Penulis: Tia

Blender adalah salah satu alat elektronik yang paling diidam-idamkan untuk dimiliki. Sebab, dengan blender, anda bisa membuat jus, menghaluskan makanan, menghaluskan bumbu, hingga membuat sambal. Sangat memudahkan proses memasak, bukan?

Walaupun memudahkan memasak, memilih blender yang paling cocok dan terbaik ternyata cukup membingungkan. Soalnya, ada banyak sekali jenis, tipe, dan merk blender yang ada di pasaran. Nah, supaya tidak bingung memilih, di bawah ini, Resepkoki membahas 4 hal penting yang perlu diperhatikan saat akan membeli blender dan lengkap dengan 5 rekomendasi blender terbaik untuk anda.

Saat akan membeli blender, perhatikan 4 hal berikut:

1. Dari bahan plastik atau kaca?

Gelas dari blender yang dijual di pasaran, ada yang terbuat dari bahan plastik dan juga bahan kaca. Dari segi fungsi, tidak ada perbedaan antara keduanya. Namun, dari segi harga, perbedaan keduanya cukup signifikan.

Gelas blender yang terbuat dari kaca memiliki harga sekitar Rp50.000 – Rp100.000 lebih mahal dari gelas blender plastik. Perbedaan harga ini bisa jadi salah satu bahan pertimbangan anda saat akan membeli blender. Lihat kembali berapa budget yang anda miliki dan belilah blender yang sesuai.

2. Pilih kapasitas liter gelas dan tingkat kecepatan blender sesuai kebutuhan

Walaupun bentuknya sekilas terlihat sama, tapi gelas blender ternyata memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Mulai dari 1 liter, 1.5 liter, hingga lebih dari 2 liter. Kapasitas gelas blender ini bisa anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Jika hanya digunakan untuk anda dan keluarga, blender dengan kapasitas 1-1,5 liter sudah sangat cukup. Namun, jika untuk usaha atau berjualan, blender dengan kapasitas minimal 2 liter akan lebih sesuai.

Selain kapasitas gelas, tingkat kecepatan juga perlu diperhatikan. Pilihlah blender dengan minimal 2 tingkat kecepatan agar lebih multifungsi, yaitu bisa untuk membuat jus, menghaluskan bumbu, hingga menggiling kacang atau biji kopi.

3. Semakin tinggi daya listrik yang dibutuhkan, semakin halus hasil potongannya

Blender pada umumnya membutuhkan daya listrik sekitar 180-900 watt, tergantung fungsi dan spesifikasinya. Semakin canggih dan banyaknya tingkat kecepatan, biasanya semakin tinggi pula daya yang dibutuhkan.

Daya listrik ini berperan penting pada tekstur yang dihasilkan. Daya listrik yang tinggi cenderung menghasilkan tekstur yang lebih lembut dan halus, karena kemampuan memotongnya lebih besar. Namun, jika anda menginginkan hasil yang lebih bertekstur, blender dengan daya listrik sekitar 200 watt akan jauh lebih cocok untuk dimiliki.

4. Butuh fitur yang sederhana atau yang lengkap?

Saat membeli blender, anda akan diberikan beberapa kelengkapan. Mulai dari dry mill, wet mill, dan chopper. Dry mill biasa digunakan untuk menggiling bahan kering, seperti kacang, bumbu, dan biji kopi; wet mill digunakan untuk menghaluskan bahan basah; dan chopper untuk menghaluskan daging.

Dari ketiga kelengkapan ini, dry mill biasanya hampir selalu diberikan. Sedangkan untuk wet mill dan chopper bisa didapatkan tergantung dengan harga beli yang anda bayarkan. Semakin mahal, semakin lengkap pula yang anda dapatkan.

Sebenarnya, anda tidak perlu memiliki semua kelengkapan blender ini. Jika digunakan hanya untuk membuat jus atau menghaluskan bumbu, paket dasar yang terdiri dari blender dan dry mill saja sudah cukup. Namun, kalau anda perlu untuk membuat makanan bayi atau menghaluskan daging, paket lengkap dengan wet mill dan chopper bisa jadi pilihan yang tepat.

