Penulis: Windy | Editor: Ria

Masakan opor selalu menjadi pilihan saya saat lebaran untuk dinikmati bersama keluarga besar. Apalagi jika dinikmati dengan lontong dan sambal korek. Hmm, membayangkannya saja sudah membuat menelan ludah.

Bila anda masak opor dalam jumlah banyak, ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar tidak basi saat menyimpannya

1. Pilih kelapa tua yang segar

Kelapa yang digunakan untuk dijadikan santan opor sebaiknya adalah kelapa tua segar. Setelah memilih kelapa yang sesuai, parut kelapa hingga halus sehingga mudah untuk diperas. Kemudian, peras kelapa parut hingga menjadi santan.

Untuk menghasilkan santan kental, peras kelapa parut dengan air panas atau hangat. Cara ini juga bisa mengurangi risiko berkembangnya bakteri yang bisa buat masakan cepat basi. Sedangkan untuk memeras santan cair, anda cukup menggunakan air matang bersuhu ruang.

Baca juga: 4 Tips Sukses & Lezat Memasak Opor Ayam

2. Masak hingga benar-benar matang

Selesai memeras santan kelapa dan menghaluskan bumbu-bumbu opor, tumis bumbu opor terlebih dahulu hingga matang lalu masukkan santan dan ayam. Jika semua bahan sudah dimasukkan, masak hingga opor mendidih. Kemudian, tunggu sekitar 10 menit agar opor benar-benar matang dan santan berkurang sedikit.

Coba resep: Resep Opor Ayam Kuning

3. Hangatkan sebelum disantap

Selalu ada kemungkinan opor tidak habis disantap lalu disimpan untuk waktu makan berikutnya. Jika opor akan disantap kembali sore hari, sebaiknya anda jangan lupa untuk menghangatkannya terlebih dahulu. Selain menambah kenikmatan, menghangatkan opor lagi menjadi salah satu cara agar menghindari basi.

Coba resep: Resep Opor Ayam Putih

4. Hindari mengaduk setelah dihangatkan

Jika anda sudah tidak ingin menyantap opor hari ini, cukup hangatkan opor kembali. Saat menghangatkan, jangan mengaduk-aduk opor ayam dengan sendok sayur atau alat lainnya. Kontak dengan benda asing saat menghangatkan akan mempercepat opor ayam basi nantinya.

5. Jangan menutup panci

Saat menghangatkan kembali opor ayam, biarkan panci dalam keadaan terbuka. Dengan begitu, udara panas yang ada di dalam panci dapat keluar sehingga tidak membuat opor cepat basi. Setelah api dimatikan, biarkan suhu opor ayam turun dengan sendirinya sebelum disimpan.

6. Simpan di lemari es

Kalau sudah tidak ada lagi yang menyantapnya, simpan opor ayam ke dalam freezer agar tidak cepat basi. Sebelum dimasukkan ke dalam freezer, opor ayam harus dihangatkan terlebih dahulu, kemudian dibiarkan di suhu ruang hingga uap panasnya hilang. Setelah itu, tuang opor ayam ke wadah kedap udara dan masukkan ke dalam freezer.

Setelah mengetahui tips ini, pasti opor yang akan dimasak anda nanti akan bertahan lama. Jadi, serasa lebaran setiap hari, deh!