Penulis: Graminda | Editor: Ria

Air kelapa muda terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan. Mulai dari cegah dehidrasi hingga menurunkan tekanan darah. Tidak heran, banyak yang gemar berburu kelapa muda untuk diambil air dan dagingnya.

Ternyata, bukan hanya untuk kesehatan, air kelapa muda juga berguna untuk masakan. Terbukti, banyak resep yang menggunakan air kelapa muda sebagai tambahan. Apa alasannya, ya?

Baca Juga: Manfaat Air Kelapa Muda

1. Memberikan Rasa Manis yang Ringan

Air kelapa muda miliki rasa manis alami. Meski ringan, rasa manis tersebut bikin masakan jadi kaya rasa. Contohnya saat menggunakan air kelapa pada resep bebek goreng kremes. Bebek yang dihasilkan lebih legit dan ada rasa manis yang beda dari biasanya, lho!

Gantilah air rebusan bebek dengan air kelapa muda. Gunakan api yang kecil agar daging tidak hancur. Nah, rasa manis dari air kelapa muda akan terserap dalam daging bebek. Tambahkan juga air kelapa dalam adonan kremes agar terasa manis.

Coba Resep: Resep Bebek Kaleyo

2. Tambahan Rasa Gurih

Selain rasa manis, air kelapa muda juga memberikan rasa gurih. Memang tidak terlalu kuat, tapi cukup untuk membuat anda ketagihan!

Tipsnya adalah ganti air yang digunakan untuk memeras santan dengan air kelapa muda. Tips ini bisa anda aplikasikan pada resep sayur lodeh, nasi uduk, soto, dan opor ayam. Dijamin, kuahnya lebih gurih dan manap!

Coba Resep: Resep Opor Ayam Putih

3. Meningkatkan Aroma Masakan

Selain tingkatkan ketajaman rasa, air kelapa muda juga mampu tingkatkan ketajaman aroma masakan, nih. Maka dari itu, masakan apapun yang menggunakan air kelapa muda akan lebih wangi.

Contohnya saat menggunakan air kelapa pada olahan nasi kuning, tempe bacem, dan puding. Anda pasti akan kaget karena wangi masakan yang lebih harum dan menggoda!

4. Menghilangkan Bau Amis

Setali dengan meningkatnya aroma masakan, bau amis dari masakan pun hilang. Plus, daging akan lebih legit bila direndam air kelapa muda.

Sebut saja daging kambing yang berbau prengus. Cukup direndam selama 30 menit dengan air kelapa muda, bau tersebut akan hilang. Dan khusus untuk ikan, cukup cuci atau rendam selama 2 menit saja, ya! Kalau terlalu lama, daging bisa hancur saat dimasak.

5. Mengempukan Daging

Daging yang alot dan liat bisa diatasi dengan penggunaan air kelapa muda. Efeknya, daging jadi empuk dan mengurangi waktu memasak.

Rendam daging tersebut selama 15-30 menit dengan air kelapa muda. Contohnya, adalah daging yang susah empuk seperti bebek, sapi, dan kambing. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai pengganti air ungkep untuk ayam goreng. Pasti daging lebih lembut!

Coba Resep: Resep Bistik Daging Sapi

Nah, mulai sekarang jadikan air kelapa muda sebagai senjata rahasia masakan anda. Lebih wangi, kaya rasa dan legit, masakan pun siap menjadi primadona. Yuk, dicoba!

5 Kegunaan Air Kelapa Muda Bagi Masakan Lezat Anda
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)