Penulis: Tia | Editor: Ria

Banyak sekali kudapan tradisional Indonesia yang dibuat dari singkong. Salah satunya adalah getuk. Rasanya manis dan teksturnya sangat empuk. Apalagi dihidangkan dengan taburan kelapa parut kukus yang membuatnya jadi gurih.

Sebagai kudapan tradisional, banyak yang mengira pembuatan getuk itu rumit dan butuh keahlian khusus. Padahal, getuk merupakan salah satu kudapan yang paling mudah dibuat sendiri. Bahkan anda yang masih pemula, pasti bisa membuatnya tanpa gagal.

1. Singkong dikukus sampai empuk

Untuk membuat getuk, sebaiknya gunakanlah singkong kukus daripada singkong rebus. Singkong kukus memiliki tekstur yang lembap, sehingga lebih lengket dan mudah untuk dibuat adonan getuk. Berbeda dengan singkong rebus yang cenderung lebih basah dan agak sulit untuk dibuat adonan getuk yang padat.

Masukkan singkong yang telah dipotong-potong dan dikupas kulitnya ke dalam panci kukusan. Kemudian, kukus singkong sekitar 20-25 menit sambil sesekali cek keempukannya dengan ditusuk garpu atau tusuk sate.

Baca juga: 4 Tips Mengolah Singkong yang Benar, Aman & Enak

2. Buang serat singkong dan haluskan hingga lembut

Selagi masih panas, singkong harus segera diolah menjadi getuk. Pertama, buang serat yang ada di bagian tengah singkong. Kemudian, masukkan singkong ke dalam mangkuk besar dan haluskan hingga lembut.

Anda bisa menggunakan alu atau ulekan batu untuk menghaluskan singkong. Sementara itu, untuk mangkuknya, sebaiknya gunakan mangkuk berbahan aluminium atau plastik tebal supaya tidak pecah saat menumbuk singkong.

Baca juga: Apa Bedanya? Ubi vs Singkong vs Talas

3. Kukus kelapa parut, kemudian bagi ke dalam 2 wadah

Kelapa parut merupakan salah satu bahan penting untuk membuat getuk. Kelapa parut memberikan rasa gurih dan aroma khas yang membuat getuk semakin lezat.

Sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lain, kelapa parut ini dikukus dulu supaya teksturnya menjadi lembut. Cukup dikukus selama 5 menit saja. Kemudian, bagi kelapa parut ke dalam 2 wadah: 1 wadah untuk campuran dan 1 wadah untuk taburan.

Supaya lebih efisien dan menghemat waktu, anda juga bisa mengukus kelapa parut bersamaan dengan singkong. Bagi kelapa parut jadi 2 wadah tahan panas, lalu masukkan ke dalam panci kukusan bersama singkong. Setelah 5 menit, kelapa parut bisa anda keluarkan.

Baca juga: 5 Tips Membersihkan Alat Parutan Agar Bersih dan Bebas Karat

4. Campur serta aduk singkong dengan kelapa parut, gula, dan garam hingga kalis

Setelah singkong lembut dan kelapa parut dikukus, campur keduanya ke dalam mangkuk besar dan beri tambahan gula serta garam untuk perasa. Aduk seluruh bahan tersebut hingga rata dan menjadi adonan yang kalis. Untuk mengaduknya, anda cukup menggunakan tangan saja supaya bisa mendapatkan tekstur yang pas.

Baca juga: Aneka Kue Tradisional dari Singkong

5. Beri pewarna sesuai selera

Beberapa getuk diberi tambahan pewarna makanan supaya terlihat menarik saat disajikan. Kalau anda ingin getuk yang berwarna-warni, bagi adonan kalis menjadi 2-3 bagian. Tambahkan pewarna makanan yang berbeda-beda untuk setiap bagiannya, lalu uleni kembali hingga pewarna tercampur merata.

Baca juga: 6 Jenis Pewarna Makanan Alami yang Baik

6. Cetak getuk sesuai bentuk yang diinginkan dan beri taburan kelapa parut

Adonan getuk yang sudah jadi, dicetak ke dalam wadah berbentuk sesuai yang anda inginkan. Bisa berbentuk bintang, bunga, atau bahkan kotak biasa. Saat dicetak, tekan-tekan adonan hingga padat dan tidak ada bagian cetakan yang kosong. Setelah rata dan padat, keluarkan getuk dari cetakan dan hidangkan di piring dengan taburan kelapa parut.

Kalau tidak memiliki cetakan aneka bentuk, anda bisa memanfaatkan kotak bekal makan. Padatkan adonan pada kotak bekal, keluarkan getuk, dan potong-potong berbentuk kotak. Jangan lupa berikan taburan kelapa parut saat dihidangkan.

Variasi getuk

Getuk memiliki banyak variasi, mulai dari bentuk, rasa, bahan dasar, hingga cara membuatnya. Berikut ini adalah 3 variasi getuk yang cukup populer dan digemari.

1. Getuk lindri

Getuk lindri ini merupakan salah satu getuk yang mudah dikenali karena bentuknya unik. Getuk lindri dicetak dengan cara digiling. Jadi, bentuknya mirip dengan gumpalan mie. Selain itu, getuk lindri juga biasanya disajikan dalam warna-warna menarik seperti hijau muda dan merah muda.

Coba: Resep Getuk Lindri

2. Getuk goreng

Getuk goreng adalah jajanan khas daerah Sokaraja, Purwokerto, dan sekitarnya. Dari namanya saja, sudah kelihatan kan uniknya getuk ini? Ya, setelah kalis, adonan getuk dibentuk bulat-bulat, dibalur tepung beras, dan digoreng hingga kecoklatan. Getuk goreng ini juga tidak menggunakan gula pasir, melainkan gula merah yang disisir. Jadi, saat disantap, akan terasa gula merah yang lumer di mulut anda.

Coba: Resep Getuk Goreng

3. Getuk trio

Getuk trio akan banyak anda temukan di daerah Magelang dan sekitarnya. Nama ‘trio’ sendiri didapat dari penampilan getuk ini, yang terdiri dari 3 warna. Yaitu coklat, pink, dan putih. Cara membuat getuk trio ini tidak jauh berbeda dari getuk pada umumnya. Hanya saja, 3 adonan getuk berbeda warna ini saling ditumpuk ke atas, mulai dari coklat, merah muda, dan warna putih di paling bawah. Setelah tercetak, getuk trio dipotong kotak-kotak.

Selain berbahan dasar singkong, getuk juga  bisa dibuat dengan bahan dasar atau campuran pisang, ubi atau talas. Cara membuatnya pun sama. Namun masing-masing bahan dasar akan memberikan citarasa tersendiri bagi getuk yang dihasilkan.