Penulis: Tia

Orang Indonesia itu belum makan katanya kalau belum menyantap nasi. Untuk itu, keberadaan rice cooker sangat dibutuhkan sekali saat ini, supaya dapat menyediakan nasi dengan cepat dan praktis.

Karena merupakan salah satu kebutuhan memasak utama, banyak sekali tipe, jenis, dan merk rice cooker yang beredar di pasaran. Di bawah ini, akan dibahas jenis-jenis rice cooker yang umum dijual dan digunakan, serta 5 rekomendasi rice cooker terbaik di tahun 2018.

Ada 2 jenis rice cooker yang paling banyak di pasaran:

1. Magic com 3 in 1

Saat ini, hampir seluruh rice cooker di pasaran sudah berbentuk magic com. Bagi yang belum tahu, magic com merupakan rice cooker 3 in 1. Yang mana, fungsinya tidak hanya untuk memasak nasi, tetapi juga menghangatkan nasi dan mengukus makanan. Bahkan, ada beberapa magic com yang bisa digunakan juga untuk merebus mie instan hingga membuat sup sayuran.

Bentuk dari magic com ini sekilas hampir sama dengan rice cooker biasa. Namun, yang membedakan adalah pada magic com terdapat tulisan “warm”. Jika lampu indikator pada tulisan “warm” menyala, artinya nasi telah matang dan suhunya dijaga agar tetap hangat.

Magic com dijual dalam berbagai ukuran, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Mulai dari ukuran 0,6 – 1 liter yang cocok untuk anak kost, ukuran 1,2 – 2 liter untuk rumah tangga, hingga ukuran 6 liter untuk usaha rumah makan.

Baca juga: 3 Jenis Rice Cooker dengan Aneka Fungsi Sesuai Kebutuhan dan Budget

2. Smart cooker

Secara sederhana, smart cooker merupakan rice cooker dengan sistem digital yang canggih. Kecanggihan ini pun membuat smart cooker menjadi sangat multifungsi; tidak hanya 3 in 1 seperti magic com.

Smart cooker memiliki beberapa fitur yang menunjang fungsinya. Mulai dari slow cook, fast cook, preset atau timer, hingga preheat. Fitur-fitur ini sangat memudahkan anda dalam memasak nasi, bahkan hingga memasak bubur, sup, dim sum, dan gudeg.

Keunggulan lain smart cooker terletak pada pancinya yang terbuat dan berlapiskan bahan selain teflon. Mulai dari keramik hingga tembaga emas yang lebih anti lengket dan memiliki daya hantar panas lebih baik. Dengan begitu, memasak nasi menggunakan smart cooker dijamin akan lebih pulen dan enak.

Sayangnya, harga dari smart cooker ini jauh lebih mahal dari magic com biasa. Bisa mencapai 2 kali lipatnya, bahkan dengan kapasitas yang lebih kecil. Namun, harga tersebut memang terasa pantas, mengingat fungsinya yang sangat memudahkan dalam memasak.

Baca juga: 5 Fungsi Lain Rice Cooker Selain untuk Memasak Nasi

5 rekomendasi rice cooker terbaik 2018

5. Miyako MCM-606 B

Image: Lazada

Rice cooker jenis magic com satu ini sangat cocok sekali untuk anda yang tinggal sendiri atau anak kost. Ukurannya kecil, hanya 0,6 liter saja. Namun, kapasitas ini sudah mampu mencukupi kebutuhan nasi selama seharian. Tidak perlu takut nasi akan kering atau basi, karena magic com ini bisa menghangatkan nasi selama 12 jam lebih.

Dalam 1 paket, anda sudah mendapatkan magic com, sendok nasi, gelas takar, dan wadah untuk mengukus. Cukup lengkap, kan?

Harga: Rp 200.000

Cocok untuk: memasak nasi, mengukus dim sum, memasak mie instan

Beli di Lazada: Miyako MCM-606 B

4. Cosmos CRJ-3302

Image: Lazada

Kalau anda sedang mencari magic com untuk di rumah, Cosmos CRJ-3302 merupakan pilihan yang tepat. Kapasitasnya cukup besar, yakni 1,8 liter. Sangat mencukupi untuk memasak kebutuhan nasi keluarga anda.

