Penulis: Tia

Mixer merupakan alat dapur elektronik yang memudahkan anda dalam mencampur dan mengaduk adonan. Mulai dari adonan kue, adonan krim, hingga membuat es krim. Tidak hanya mencampur dan mengaduk, mixer juga sangat membantu untuk membuat adonan menjadi kaku. Karena kalau menggunakan whisk biasa, tidak hanya pegal tetapi juga butuh waktu yang cukup lama.

Mixer yang dijual di pasaran terdiri dari 2 jenis, yaitu hand mixer dan stand mixer. Keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu mengaduk adonan. Namun, fiturnya saja yang berbeda. Mixer mana yang harus anda pilih, sesuaikan lagi dengan kebutuhan dan pastinya budget. Berikut, ResepKoki akan membahas perbedaan 2 jenis mixer ini, serta 5 rekomendasi mixer terbaik untuk anda.

Ada 2 jenis mixer:

1. Hand mixer

Jenis mixer satu ini sering juga disebut sebagai mixer genggam, karena cara penggunaannya yang harus digenggam oleh tangan. Hand mixer biasanya memiliki 3 hingga 5 tingkat kecepatan. Kecepatan rendah dan sedang digunakan saat mengocok telur, sedangkan kecepatan tinggi digunakan saat mengocok mentega atau margarin.

Harga dari hand mixer cukup terjangkau. Sebab, anda hanya akan mendapat alat pengaduk saja, tanpa mangkuk sebagai wadah. Meskipun begitu, anda akan diberikan 2 pasang whisk atau alat pengaduk jenis balloon whisk untuk mengocok telur atau membuat adonan bervolume dan spiral whisk untuk mengaduk bahan-bahan yang lebih padat.

Salah satu kekurangan dari hand mixer adalah akan membuat tangan anda terasa pegal selama mengaduk adonan. Apalagi kalau anda belum terbiasa dan butuh mengaduk hingga adonan kaku. Untuk mencegahnya, pilihlah hand mixer yang terbuat dari plastik supaya tidak terasa terlalu berat.

2. Stand mixer

Hal yang jelas membedakan stand mixer dari hand mixer adalah mesin dan mangkuknya sudah saling menyatu. Sehingga, mixer tidak perlu digenggam saat digunakan, serta tidak akan membuat tangan anda pegal.

Stand mixer sendiri terdiri dari 2 jenis, yaitu planetary dan spiral. Stand mixer planetary memiliki mangkuk yang berputar secara otomatis. Cocok untuk mengaduk adonan dalam jumlah cukup banyak, seperti untuk usaha kue rumahan. Dalam 1 paket, anda biasanya diberikan 3 jenis alat pengaduk sebagai pelengkap, yakni jenis hock, flat beater, dan balloon whisk.

Berbeda dengan planetary, baik alat pengaduk maupun mangkuk pada stand mixer spiral, sama-sama berputar. Sehingga, adonan yang diaduk menggunakan stand mixer spiral ini pasti lebih mudah dan cepat tercampur rata. Selain itu, stand mixer spiral juga biasanya dilengkapi dengan fitur timer. Dengan fitur ini, sambil menunggu adonan diaduk, anda pun bisa mengerjakan hal lainnya dengan santai.

Rekomendasi 5 mixer terbaik 2018

5. Airlux Hand Mixer HM-3060A

(Image: Lazada)

Mixer dari Airlux ini merupakan salah satu mixer dengan harga paling terjangkau. Namun, fitur-fitur dasarnya cukup lengkap dan kualitasnya pun terjamin. Salah satu keunggulan dari Airlux Hand Mixer HM-3060A ini adalah memiliki 5 tingkat kecepatan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, saat membeli, anda juga akan diberikan2 pasang whisk, yaitu balloon whisk untuk mengaduk telur dan krim serta spiral whisk untuk mengaduk adonan.

