Penulis: Graminda

Seperti namanya, slow cooker berarti teknik memasak dengan panas dalam waktu yang lama. Menggunakan alat ini, masakan anda akan terjaga kandungan gizinya. Selain itu slow cooker tidak bikin air susut, lho!

Bagi anda yang berminat beli slow cooker, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berhubung alat yang satu ini cukup mahal, jangan sampai menyesal karena salah pilih, ya! Intip trik cerdas memilih slow cooker di bawah ini.

1. Pilih Ukuran Sesuai Kebutuhan

Slow cooker terdiri dari beragam ukuran, mulai dari 0.6 L hingga 6.5 L. Bila diperkirakan, slow cooker dengan kapasitas 1-3 L cukup untuk 1-2 orang. Jika butuh untuk keperluan satu keluarga, lebih baik pilih yang berkapasitas >5 L. Kecuali jika hanya untuk bayi, slow cooker dibawah 1 L pun sudah cukup.

2. Desain Penutup Slow Cooker

Pilih penutup slow cooker berbahan dasar kaca dan transparan. Fungsinya untuk menahan suhu agar stabil. Selain itu, anda bisa mengecek masakan tanpa harus membukanya. Walaupun sebagian besar penutup slow cooker sudah seperti itu, tapi ada juga yang masih berbahan keramik ataupun plastik.

3. Fitur Timer

Ada jenis slow cooker yang manual, yaitu harus dimatikan oleh anda sendiri. Ada juga yang otomatis beralih ke mode warm setelah timernya diatur. Nah, tidak dipungkiri bahwa slow cooker dengan fitur timer otomatis memang lebih mahal. Tapi, anda tidak perlu khawatir masakan jadi overcooked.

Baca Juga: Serba Serbi Slow Cooker: Cara Kerja, Jenis, dan Fungsinya

Setelah baca trik di atas, cek juga slow cooker terbaik yang paling direkomendasikan! Biar pas mau beli, anda tidak bingung pilih merk dan jenisnya lagi.

6 Slow Cooker Terbaik

6. Cyprus Slow Cooker 0064

(Image: Lazada)

Hanya berkapasitas 0.7 L dengan daya 70 watt, bikin slow cooker Cyprus ini cukup untuk sekali makan saja.  Namun, jika untuk sekedar masak MP ASI, tentu tidak masalah. Baik pot maupun tutupnya terbuat dari keramik food grade  yang tahan panas. Hasilnya, masakan pun lebih lezat dan bergizi.

Kekurangan cyprus slow cooker adalah pengaturan panasnya yang manual dan hanya satu pilihan (on/off). Jadi harus pintar mengira-ngira lamanya waktu masak supaya masakan tidak terlalu matang (overcooked).

Harga: Rp 180.000

Beli di Lazada: Cyprus SC 0064

5. Maspion MSC 1825

(Image: Lazada)

Kapasitas slow cooker dari maspion ini cukup besar, yaitu 2.5 L dengan daya 180 watt. Potnya terbuat dari keramik, sedangkan tutupnya dari kaca transparan. Dilengkapi pula dengan pegangan yang kokoh di kedua sisi. Cocok untuk masak porsi berdua.

Slow cooker maspion masih tergolong manual. Sehingga, harus dimatikan sendiri, ya. Tapi, untungnya ada tombol yang bisa mengatur suhu low, high, atau auto.

Harga: Rp 250.000

Beli di Lazada: Maspion SLow Cooker MSC 1825

4. Miyako SC-400

(Image: Lazada)

Walaupun berkapasitas 4 L, daya yang dipakai slow cooker miyako ini lumayan rendah, lho. Hanya 160 watt! Ditambah harganya yang dibawah Rp 300.000, jadi nilai tambah buat slow cooker satu ini. Desainnya pun simpel dan terkesan kokoh.

Tutup pancinya terbuat dari kaca, namun diberi pegangan tebal sehingga tidak takut jatuh atau pecah. Meskipun masih manual, tapi setidaknya bisa pilih mode low, high, atau warm. Sangat pas buat kado atau pasangan pengantin baru, nih.

Harga: Rp 265.000

Beli di Lazada:  Miyako Slow Cooker SC-400

3. Baby Safe LB 007

(Image: Lazada)

Slow cooker keluaran Baby Safe ini hanya berkapasitas 0.8 L dengan daya 100 watt. Sehingga lebih cocok untuk masak PMT bayi atau keperluan individu.

Pot yang dipakai berbahan keramik yang sangat mudah dibersihkan dan tidak berkerak. Plus, tutup potnya terbuat dari kaca tahan panas. Anda pun bisa intip makanan tanpa membukanya.

Slow cooker ini dilengkapi dengan multiple timer (2, 3, dan 4 jam) serta fitur keep warm otomatis. Jadi, setelah timer habis, maka slow cooker akan otomatis berada di mode keep warm selama 6 jam.  Tidak perlu takut masakan terlalu matang, deh. Ada garansi resmi 1 tahun juga, lho!

Harga: Rp 280.000

Beli di Lazada: Slow Cooker Baby Safe LB 0007

2. Vicenza VSC-001

(Image: Lazada)

Jika ingin masak porsi besar dengan slow cooker, maka VSC 0001 adalah jawabannya. Berkapasitas 6.5 L, cukup untuk 5-6 orang. Bentuknya yang oval bisa dipakai untuk masak 2 ayam utuh sekaligus. Wow!

Seperti slow cooker lainnya, pot Vicenza VSC 0001 terbuat dari keramik. Tombolnya memang tidak memiliki timer, tapi bisa di atur ke mode low, high, dan warm. Artinya, bisa juga dipakai untuk hangatkan masakan. Tapi, daya slow cooker Vicenza ini cukup tinggi, yaitu 320 watt.

Harga: Rp 460.000

Beli di Lazada: Vicenza Slow Cooker VSC 0001

1. Takahi Slow Cooker 3102 HR

(Image: Lazada)

Berkapasitas 1.2 L, slow cooker merk Takahi cukup untuk konsumsi 2 orang. Daya yang dihabiskan pun cukup rendah, yaitu 95 watt saja. Uniknya, pot slow cooker Takahi yang terbuat dari tembikar ini juga bisa dipakai untuk masak di atas api. Jadi, tidak takut mati listrik, deh.

Tutupnya terbuat dari kaca transparan dan luar potnya berbahan stainless steel food grade. Namun, slow cooker ini harus dioperasikan manual. Anda bisa atur ke mode off, low, high, dan auto shift. Auto shift berfungsi menjaga suhu agar konstan dalam waktu lama. Cocok untuk stok PMT bayi selama seharian.

Harga: Rp 699.000

Beli di Lazada: Takahi Slow Cooker 1.2 L

Pastinya kini anda sudah ada pencerahan tentang slow cooker, kan. Saran saya, pilih yang paling tepat dengan kebutuhan anda. Jangan cuma tertarik dengan model dan harga saja, ya.

6 Slow Cooker Terbaik dan Trik Cerdas Memilih Sesuai Kebutuhan
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 3 votes