Penulis: Tia

Panci kukus merupakan salah satu peralatan dapur yang wajib ada di dapur saya. Sebab, saya suka sekali dengan makanan kukus. Mulai dari pepes, dimsum, siomay, hingga garang asem ayam. Kalau tidak ada panci kukus, makanan-makanan tersebut pastinya tidak bisa saya buat, apalagi santap.

Coba: Resep Garang Asem Ayam

Memiliki panci kukus tidak hanya memungkinkan saya bisa masak makanan kesukaan, tapi juga makanan yang lebih sehat. Kalau anda juga ingin mulai memasak sehat, membeli panci kukus adalah langkah awal yang tepat. Berikut jenis-jenis panci kukus dan 5 rekomendasi panci kukus terbaik yang bisa anda pilih.

Jenis-jenis panci kukus yang bisa anda pilih

1. Plate type

Secara sederhana, plate type adalah jenis wadah kukusan yang memerlukan panci atau wajan tambahan untuk wadah air mendidih. Ada yang berupa piringan aluminium, terbuat dari bambu, dan juga terbuat dari plastik tahan panas. Ukurannya cenderung kecil, dengan diameter sekitar 20 cm saja. Oleh karena itu, wadah kukusan plate type lebih cocok digunakan untuk mengukus makanan dalam jumlah sedikit dan ukuran yang kecil, seperti dimsum, sayur, dan siomay.

2. Dandang

Panci kukus jenis dandang merupakan yang paling banyak dimiliki. Harganya terjangkau, memiliki ukuran yang bervariasi, dan pastinya mudah serta praktis digunakan.

Dandang biasanya terbuat dari bahan aluminium yang cukup tebal. Saat membelinya, anda akan mendapatkan 1 buah panci beserta tutupnya dan 1 piring kukus. Panci pada dandang ini memiliki kapasitas yang besar dan mampu menampung banyak air. Sehingga, anda tidak perlu takut air akan habis sangat mengukus.

3. Panci kukus susun

Panci kukus jenis ini sangat cocok untuk mengukus dalam jumlah banyak dan 2-3 jenis makanan sekaligus. Panci kukus susun biasanya terdiri dari 2 hingga 4 tingkat. Panci paling bawah memiliki kapasitas paling besar karena digunakan untuk wadah air mendidih, sedangkan panci lainnya memiliki kapasitas yang sama.

Panci kukus susun dijual dengan harga yang lebih mahal dari panci kukus jenis lainnya. Bukan hanya karena jumlah pancinya lebih banyak, tapi juga karena terbuat dari bahan stainless steel berkualitas. Penggunaan bahan stainless steel ini membuat panas tersebar lebih merata dan makanan matang sempurna hingga ke tingkatan panci paling atas.

5 rekomendasi panci kukus terbaik

5. Maspion Dandang Ekonomi B

Image: Tokopedia

Panci kukus jenis dandang dari Maspion ini merupakan salah satu panci kukus yang paling populer. Harganya murah, mudah ditemukan, dan pastinya mudah digunakan.

Maspion Dandang Ekonomi B terbuat dari bahan aluminium berkualitas. Dengan diameter sekitar 26 cm, dandang ini memiliki kapasitas yang cukup besar dan mampu digunakan untuk mengukus ikan secara utuh.

Harga: Rp 48.200

Beli di Tokopedia: Maspion Dandang Ekonomi B

4. Tupperware Steam It

Image: Tokopedia

Tidak hanya memproduksi wadah makanan dan minuman, sekarang Tupperware juga mengeluarkan produk untuk mengukus bernama Steam It. Wadah kukusan ini termasuk ke dalam jenis plate type karena anda membutuhkan wajan tambahan sebagai wadah air mendidih. Diameternya terbilang kecil, yakni sekitar 20 cm saja. Namun, Tupperware Steam It terdiri dari 2 susun, sehingga bisa digunakan untuk mengukus dengan jumlah cukup banyak.

Tupperware Steam It terbuat dari bahan plastik. Tapi anda tidak perlu takut karena plastik ini tahan panas dan BPA free, sehingga aman untuk kesehatan. Sama seperti produk Tupperware lainnya, Steam It juga memiliki garansi seumur hidup untuk kerusakannya. Menguntungkan, ya?

Harga: Rp 120.998

Beli di Tokopedia: Tupperware Steam It

3. Panci America High Pot 5 in 1

Image: Tokopedia

Kalau anda membutuhkan cukup banyak panci kukus tapi dana terbatas, Panci America High Pot 5 in 1 ini adalah pilihan yang tepat. Dengan hanya mengeluarkan uang di bawah Rp 200.000, anda sudah bisa mendapatkan 5 buah panci dalam berbagai ukuran. Tidak lupa juga 2 buah piring kukus sebagai kelengkapan.

Panci ini termasuk dalam jenis dandang tapi sudah terbuat dari bahan stainless steel berkualitas. Ukuran kelima pancinya terbilang kecil-kecil. Jadi, lebih cocok untuk mengukus sayur, dimsum, siomay, atau bakpao.

Harga: Rp 155.000

Beli di Tokopedia: Panci America High Pot 5 in 1

2. BIMA Prima Pot & Steamer Stainless 304

Image: Tokopedia

BIMA Prima Pot & Steamer memiliki fungsi 2 in 1, yakni untuk mengukus dan merebus. Panci paling atas digunakan khusus untuk mengukus karena pada bagian bawahnya terdapat lubang-lubang sebagai jalur uap. Sementara panci paling bawah dapat digunakan untuk merebus aneka makanan dan air mendidih saat mengukus.

Panci kukus ini terbuat dari stainless steel, sehingga mampu menyebarkan panas secara merata dan mematangkan makanan dengan sempurna. Diameternya cukup kecil, hanya 20 cm saja. Tapi sudah sangat bagus dan mencukupi kebutuhan mengukus sehari-hari.

Harga: Rp 255.000

Beli di Tokopedia: BIMA Prima Pot & Steamer Stainless 304

1. SUPRA Panci Kukus 28 cm 3 Susun

Image: Tokopedia

Sedang butuh panci kukus susun yang terjangkau? SUPRA Panci Kukus adalah jawabannya. Panci kukus ini terdiri dari 3 susun. Panci paling bawah berfungsi sebagai wadah air mendidih dan 2 panci lainnya sebagai wadah makanan. Masing-masing panci berdiameter 28 cm. Jadi, anda bisa mengukus daging berukuran besar dan ikan secara utuh.

Karena termasuk panci kukus susun, SUPRA Panci Kukus ini terbuat dari bahan stainless steel berkualitas. Sehingga, anda tidak perlu khawatir karena makanan pasti matang merata. Bagi anda yang menggunakan kompor induksi di rumah, panci kukus ini adalah pilihan yang tepat.

Harga: Rp 373.200

Beli di Tokopedia: SUPRA Panci Kukus 28 cm 3 susun

Itulah 5 rekomendasi panci kukus terbaik yang bisa anda jadikan referensi. Panci kukus mana yang harus dibeli, kembali lagi ke kebutuhan anda. Kalau hanya untuk sesekali mengukus, jenis plate type dan dandang bisa menjadi pilihan. Namun, kalau untuk sering digunakan atau bahkan untuk berjualan, pilihan terbaik adalah panci kukus jenis susun.

5 Rekomendasi Panci Kukus dan Jenis-Jenisnya yang Bisa Anda Pilih
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)