Image: Foodimentary.com

Penulis: Graminda | Editor : Atsa

Lembut dan gurih perkedel kentang memang tidak perlu diragukan. Apalagi kalau disantap bersama cocolan saus pedas. Lezatnya tidak ada tandingannya!

Sayangnya, banyak minyak yang digunakan dan terserap dalam perkedel kentang. Kalau ingat hal tersebut, saya jadi ragu makannya, deh. Nah, supaya perkedel lebih sehat dan tidak banyak minyak, coba cara unik yang satu ini.  Bikin perkedel kentang panggang!

1. Cuci dan Siapkan Bahan

Pastinya selalu diawali dengan cuci bahan terlebih dulu. Cuci kentang, bawang putih, dan seledri dengan air mengalir agar kuman maupun kotoran hilang.

Kemudian, siapkan garam, merica, seledri, kuning telur dan tepung maizena. Tujuannya supaya gampang saat hendak dipakai. Jangan lupa juga panaskan oven dengan suhu 400° fahrenheit atau 204° celsius, ya.

Coba Resep: Resep Perkedel Kentang

2. Haluskan Kentang

Selanjutnya, haluskan kentang dengan cara direbus terlebih dulu. Setelah  matang, hancurkan kentang dan aduk rata. Kemudian, peras kentang dengan lap kering untuk  meminimalkan kandungan airnya.

Supaya lebih aman, jangan menghaluskan kentang dengan blender atau food processor, ya. Tekstur kentang akan terlalu halus dan pati kentang yang keluar bisa membuat adonan lengket, blender atau food processor juga jadi susah dibersihkan.

Coba Resep: Resep Perkedel Bondon Khas Bandung

3. Buat dan Bentuk Adonan Sesuai Selera

Langkah selanjutnya adalah campurkan kentang halus, merica, garam, seledri, dan maizena. Aduk hingga kalis dan rata, kemudian koreksi rasanya. Pada tahap ini, bisa juga dimasukkan bahan lain sesuai selera anda. Misalnya kornet, parutan keju, atau mungkin minyak canola.

Kemudian, bentuk adonan sekreatif mungkin. Namun, sebaiknya adonan tetap pipih agar cepat matang. Setelah itu, letakkan adonan yang sudah dibentuk dalam loyang. Lalu, olesi permukaannya dengan telur.

Baca Juga: 5 Tips agar Perkedel Rekat Sempurna

4. Panggang Adonan 

Tidak lupa memanaskan oven, kan? Sebab, adonan sudah siap panggang. Sebelumnya pastikan adonan sudah rekat dan tidak hancur, ya. Baru setelah itu panggang adonan selama kurang lebih 20-30 menit.

Sangat mudah dan praktis, kan. Sekarang, ucapkan selamat tinggal pada perkedel berminyak. Dan selamat datang perkedel panggang yang lezat namun tetap sehat!

Cara Membuat Perkedel Kentang Krispi dan Gurih Tanpa Digoreng
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)