Rekomendasi 5 Blender Terbaik 2018

5. Cosmos Blender CB 180/F

(Image: Lazada)

Blender dari Cosmos ini memiliki fitur dasar yang cukup lengkap, tapi harganya sangat terjangkau. Dalam 1 paket, anda sudah mendapatkan gelas blender berkapasitas 1,25 liter yang terbuat dari plastik food grade, mesin blender dengan 2 tingkat kecepatan, dan 1 dry mill untuk mengolah bumbu serta kacang-kacangan. Daya listrik yang dibutuhkan hanya 300 watt saja. Sangat cocok untuk anda yang membutuhkan blender sederhana namun fungsional.

Harga: Rp 239.000

Cocok untuk: membuat jus, menggiling bumbu, membuat sambal, dan menggiling biji kopi

Beli di Lazada: Cosmos Blender CB 180/F

4. Turbo Blender EHM 8099

(Image: Lazada)

Untuk anda yang membutuhkan blender berkapasitas besar, Turbo Blender EHM 8099 bisa jadi pilihan yang tepat. Gelas blender ini terbuat dari kaca food grade dan berkapasitas 2 liter, sehingga anda bisa langsung membuat jus atau smoothies dalam jumlah banyak.

Turbo Blender EHM 8099 memiliki 5 tingkat kecepatan yang dapat diatur dengan menekan tombol tersedia. Tingkat kecepatan paling tinggi pada blender ini mampu menghancurkan es batu dengan optimal. Dari segi harga, blender ini cukup terjangkau dan termasuk salah satu best deal yang bisa anda miliki.

Harga: Rp 239.000

Cocok untuk: membuat jus, menggiling bumbu, membuat sambal, dan menggiling biji kopi

Beli di Lazada: Turbo Blender EHM 8099

3. Miyako Blender BL152GF

(Image: Lazada)

Blender 3in1 dengan kelengkapan dry mill dan wet mill tidak selalu mahal harganya. Buktinya Miyako Blender BL151GF ini harganya sangat terjangkau. Tidak hanya 3in1, gelas blender juga sudah terbuat dari bahan kaca yang berkualitas.

Blender dari Miyako ini memiliki kapasitas 1,5 liter dan 2 tingkat kecepatan. Daya listrik yang dibutuhkan pun hanya 300 watt. Sangat cukup dan tepat untuk digunakan sehari-hari dalam skala rumah tangga.

Harga: Rp 289.000

Cocok untuk: membuat jus, menggiling bumbu, membuat sambal, membuat makanan bayi

Beli di Lazada: Miyako Blender BL152GF

2. Philips HR2106 Glass Blender

(Image: Lazada)

Blender ini memiliki mata pisau terbaru dari Philips, yaitu ProBlend 4, yang dapat memotong, menghancurkan, dan menghaluskan makanan dengan lebih efektif. Selain itu, gelas blendernya yang berkapasitas 1,5 liter juga terbuat dari bahan kaca berkualitas, sehingga anti-gores dan anti-bau.

Keunggulan lain dari blender ini adalah fitur safety lock-nya. Kalau blender belum terkunci dengan baik pada mesin, blender tidak akan bisa digunakan. Sangat aman, bukan?

Harga: Rp 440.000

Cocok untuk: Membuat jus, membuat smoothies, menggiling bumbu, membuat sambal

Beli di Lazada: Philips HR2106 Glass Blender

1. Cosmos Blenz CB-802

(Image: Lazada)

Kalau anda membutuhkan blender yang lengkap, Cosmos Blenz CB-802 adalah pilihan terbaik. Blender ini memiliki fungsi 4 in 1, mulai dari blender, dry mill, wet mill, dan juga chopper. Yang paling penting lagi, harganya cukup terjangkau dengan fungsi selengkap ini.

Kapasitas blender ini memang tidak terlalu besar, yakni hanya 1,2 liter. Namun, kapasitas ini sudah terbilang lumayan untuk penggunaan sehari-hari di rumah.

Harga: Rp 429.000

Cocok untuk: membuat jus, menggiling bumbu, membuat makanan bayi, menghaluskan daging

Beli di Lazada: Cosmos Blenz CB-802

Pemilihan blender yang terbaik harus disesuaikan kembali dengan kebutuhan anda. Jika untuk memasak sehari-hari, blender yang sederhana dengan fitur-fitur dasar sudah sangat mencukupi. Namun, kalau untuk usaha, blender dengan kapasitas besar dan lengkap akan lebih menguntungkan. Semoga membantu, ya!