Penulis: Graminda

Ikan merupakan salah satu makanan favorit saya terutama ikan laut. Sebab selain karena dagingnya yang empuk, ikan juga tinggi protein. Makanya, saya selalu usahakan menyantap ikan minimal seminggu lima kali. Sehat dan lezat dalam satu paket makanan!

Agar tidak bosan, coba olah ikan jadi sajian yang lebih istimewa. Tidak perlu yang aneh atau unik, hidangan ikan khas nusantara juga sedap, kok. Coba saja tengok berbagai sajian ikan nusantara di bawah ini.

Baca Juga: 6 Tips Sederhana & Cepat Memilih Ikan Segar

1. Pepes Ikan Mas

Orang sunda punya sajian ikan khas tersendiri, yaitu pepes ikan mas. Ciri khasnya, aroma daun kemangi dan daun pisang yang sangat harum. Belum lagi rasa gurih dan tekstur ikan yang lembut hingga ke tulang, bikin siapa saja ketagihan. Lebih sedap bila disantap dengan sambal goang, nasi hangat dan kerupuk.

Aroma pepes ikan mas juga berasal dari baluran bumbu. Seperti bawang merah, bawah putih, kemiri, kunyit, jahe, dan lengkuas. Setelah itu, ikan ditutup daun kemangi dan dibungkus daun pisang. Baru dikukus selama 2 jam hingga matang. Pantas saja aromanya menggoda, ya!

Coba Resep: Resep Pepes Ikan Mas khas Sunda

2. Pesmol Ikan Nila

pesmol ikan nila

Pesmol bisa juga diibaratkan bumbu kuning kental. Rasa bumbu ini gurih sekaligus pedas. Nah, agar bumbu lebih meresap, ikan digoreng dulu sebelum diberi bumbui pesmol. Ikan yang digunakan pun bisa apa saja. Namun, biasanya dipilih ikan nila agar renyah saat digoreng.

Bumbu pesmol cukup sedikit, hanya bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, dan jahe. Bumbu tersebut ditumis dan diberi sedikit tambahan air. Setelah wangi, baru dimasukkan ikan nila goreng dan cabai rawit. Aduk ikan dan biarkan bumbu mengental. Anda pun akan dapatkan pesmol ikan nila yang renyah diluar dan lembut di dalam.

Coba Resep: Resep Pesmol Ikan Nila Istimewa dan Lezat

3. Ikan Bawal Bakar Madu

Ikan bawal bakar bebas bau amis

Ikan bakar memang selalu bisa menawan hati. Apalagi jika ada tambahan madu yang manis dan legit. Di sunda, ikan digoreng dulu sebelum dibakar. Tujuannya agar bumbu lebih meresap serta matang sempurna. Saat membakar, gunakan ikan yang lembut seperti ikan bawal, ya!

Sebelum digoreng, ikan dibumbui dengan campuran bawang putih, ketumbar, kunyit, jahe, dan garam. Digorengnya pun hanya sampai permukaannya kering saja. Kemudian, dibakar dengan olesan bumbu kecap dan madu. Sajikan bersama sambal terasi dan lalapan agar lebih istimewa.

Coba Resep: Resep Ikan Bawal Bakar Madu Manis Legit

4. Garang Asem Ikan Tenggiri

garang asem ikan segar

Garang asem adalah masakan khas Jawa Tengah. Selain berbahan ikan, anda juga bisa jumpai garang asem daging, ayam, dan iga. Dari namanya, sudah jelas bahwa masakan ini punya rasa asam dan pedas. Disantap kapanpun, kuah garang asem tetap terasa sangat segar.

Bumbu garang asem hanya bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, kunyit, dan serai. Bumbu tersebut ditumis, lalu diberi air. Setelah rasanya pas, baru dimasukkan ikan, tomat hijau, rawit, dan air jeruk nipis. Makanya, kuah garang asem segarnya luar biasa!

Coba Resep: Resep Garang Asem Tenggiri khas Jawa Tengah

5. Gulai Ikan Tongkol

gulai ikan tongkol enak

Ikan tongkol tidak hanya bisa di balado. Dijadikan gulai pun, ikan ini tetap lezat menggoda. Gurihnya santan berpadu dengan daging tongkol yang sedikit manis, buat rasa masakan yang satu ini sulit dilupakan. Aroma amis ikan tongkol pun tertutupi dengan sempurna oleh berbagai rempah.

Tumisan bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, dan kemiri dicampur dengan santan. Kemudian, ditambahkan daun jeruk, asam kandis, dan daun kunyit. Setelah itu, ikan tongkol dimasukkan dan diaduk perlahan. Wah, pantas saja aromanya harum! Bagi pecinta pedas, bisa juga tambahkan potongan cabai, lho.

Coba Resep: Resep Gulai Ikan Tongkol Lezat dan Gurih

6. Ikan Kembung Balado

Balado ikan kembung pedas

Jika sering ke rumah makan Padang, anda pasti tahu ikan kembung balado. Balado adalah bahasa Minang, yang artinya diberi sambal (lado). Ikan kembung balado khas Padang memang terkenal dengan rasa pedas-gurih dan teksturnya yang renyah. Selain itu, masakan ini termasuk tahan lama dan tetap enak disantap walau sudah dingin.

Walau terlihat sulit, ternyata membuat ikan kembung balado sangat mudah. Hanya perlu menumis sambal balado dari bawang merah, bawang putih, kunyit, cabai merah, daun jeruk, lengkuas, dan serai. Setelah ditumis, campurkan sambal tersebut dengan ikan kembung goreng. Aduk sampai bumbu meresap. Ikan kembung balado istimewa pun siap disajikan!

Coba Resep: Resep Balado Ikan Kembung asli Padang

7. Asam Padeh Patin

Asam padeh ikan patin segar

Asam padeh merupakan bahasa Minang yang berarti asam dan pedas. Masakan ini cocok jika pakai ikan yang berdaging lembut seperti patin, tenggiri, atau kakap. Tidak seperti masakan Minang lain yang penuh santan, asam padeh hadir dengan kuah jernih serta segar!

Tanpa santan, kuah patin didapat dari bumbu berupa bawang merah, bawang putih, cabai dan kunyit. Bumbu tersebut ditumis sampai tercium harum. Kemudian ditambah daun kunyit, daun serai, jahe, dan lengkuas. Setelah rasa kuah pas sesuai selera, masukkan ikan patin, asam kandis, dan tomat hijau. Aduk hingga air menyusut. Lamak nian!

Coba Resep: Resep Asam Padeh Patin khas Minang

Kini, ucapkan selamat tinggal pada olahan ikan yang terlalu mainstream.  Tips tambahan, jangan salah memilih dan mencuci ikan, ya. Sebab, masakan lezat berawal dari bahan yang berkualitas. Selamat mencoba!

 

7 Aneka Sajian Ikan Pilihan yang Praktis, Simpel dan Lezat
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 1 vote