Panci dari magic com ini dilapisi dengan lapisan anti lengket yang bebas PFOA. Sehingga, tidak berbahaya, aman, dan awet untuk digunakan. Untuk harga, Cosmos CRJ-3302 cukup terjangkau dan anda akan mendapatkan kelengkapan berupa sendok nasi, wadah kukusan, dan gelas takar.

Harga: Rp 249.000

Cocok untuk: memasak nasi, mengukus dim sum, memasak nasi uduk

Beli di Lazada: Cosmos CRJ-3302

3. Yong Ma Digital Magic Com YMC-211

Image: Lazada

Anda ingin mencoba smart cooker? Yong Ma Digital Magic Com YMC-211 dapat dijadikan pilihan. Bukan hanya karena harganya yang cukup terjangkau, smart cooker satu ini memiliki kapasitas yang besar, yaitu sebesar 2 liter. Pancinya pun sudah dilapisi keramik yang anti lengket. Lumayan sekali, ya?

Yong Ma Digital Magic Com YMC-211 punya fitur-fitur dasar dari smart cooker. Mulai dari slow cook, fast cook, hingga timer. Jadi, anda bisa membuat bubur, sup, gudeg, dan memasak beras merah hanya dengan 1 kali pencet tombol saja.

Keunggulan lainnya adalah sistem pemanasan smart cooker ini terdari dari 3 cara: atas, bawah, dan tengah. Sehingga, makanan dijamin matang merata.

Harga: Rp 535.000

Cocok untuk: Memasak nasi, membuat bubur bayi, memasak beras merah

Beli di Lazada: Yong Ma Digital Magic Com YMC-211

2. Philips Fuzzy Logic HD-3030/30

Image: Lazada

Philips Fuzzy Logic HD-3030/30 memiliki fitur-fitur dasar dari smart cooker. Jadi, anda bisa tetap memasak bubur, sup, hinga gudeg dengan alat ini. Tapi, salah satu yang diunggulkan adalah fitur reheat-nya. Dengan fitur ini, anda bisa memanaskan kembali nasi lama, sehingga terasa seperti nasi yang baru matang.

Tidak hanya itu, smart cooker ini juga menjanjikan hasil nasi yang sangat pulen karena menggunakan panci berlapiskan keramik berkualitas. Panas terhantarkan dengan baik dan nasi pun akan matang dengan lebih merata.

Harga: Rp 700.000

Cocok untuk: Memasak nasi, membuat bubur, memasak sup, memasak beras merah

Beli di Lazada: Philips Fuzzy Logic HD-3030/30

1. Miyako Rice Cooker MCG-171 Jumbo

Image: Lazada

Ingin membuka usaha restoran atau katering? Anda pasti akan membutuhkan magic com satu ini. Miyako Rice Cooker MCG-171 berukuran jumbo dengan kapasitas hingga 6 liter. Biasanya, dengan kapasitas sebesar ini, nasi tidak akan rata matangnya. Tapi, dengan Miyako Rice Cooker MCG-171, nasi yang anda masak dijamin akan matang dengan merata hingga ke bagian dalam.

Body dan panci dari Miyako Rice Cooker MCG-171 terbuat dari stainless steel yang berkualitas. Sehingga, tidak akan lengket, anti karat, dan sangat tahan lama.

Harga: Rp 1.100.000

Cocok untuk: Memasak nasi dalam jumlah banyak

Beli di Lazada: Miyako Rice Cooker MCG-171

Rice cooker mana yang harus dibeli, kembali lagi ke kebutuhan anda. Kalau hanya butuh untuk memasak dan menghangatkan nasi, jenis magic com adalah yang paling tepat. Tapi kalau anda ingin memanfaatkan rice cooker untuk memasak selain nasi, smart cooker yang canggih dan praktis jelas pilihan terbaik.