Harga: Rp 112.900

Cocok untuk: Membuat kue homemade dan membuat whipped cream

Beli di Lazada: Airlux Hand Mixer HM-3060A

4. National Omega Mixer

(Image: Lazada)

Mengaduk adonan menggunakan National Omega Viva Mixer ini sangat praktis, karena tipenya sebagai standing mixer. Sama seperti mixer pada umumnya, mixer ini juga dilengkapi 5 pilihan kecepatan untuk memudahkan anda dalam mengocok dan mengaduk adonan.

Kapasitas mangkoknya cukup besar, yaitu 2 Liter. Motor dengan daya 120 watt, motornya kuat mengaduk adonan. tiap bagiannya bisa dilepas-pasang sehingga mudah dibersihkan

Harga: Rp 129.000

Cocok untuk: Membuat kue homemade dan membuat whipped cream

Beli di Lazada: National Omega Mixer 

3. Miyako Stand Mixer SM-625

(Image: Lazada)

Kalau anda butuh stand mixer yang memiliki fitur dasar cukup lengkap, Miyako Stand Mixer SM-625 bisa jadi pilihan. Dengan harga sangat terjangkau, anda sudah mendapatkan stand mixer yang bisa dilepas-pasang, 2 jenis pengaduk, mangkuk dengan tutup, dan juga spatula. Mangkuk dari stand mixer ini nantinya akan berputar secara otomatis saat digunakan, sehingga adonan pun tercampur dengan lebih baik.

Harga: Rp 258.000

Cocok untuk: Membuat kue, membuat whipped cream, dan membuat aneka krim untuk topping

Beli di Lazada: Miyako Stand Mixer SM-625

2. Philips Stand Mixer HR-1559

(Image: Lazada)

Melihat merk-nya, kualitas stand mixer satu ini tidak perlu diragukan lagi. Philips Stand Mixer HR-1559 hadir dengan fitur yang cukup lengkap: memiliki 5 tingkat kecepatan, mangkuk yang berputar sendiri, dan tersedia whisk untuk mengaduk. Yang membuat mixer ini spesial adalah bentuk whisk-nya yang sedikit mengerucut, sehingga adonan lebih cepat tercampur dan hasilnya pun lebih lembut. Selain itu, tersedia juga fitur kecepatan turbo untuk mengaduk bahan padat lebih baik.

Harga: Rp 485.000

Cocok untuk: Membuat kue cukup banyak, membuat whipped cream, membuat aneka krim untuk topping

Beli di Lazada: Philips Stand Mixer HR-1559

1. Oxone OX-855 Master Standing Mixer

(Image: Lazada)

Mixer dari Oxone ini cocok sekali untuk anda yang pembuat kue profesional. Fungsinya sangat lengkap, mulai dari menghancurkan bahan-bahan, mengocok, mengaduk, bahkan hingga menguleni. Dilengkapi dengan 3 tipe balloon whisk yang dapat disesuaikan menurut fungsinya

Daya listrik untuk Oxone OX-855 memang cukup besar, yakni 300 watt. Namun, itu sebanding dengan kinerja dan hasilnya. Dilengkapi thermostat, motor mesin tidak akan panas dan dijamin awet. Dengan mixer ini, anda bisa membuat usaha kue dirumah dengan menyenangkan.

Harga: Rp 1.150.000

Cocok untuk: Membuat kue dalam jumlah banyak, membuat aneka krim, semi industri rumahan

Beli di Lazada: Oxone Ox-855 Standing MIxer

Itulah pembahasan dan 5 rekomendasi mixer terbaik untuk anda. Sekali lagi, belilah mixer yang sesuai dengan kebutuhan anda, ya. Untuk membuat kue homemade, hand mixer dan planetary stand mixer sudah sangat cukup dan harganya pun terjangkau. Namun, kalau anda ingin menjalankan usaha kue, spiral stand mixer adalah pilihan yang tepat.

5 Rekomendasi Mixer Terbaik dan Jenis-Jenis Mixer yang Ada di Pasaran
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)