beri keju dan topping lainnya sesuai selera. Cemilan sehat dan super murah pun sudah jadi.

Coba Resep: Jagung Susu Keju (Jasuke) Sedap Ekonomis Praktis

7. Lepet Jagung

lepet jagung istimewa

Orang Jawa Timur pasti tidak aneh dengan jajanan berbahan kelapa muda dan jagung ini. Dibungkus dengan kulit jagung, lepet jagung sangat empuk, kenyal dan manis. Kulit daun juga bikin aroma lepet kian tercium harumnya. Dan ternyata bikin lepet cuma 45 menit!

Jagung pipil ulek dicampur dengan kelapa muda parut, gula, garam, dan vanilli. Kemudian letakkan 2 sdm adonan di atas kulit jagung. Gulung memanjang dan rapatkan. Selanjutnya, cukup kukus selama 30 menit. Jadi, deh!

Coba Resep: Resep Lepet Jagung Praktis & Istimewa

8. Corndog

corndog lezat

Jajanan bergaya western ini ternyata dibuat dari campuran jagung, terigu, dan sosis. Kalau mau lebih enak, tambah saus tomat dan saus mustard di atasnya.

Untuk bikin kulitnya, anda perlu mencampur terigu, jagung halus, telur, susu, dan baking powder. Kemudian tusuk sosis dan celupkan dalam adonan tersebut, dan goreng hingga kecoklatan.

Coba Resep: Resep Corndog

9. Puding Jagung

puding jagung

Dessert dari jagung juga ternyata tidak kalah enak dari olahan lain. Rasa manis khas dari jagung bikin lidah bergoyang! Supaya lebih cantik, puding dibikin dua lapis dengan topping jagung pipil. Ngemil sehat, segar, dan simpel dalam satu waktu.

Lapisan kuning didapat dari campuran jagung pipil blender dan santan yang disaring. Campuran tersebut ditambah agar-agar dan gula. Kemudian dimasak dan dituang dalam cetakan.

Sedangkan lapisan putih adalah campuran santan, agar-agar, gula, dan jagung pipil utuh yang dimasak hingga didih. Lapisan tersebut dituang di atas lapisan kuning yang mulai mengeras. Terakhir, beri topping dan biarkan dingin.

Coba Resep: Puding Jagung Dua Lapis Lembut & Manis

Semua olahan jagung di atas super gampang dibuat. Anti gagal, anti ribet, dan dijamin ekonomis. Nah, sekarang mau bikin yang mana? Mulai dari yang tergampang dulu saja, bakwan jagung!

9 Resep Jagung yang Lezat, Praktis, dan Gampang Dibuat
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 4.6 (92%) 5 votes